Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Sunday 13 August 2017

LANTAI KAYU, APA PERBEDAAN PARKET DAN VINYL ?

Kali ini saya akan sharing mengenai apa yang saya ketahui tentang penutup lantai bermotif kayu dan perbedaan antara parket dan vinyl yang merupakan diantaranya. Bagi anda yang memiliki minat atau ketertarikan akan design interior atau desain rumah tentunya sudah tidak awam lagi dengan nama parket dan vinyl. Kedua bahan ini paling dominan dan banyak digunakan serta memiliki penampakan yang hampir sama sehingga sangat sulit untuk dibedakan. Oleh karena itu saya akan mencoba untuk menjelaskannya dari apa yang saya ketahui sebagai referensi bagi anda yang berencana untuk mengaplikasikan material penutup lantai ini di rumah anda.

Vinyl adalah material atau lapisan penutup lantai yang terbuat dari bahan sintetis yang disebut PVC (Polyvinyl Chloride). Material vinyl memiliki banyak corak yang tersedia seperti batu atau kayu tetapi motif kayu lah yang paling diminati oleh orang-orang. Walau terlihat seperti kayu tetapi permukaan material lantai vinyl sangat halus dan lembut tidak seperti kayu pada aslinya karena terbuat dari bahan sintetis sehingga sangat nyaman saat dipijak. Bagian bawah vinyl dilapisi oleh bahan kain dan busa sebagai media dalam pemasangannya. Material vinyl kira-kira memiliki ketebalan sekitar 3 mm. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari material penutup lantai kayu vinyl :

   
credit : isibangunan.com & http://sentradistributor.com)

Kelebihan :
1. Sangat mudah dalam pemasangan karena vinyl hanya perlu direkatkan bisa melapisi dasar lantai dengan lem atau sudah terdapat perekat langsung pada bagian bawah vinyl.
2. Tidak perlu melakukan perawatan ekstra karena vinyl dapat anda rawat seperti keramik biasa di sapu dan di pel saja.
3. Umur vinyl yang relatif lama berdasarkan klaim dari produsennya yang mengatakan umur vinyl bisa sekitar 10 – 15 tahun.
4. Tahan terhadap kelembaban suhu ruangan dan tahan air.
5. Dari segi harga tentunya vinyl sangat murah dibandingkan dengan material aslinya.

Kekurangan :
1. Terbuat dari bahan sintetis PVC yang dikatakan kurang bagus untuk kesehatan.
2. Dalam tahap pemasangan harus dipastikan dasar lantai dalam keadaan bersih agar daya perekat vinyl dapat bekerja maksimal.
3. Rawan dengan benda tajam atau seperti ujung kaki furniture yang jika digeser dapat menyebabkan kerobekan.
4. Jika rusak tidak dapat diperbaiki melainkan harus mengganti dengan yang baru.

Parket atau Parquet adalah material atau lapisan penutup lantai yang terbuat dari bahan kayu asli. Parket memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan pembuatannya seperti saat ini ada jenis material parket yang terbuat dari serbuk kayu yang dipres tetapi sebagian besar jenis parket terbuat dari kayu asli seperti kayu solid. Parket menjadi banyak pilihan orang dikarenakan parket yang terbuat dari bahan kayu asli yang dapat menghadirkan nuansa alami, mewah dan elegan bagi penggunanya. Material parket kira-kira memiliki ketebalan sekitar 1,2 cm – 1,5 cm. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari material penutup lantai kayu parket :

   
credit : http://www.lantaikayubali.com )

Kelebihan :
1. Pemasangan yang mudah seperti layaknya puzzle disambung antara satu dengan lainnya dengan mengetok menggunakan palu.
2. Bahan yang aman karena terbuat dari kayu asli bahkan mampu memberikan kesan suhu ruangan yang hangat.
3. Kuat terhadap beban dan sangat nyaman jika dipijak.
4. Tampilan suasana alami, bersih dan elegan.

Kekurangan :
1. Harga yang cukup mahal karena terbuat dari kayu asli.
2. Memerlukan perawatan cukup ekstra karena kayu rawan lembab dan keropos jadi saat dibersihkan kadar air harus sedikit mungkin.
3. Karena terbuat dari kayu tentunya rawan dari serangan rayap.
4. Masih karena kayu bisa memuai atau menciut jika suhu yang tidak sesuai.
5. Hati-hati dengan pergeseran benda seperti furniture karena mudah tergores.

Tentunya kedua material di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu menurut saya kembali pada anda dalam memilih material yang lebih bagus untuk digunakan. Dari segi saya sendiri karena low budget mungkin lebih memilih menggunakan vinyl karena dari segi harga yang relatif murah dibandingkan dengan parket. Untuk range harga vinyl sekitar Rp 120 ribu sampai Rp 220 ribu dengan biaya pemasangan vinyl sekitar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk range harga parket sekitar Rp 280 ribu sampai Rp 590 ribu dengan biaya pemasangan parket sekitar Rp 50 ribu sampai 150 ribu. Semua range harga di atas dalam satuan per meter persegi (m2).

Sekian yang dapat saya share mengenai perbedaan material vinyl dan parket, semoga dapat membantu jangan lupa share tombol di bawah ini...



No comments:

Post a Comment