Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Wednesday 16 August 2017

CARA MEMBUAT TOMBOL SHARE MELAYANG DI TEPI BLOG TERBARU

Kali ini saya akan sharing mengenai cara untuk membuat tombol share melayang pada tepi atau samping blog yang baru saya coba sendiri. Tombol share tentunya menjadi hal yang cukup penting bagi anda yang mengorientasikan artikel-artikel pada blog anda untuk di share sehingga nantinya anda akan mendapat pengunjung atau trafiic yang ramai dari backlink artikel yang di share. Percaya atau tidak bagi saya sendiri posisi dan tampilan tombol share mempengaruhi keinginan pengunjung untuk share artikel blog anda.


Lokasi tombol share yang melayang pada bagian samping blog kini sedang trend digunakan oleh para blogger. Selain itu posisi tombol share di tepi blog dan bergerak mengikuti scrolling blog akan sangat strategis letaknya karena sangat mudah ditemukan dan selalu dalam pengelihatan pengunjung. Hal ini juga yang menarik minat saya untuk mencoba mengaplikasikan tombol share melayang ini pada blog saya yang lainnya. Mungkin sudah ada yang menjelaskan mengenai caranya tetapi semakin hari caranya agak berubah dari yang ditulis oleh orang lain. Hal ini saya alami sendiri dimana saya cukup kebingungan mengikuti tutorial yang sudah dijelaskan oleh orang lain.

Cara yang sekarang mungkin lebih simple dari sebelumnya. Untuk membuat tombol share melayang pada blog kita harus menggunakan layanan pihak ketiga yang bernama Sumo. Langsung saja saya bahas mengenai langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Buka situs Sumo.com kemudian register dengan klik tombol Sign Up atau anda bisa langsung menuju link register Register Sumo.
2. Setelah muncul halaman register anda tinggal memasukkan data Alamat situs blog anda, Email dan Password untuk akun Sumo bukan password blog anda.


3. Setelah data di atas terisi klik tombol Sign Up maka akan muncul tampilan di bawah ini :


4. Klik pada bagian install the script manually maka akan muncul halaman yang berisi script seperti tampilan di bawah ini :


5. Copy script tersebut, mungkin caranya agak susah anda dapat mencoba klik kiri 2 atau 3 kali sambil tahan tekan tombol Ctrl + C untuk mengcopy karena agak sedikit aneh.
6. Masuk ke dashboard blogger anda, kemudian klik menu Tema kemudian klik tombol Edit HTML.
7. Setelah muncul jendela editor HTML klik ditengah kotak dan tekan Ctrl + F untuk melakukan pencarian.


8. Ketikkan </head> pada kotak pencarian.
9. Kemudian paste script yang sudah di copy pada situs Sumo tadi tepat di atas kode script tag html </head> seperti pada tampilan di bawah ini :
10. Setelah di paste tekan tombol Simpan tema.
11. Kunjungi salah satu postingan atau artikel pada blog anda, pada bagian samping kanan terdapat tombol Sumo yang tersembunyi seperti tampilan di bawah ini.


12. Klik tombol tersebut kemudian akan muncul tampilan jendela login, anda selanjutnya login kembali dengan akun Sumo sebelumnya yang sudah di register.


13. Setelah login anda akan masuk ke dashboard Sumo


Pada cara lama yang dijelaskan di situs lain setelah langkah ini anda klik tombol Sumo Store atau tombol Share, tetapi setelah saya coba malah yang muncul anda harus membayar. Jika muncul bayar dan terdapat piliha free silakan klik pilihan Free atau Sumo Basic. Hal ini lah yang membuat saya kebingungan, setelah saya putus asa saya coba buka kembali blog saya ternyata tombol itu sudah muncul setelah login sebelumnya dan tidak perlu melakukan apa-apa lagi.


Harusnya setelah anda login tombol share melayang tersebut sudah muncul, sebaiknya setelah login anda coba cek blog anda kembali apakah tombol tersebut sudah muncul atau belum. Sekian yang dapat saya share mengenai cara membuat tombol share melayang di tepi blog, semoga dapat membantu jangan lupa share tombol di bawah ini...



No comments:

Post a Comment