Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Wednesday 9 August 2017

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH

Kali ini saya akan sharing mengenai opini saya dalam memilih jurusan kuliah. Bagi anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA atau SMK, tentunya sedang gencar untuk mencari kampus tempat kuliah. Bagaimana dengan jurusan yang anda pilih, apakah sudah menentukannya ? Dari pengalaman saya, banyak ditemui lulusan SMA yang bingung untuk menentukan jurusan kuliah apa yang akan diambil tetapi ada juga yang sudah matang menentukkan jurusan kuliah yang dipilih. Berikut ini merupakan tips yang saya sarankan dalam memilih jurusan kuliah berdasarkan pengalaman saya.

1. Pilih Jurusan yang Sesuai dengan Passion Anda

Tentunya semua orang memiliki passion atau hal yang disenanginya, tetapi ada juga yang belum menemukan passionnya sampai saat menentukkan jurusan kuliah seperti saya yang baru menyadari passion saya ketika sudah lulus kuliah. Saya sendiri menyadari passion saya yang tertarik akan tata ruang, dulu saya ingin mengambil arsitek tetapi saya ragu karena tidak bisa menggambar karakter. Akhirnya saya menyesal setelah lulus kuliah karena tidak mencobanya, sekarang saya sangat menyukai dunia desain interior. Lalu bagaimana dengan nasib saya, apakah jurusan IT yang saya ambil bagus ? anda bisa baca pada link di atas.
Bagi anda yang sudah mengetahui passion anda ada bagusnya memilih jurusan kuliah berdasarkan passion anda karena saat menjalani kuliah nanti anda akan merasa sangat senang menjalaninya sehingga tidak ada bebas kuliah dan susah memahami materi. Menurut pengalaman saya anda akan mudah menguasai sesuatu jika anda punya rasa tertarik akan hal tersebut.

2. Cek Peluang dengan Melihat-lihat Lowongan Pekerjaan

Anda baru tamat SMA ? tidak ada salahnya untuk melihat-lihat lowongan pekerjaan. Hal ini saya sarankan dengan tujuan agar anda mengetahui jurusan apa saja yang memiliki peluang besar dalam dunia kerja karena tidak semua jurusan kuliah memiliki peluang yang banyak nantinya pada dunia kerja. Menurut analisa saya, beberapa jurusan yang banyak memiliki peluang di dunia kerja nantinya seperti Ekonomi/Akunting, Administrasi, Arsitek/Teknik Sipil, Elektro, Mesin, Pajak/Hukum, dll.
Jangan takut mengambil jurusan yang banyak peminatnya seperti Ekonomi. Banyak yang mengatakan lulusan Ekonomi sangat banyak, tetapi apakah anda sadari lulusan Ekonomi Akunting sangat banyak dibutuhkan dalam perusahaan, dimana terdapat perusahaan yang tidak membutuhkan seorang akunting ? Hotel, Villa, Industri, Bank, dll semua membutuhkannya. Walaupun banyak peminat tetapi jika anda memiliki skill yang bagus, anda memiliki peluang yang besar.

3. Pilih Jurusan yang Masuk ke dalam Kategori Any Major

Pasti anda sudah tau arti dari Any Major itu sendiri, ya Semua Jurusan. Hal ini berhubungan dengan point nomor 2 dimana anda harus mencoba melihat-lihat lowongan pekerjaan. Pada lowongan pekerjaan biasanya disebutkan mengenai hanya beberapa jurusan tertentu yang dapat memenuhi persyaratan pekerjaan tersebut. Contohnya seperti lowongan frontliner Bank terkadang ada beberapa jurusan yang tidak diijinkan untuk melamar posisi tersebut.
Maksud dari poin 3 ini yaitu pilih lah jurusan yang bisa masuk kriteria banyak posisi lowongan pekerjaan. Seperti halnya jurusan Ekonomi yang biasanya masuk dalam kriteria lowongan Bank atau CPNS, dll. Kuncinya anda harus lebih banyak melihat informasi lowongan kerja sebagai referensi.

4. Cari Informasi Mengenai Kerjasama Universitas yang Anda Tuju

Nah poin terakhir ini diperuntukan bagi anda yang ingin mencari perusahaan atau instansi besar. Terdapat beberapa universitas yang sudah melakukan kerja sama dengan instansi atau perusahaan dalam artian jika nanti anda sudah lulus akan memiliki peluang yang besar langsung masuk ke perusahaan tersebut. Contohnya IPDN, tentunya banyak yang sudah tau institut ini dimana semua lulusannya sudah dipastikan akan memiliki peluang besar menjadi PNS. Selain itu ada yang lain seperti STAN, Institusi Kementrian Perhubungan, PNB Bali jurusan elektro khusus PLN yang sudah bekerja sama dengan PLN jika lulusannya nanti sudah lulus akan langsung dikontrak PLN. Tentunya untuk masuk jurusan tersebut banyak tes yang akan dilalui. Masih banyak lagi universitas yang melakukan kerjasama dengan perusahaan atau instansi.

Sekian mengenai tips dalam memilih jurusan kuliah yang dapat saya sharing berdasarkan pengalaman saya, semoga dapat membantu jangan lupa share tombol di bawah ini...



2 comments:

  1. Terimakasih tipsnya kak, sangat membantu. ini tips tambahan dari saya buat kakak2 sekalian :
    https://mahasiswa-kekinian.blogspot.co.id/2017/09/tips-memilih-jurusan-kuliah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan tips lainnya...

      Delete