Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 24 May 2017

PENGALAMAN MENGIKUTI SELEKSI CLO (CREDIT LOAN OFFICER) BANK MEGA SYARIAH

Kali ini saya ingin share pengalaman saya ketika mengikuti seleksi CLO (Credit Loan Officer) di Menara Bank Mega Syariah di salah satu jalan gede di Jakarta. Ceritanya saya apply lowongan ini dari job fair salah satu universitas di Jakarta. Karena yang dateng ke job fair itu adalah cewek saya dan saya tinggal diluar pulau Jakarta haha. Singkat cerita saya pun dapet panggilan telepon dari team rekrutment Bank Mega Syariah dan katanya saya diminta untuk datang interview ke Jakarta di menara Bank Mega Syariah. Satu hari sebelum jadwal interview saya pun berangkat ke Jakarta dan menginap di salah satu hotel daerah Sudirman. 

Hari jadwal interview pun tiba, saya berangkat menuju menara Bank Mega Syariah bersama pacar saya. Setelah sampai disana saya diminta untuk mengisi formulir data pelamar pekerja selanjutnya menunggu panggilan. Saat itu yang datang lumayan sekitar 15 orang yang bersama saya di lantai 6 dan ada lagi yang dibagi dilantai 17. Panggilan masuk pun datang dan kita dikumpulkan dalam satu ruangan oleh tim rekrutmen. 

Paragraf baru ya hehe disini saya terkejut karena saat akan dimulai yang saya pikirkan akan dilakukan interview satu-satu. Tetapi saat itu 2 orang tim rekrutment mempersiapkan ruangan dan akan melakukan presentasi. Saat itu saya berpikir kenapa malah ada presentasi dan jengjreng materi pada slide tersebut bertuliskan CLO (Credit Loan Officer). Saya terkejut, lo perasaan kemarin saat job fair pacar saya apply untuk posisi Customer Service kenapa saya jadi dipanggil dan masuk CLO. Saat itu juga saya melirik form pelamar peserta lain karena pada bagian atas berisi posisi yang dilamar dan alhasil semua bertulisan CLO sedangkan hanya ane yang bertulisankan Customer Service hahahahahahaha...

Ini merupakan pelajaran yang berharga buat saya sekaligus menjadi pengalaman saat anda ditelpon untuk panggilan interview jangan sungkan untuk bertanya sedetail mungkin posisi yang dipanggil untuk interview tersebut. Karena merasa berbeda dengan ekspetasi saya jadi saya sangat tidak bersemangat mengikuti seleksi ini. Bisa dibayangkan saya jauh-jauh ke Jakarta untuk datang interview seleksi customer service tapi malah menjadi CLO sedih sekali rasanya hahaha. Saya pun akhirnya mengikuti presentasi tersebut sampai selesai. 

CLO (Credit Loan Officer) yaitu posisi sebagai tim marketing atau sales untuk penjualan kartu kredit Bank Mega Syariah. Saat ini memang banyak sekali variasi dari nama posisi Sales Marketing yang dirubah-rubah jadi agan-agan harus cermat ya hahaha. Mumpung saya mengikuti presentasi tersebut informasi dari tim rekrutmennya CLO Bank Mega Syariah ini akan diposisikan menjadi staff tidak berstatus kontrak seperti bank lainnya begitu katanya sih wkwk. Untuk kisaran gaji sendiri untuk CLO (Credit Loan Officer) Bank Mega Syariah itu untuk masa OJT diinformasikan oleh tim rekrutmentnya sekitar 3,5jt untuk gaji pokok plus insentif penjualan. Untuk menjadi staff lama waktunya sekitar 1 tahun kemudian gaji pokok agan akan naik menjadi 4jt plus insentif. Nah untuk insentifnya sendiri terdapat dua jenis yaitu untuk penjualan atau approve kartu kredit tipe biasa akan mendapat bonus 200rb per satu kartu untuk tipe platinum mendapat bonus 400rb per kartu. Jadi agan-agan bisa hitung sendiri berapa yang bisa didapatkan dari penjualan. Untuk target sendiri yang dikatakan oleh tim rekrutmentnya yaitu dalam 1 bulan itu harus dapat menjual 75% atau sekitar 13 kartu untuk standarnya menjual 15 kartu.

Setelah selesai presentasi saya pun memutuskan untuk pulang karena tidak ada hati untuk menjadi sales haha jadi saya mohon maaf karena hanya bisa share sampai disini. Untuk tahap selanjutnya hari itu yaitu interview oleh bagian HRD.

Sekian yang dapat share, terima kasih...



42 comments:

  1. Saya juga mengikuti proses recruitment itu gan, tapi memang saat dipanggil via sms sudah tertulis untuk posisinya sebagai clo dan kalau agan dalam 1 ruangan dan di form lamaran semuanya untuk posisi clo dan hanya agan yang berbeda berarti agan mungkin yang keliru..
    Oh iya 1 lagi gan ini bukan bank mega syariah tapi bank mega konvensional, jadi hati2 gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita satu kelas ya gan ? hahaha ane dipanggilnya via telpon gan jadi gak ada dikasi tau posisi apa,
      Bedanya apa ya gan ane mudeng haha XD

      Delete
  2. Saya mau ngelamar CLO tapi masih ragu, takut tidak memenuhi target. Tapi untuk pendapatannya saya tertarik. Saran dong mas hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut rekruter kemarin ada yang menanyakan bagaimana kalau tidak memenuhi target jawabannya sampai saat ini belum ada yang tidak memenuhi target katanya jadi kita disuruh coba aja dulu mba hehe tenang saja mba untuk sanksi pasti tidak ada denda mungkin hanya tidak akan lulus ojt nya.

      Delete
  3. Trus gimana kelanjutannya mas? jadi kerja di Bank Mega Syariah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jadi mas soalnya saya gak lanjutin karena gak ada passion di marketing..

      Delete
  4. Mas mau tanya dong, soalnya saya juga dapet panggilan Clo ini senin besok,itu yang interview udah pasti diterima semua? Atau masih ada lagi tahapannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu mba ada juga yang gugur setelah interview hrd, abis lolos hrd dikatakan ada semacam in class training gtu abis itu ada ojt jg, sama seperti seleksi posisi lain di perbankan seperti posisi odp..

      Delete
  5. Clo itu kerja nya gimana mas,, d kantor atau keliling...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mba kalau soal itu saya kurang tahu, tetapi CLO itu sama seperti marketing kredit jadi kerjaannya cari nasabah buat nawarin kartu kredit, kalau dulu pengalaman saya di BPR bagian marketing kredit kebanyakan memang keluar untuk cari nasabah dan kadang di kantor untuk buat laporan dan menghadap atasan...

      Delete
  6. Makasih informasi, saya urungkan klo gtu, saya pikir itu adalah analayst credit card atau analyst personal loan, makanya saya apply, setelah saya baca review agan, saya jadi tidak tertarik.. lebih baik saya tetap jadi back office di salah satu bank, udah deket dari rumah, ga kena macet, datengnya siang gak masalah, hehehe makasih banget gan, gpp deh saya oc di situ, yang penting ga jadi marketing atau sales.. klo telesales masih mending menurut saya, karena dia pasti goal karena ada sistem tertentu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan dapat panggilan juga tanggal 13 November?

      Delete
    2. Oke gan sama", senang bisa membantu kalau menurut saya jadi BO udah bagus banget saya juga pngn jd BO karena lbh suka kerja di meja drpd di lapangan hehe

      Delete
    3. @ali saifuddin
      Iya gan, saya dapet panggilan interview di sana tanggal 13/11/2017, tp udah saya tolak

      @adi prayoga
      Iyah, saya mesti bersabar lagi sampai mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.. sayang jika harus out krn sudah 4th d kantor dg pekerjaan yang enak dan lingkungan yg nyaman hanya utk terjun di lapangan..

      Delete
  7. Yg dapat panggilan tgl 13 Nov 17 utk posisi CS&Teller ATAU Card Credit Sales Traine program?

    ReplyDelete
  8. Kerja perusahaan semua sistem target termasuk costumer service (CS) juga, naaah untuk Custumer Service (CS) di bank Mega itu target kisaran 150 orang/ bulan, CS Mandiri targetnya 300 orang/bulan begitu juga dgn Bank lainnya, sistem perusahaan tak akan berjalan jika karyawan tidak diberikan target. Termasuk loe makan nasi juga target bos, emang loe mau makan nasi selama 2 hari baru selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas penjelasannya gan, setidaknya mnrut saya CS masih kerjanya on desk jd lbh mending dan dlm melayani cust msh bisa kita tingktkan dengan kemampuan kita kalau sales stdknya trgantung jg dr kualitas produk itu sndri, itu hanya opini saya saja semua job post tdk ada yg salah semua penting untuk prusahaan kembali ke diri sndri passionnya dmna, disini saya hanya coba utk share apa itu CLO dan proses rekrutnya cmiiw...

      Delete
    2. untuk di BANK MEGA sendiri CS ditargetkan 250 orang perbulan, 3-6 bulan berturut2 gak sampai target siap2 dirumahkan, untuk clo juga sama, funding juga. klw mau kerja lebih nyaman dan bikin kaya yaaa buka usaha sendiri. selagi loe makan gaji yaaa harus siap dgn resikonya, karna namanya pengusaha gak mungkin mau rugi karna loe gak produktive tetatp digaji (buang2 uang perusahaan). perusahaan bukan panti sosial alias menampung orang gak produktive, bisa bangkrut perusahaan.

      Delete
    3. Kok komentar anda mengarah seakan saya beranggapan mencari kerja yang nyaman dan santai bkin kaya ya ? saya tidak ada menjelekkan kerjaan sebagai sales, kan saya bilang sales produk identik dipengaruhi oleh kualitas produk itu sendiri, saya juga pernah kerja di perusahaan software saya tau semua kerjaan ada target deadline dan itu bisa kita tingkatkan dengan mengasah kemampuan kalau tidak terpenuhi ya memang ada resiko yang harus diterima, yang saya jelaskan kalau sales produk dipengaruhi oleh kualitas produk seperti sales hp kalau hpnya kualitas jelek sampai mulut berbusa juga akan susah menjual produk makanya saya tidak ada passion di sales produk kalau CS kan masih kita bisa tingkatkan dengan kemampuan melayani customer, trs kenapa posisi sales disemua perusahaan sering kosong dan berganti-ganti dan hampir kebanyakan lowongan itu marketing ? ya karena memang akan susah menjual kalau produk kurang menjual jadi itu juga PR untuk perusahaan itu sendiri untuk memperbaiki produknya, tp itu bukan berati kerjaan sales tdak bagus jadi sales sangat memberi experience bagus terutama membangun relationship dengan orang jika anda masih muda sangat bagus dijadikan sebagai pengalaman dan kebanyakan petinggi perusahaan mantan sales karena mereka pengalaman dan lbh paham mengenai demand pasar, semua tergantung orangnya kembali passionnya dimana, kalau saya lebih suka kerja on desk masalah buat anda ? tolong lebih dijaga etika berkomentar saya sudah berusaha menanggapi dengan baik tp anda semakin menyela, anda sopan saya segan

      Delete
  9. Kerja diperusahaan semua sistem target termasuk custumer service (CS) juga, naaah untuk Custumer Service (CS) di bank Mega itu target kisaran 250 orang/bulan, CS Mandiri targetnya 300 orang/bulan begitu juga dgn Bank lainnya, sistem perusahaan tak akan berjalan jika karyawan tidak diberikan target ibarat Datang, Absen, Pulang. Termasuk loe makan nasi juga target bos, emang loe mau makan nasi selama 2 hari baru selesai....

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Presentasinya dari pihak Bank Mega gan seperti pengantar informasi atau gambaran mengenai Bank Mega, produk"nya sama gambaran mengenai job desk itu nantinya baik dr job desk, gaji, insentif, reward, dll

      Delete
  11. Saya juga pernah kerja di marketing, selain tekanan target persaingan antar sales juga ga sehat, depan kita baik dibelakang kita ??? Ane ketawa aja liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas atas info dan sharingnya, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi pertimbangan untuk kita semua :)

      Delete
  12. Itu penempatannya di jakarta apa bisa pilih cabang ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau waktu saya itu penempatan di jakarta bro

      Delete
  13. Wah sy jd ragu pdahal interview tgl 26 febuari besok..
    CLO ternyata sm ky marketing yaa 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dateng aja dulu mba supaya lbh jelas lg saat di presentasinya hitung" nambah pengalaman siapa tau tertarik :)

      Delete
    2. Saya juga dapat undangan mbak tnggal 26 besok. Kalau boleh tau Mbak lokasi interviewnya di mna ya?

      Delete
    3. Saya juga dapat.. Besok tanggal 27 d padang

      Delete
  14. Hallo.. Yang udah dateng interview gimana hasilnya? Oh ya sistem kerja CLO apakah kita keliling kampung2 memasarkan produk atau memasarkan lewat stand diacara tertentu?

    ReplyDelete
  15. Sistem kerjanya gmn? Kemall atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengenai sistem kerjanya waktu itu gak ada dijelaskan mba, mungkin yang pernah atau jadi CLO skrg disana bisa bantu jawab...

      Delete
  16. Gak cuman di bank, diperusahaan lain juga gitu masukin lamaran jadi back office pas interview posisi marketing. Panggilan via telpon atau email juga gak disebutkan posisinya apa. Suka kesel sama hrd yg kaya gitu apa gak mikirin kita ya datang jauh jauh buang kertas sana sini, pernah punya pengalaman 1ruangan 18 orang semua kaget pas mengisi form data diri posisi sales marketing. Kalo saya pribadi lebih baik kerja apa aja deh asalkan pikiran enak meskipun gaji sedikit yg penting ada pendapatan pokok tiap bulan karna sebagian marketing itu gak dapat gaji pokok dan gaji didapat jika kita bisa jual produk itu pun gak pasti.
    Trimakasih gan udah di share kebetulan kamis saya ada panggilan juga di bank mega, saya pengen hadir karna belum pernah punya pengalaman di perbankan dan saya pengen tanya apa kalo kerja di bank itu ada jenjang karir nya gak ya?

    ReplyDelete
  17. CLO sma SLO (Staff Loan Officer) sama gak gan?

    ReplyDelete
  18. Aqu udah jadi clo bank mega kebetulan ditempatkan di transmart. Sejauh ini saya enjoy aj jadi sales, target itu pasti tp dibawa santai aja jgn diambil pusing.

    ReplyDelete
  19. saya juga sering dapet panggilan dari bank mega untuk posisi CLO tapi saya pikir2 lagi karna tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan

    ReplyDelete
  20. Kalau menurutku yang belum punya pengalaman sama sekali mending kamu masuk in aja karna sekarang cari kerja ga gampang ... Kalau milih2 dengan basic belum punya pengalaman ya susah gan karna perusahaan memasukan bagian yang di atas sales atau marketing itu memerlukan pengalaman... Mending agan masuk in aja nikmatin ... Nanti kalau udah dapat 1 taun lebih bisa kamu pindah perusahaan dengan bagian yang sekira nya bagus buat karir kamu ...

    ReplyDelete
  21. Ih jangan salah CC Bank Mega itu banyak yg minat loh. Lagi juga jd CLO di Bank Mega itu enak soalnya bisa canvasing dibanyak lapak kaya group CT Corp TSM, Transmart etc, dan sering juga jualan di event Antavaya atau open table di Kantor2.

    ReplyDelete
  22. Gue emang jurusan marketing koq jadi gak ada masalah. Bismillah aja. Hidup memang harus punya target.

    ReplyDelete