Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Friday 11 August 2017

CARA MENGHILANGKAN UDARA PADA SELANG TINTA PRINTER

Kali ini saya akan sharing mengenai cara menghilangkan udara pada selang tinta printer. Bagi yang memiliki printer di rumah pasti akan pernah menemui kendala ini atau sudah tau mengenai cara membuang udara pada selang tinta printernya. Disini saya akan sharing pengalaman saya bagi anda yang belum mengetahui cara menghilangkan udara pada selang infus printer.

Kejadian munculnya udara di selang tinta printer saya yaitu merk Canon iP2700 dikarenakan saya tidak memerhatikan isi volume tinta pada tabung. Saat itu saya sedang melakukan print dokumen dan tiba-tiba muncul peringatan bahwa tinta habis, saya pun langsung melakukan isi ulang tinta printer hitam yang habis. Setelah selesai mengisi saya kembali menyalakan printer tetapi saya menemui kendala peringatan itu masih muncul dan terdapat sela-sela udara pada selang tinta printer. Hal ini dikarenakan tinta yang baru diisi belum disedot sampai ke tempat cartridge. Akhirnya saya pun mencari referensi agar tinta yang baru diisi dapat disedot sampai ke tempat cartridge dan sela udara pada selang tinta dapat hilang.


Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sela-sela udara yang terdapat pada selang tinta cartridge, tetapi saya langsung menggunakan cara yang kedua. Berikut ini akan saya mulai dengan membahas cara yang pertama :

Cara yang pertama ini sangat mudah yaitu dengan mengandalkan fasilitas setup an yang ada pada printer itu sendiri. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukannya :

1. Pastikan printer dalam keadaan menyala dan terhubung dengan komputer anda.
2. Bukalah sebuah dokumen atau Microsoft Word agar dapat melakukan print.
3. Tekan Ctrl + P atau klik menu File kemudian pilih selanjutnya menu Print.
4. Setelah muncul jendela print, klik pada tombol Printer Properties atau Printer Preference atau Properties tergantung dari merk printer.


5. Cari menu Perawatan atau Maintenance, pada menu ini biasanya terdapat banyak pilihan perawatan pada printer seperti pencetakan pola untuk mengecek kualitas tinta, dll.
6. Pilih fasilitas menu Pembersihan Tingkat Dalam atau Deep Cleaning


7. Selanjutnya tinggal menunggu proses selesai, hal ini dapat dilakukan berulang kali sampai sela udara pada selang tinta disedot abis ke dalam cartridge karena proses ini bertujuan untuk menyedot tinta dari tabung ke dalam cartridge jadi tinta secara perlahan akan disedot menuju cartridge.

Cara yang kedua kali ini dapat dilakukan jika cara pertama di atas tidak berhasil, saya juga menggunakan cara kedua langsung karena lebih cepat. Alat-alat yang perlu disiapkan diantaranya Spuit/Suntikan dan Tisu. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukannya :

1. Pastikan printer dalam keadaan menyala.
2. Buka tutup printer dan pastikan posisi cartridge berada ditengah atau bisa dijangkau.


3. Buka tutup cartridge dengan cara menekan dengan jari jempol pada tuas pembuka.


4. Cabut ujung selang tinta yang berisi sela udara yang terpasang pada cartridge dengan menariknya.


5. Tambahkan sedikit tinta pada cartridge dengan cara menyuntik dengan spuit/suntikan, hal ini bertujuan agar cartridge tidak kosong.
6. Buka tutup pada tabung tinta yang berukuran lebih Kecil yang berisi udara bukan tinta bukan yang besar.
7. Cabut jarum suntik pada spuit/suntikan.
8. Letakkan ujung spuit/suntikan pada lubang pada tutup tabung yang berukuran kecil kemudian tekan spuit/suntikan, hal ini bertujuan memberi dorongan udara agar tinta pada tabung mengalir menuju cartridge secara paksa dan sela udara akan bergerak menuju ujung cartridge.


 9. Lakukan poin 9 dengan hati-hati agar saat diberi dorongan udara pada selang tinta, karena posisi selang tadi kita lepas dari catridger jadi hati-hati agar tinta tidak tumpah pada cartridge atau anda boleh mengakalalinya dengan meletakkan tisu diujung selang tinta, jadi saat tinta dan udara keluar akan tumpah pada tisu.
10. Jika sela udara sudah keluar semua dan selang sudah pasti tidak terlihat ada sela udara kembali, anda dapat memasang kembali selang tinta pada cartridge.
11. Jika pompa dari tabung tinta tidak berhasil anda juga bisa menarik tinta dari ujung selang tinta pada cartridge dengan memasang ujung spuit/suntikan pada ujung selang.
12. Pasang kembali semua tutup printer dan lakukan tes cetak pola untuk mengecek tinta sudah masuk dengan baik.

Jika anda masih kurang jelas pada langkah-langkah di atas, anda dapat mengunjungi link yang dibuat oleh seorang youtuber mengenai cara menghilangkan udara pada selang infus printer berikut ini link nya :


Sekian yang dapat saya share mengenai cara menghilangkan sela udara pada selang tinta printer, cara yang mana saja bisa dicoba, semoga tulisan ini dapat membantu...



No comments:

Post a Comment