Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Thursday 31 August 2017

APA ITU COATING DAN MANFAAT COATING PADA MOBIL

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai coating pada mobil, tentunya saya ingin share disini merupakan informasi yang saya baca dan ingin saya lakukan tetapi belum bisa dilakukan saat ini jadi ditulis saja dulu hehe. Bagi anda yang tertarik akan dunia otomotif atau mobil pasti sudah tidak asing dengan istiliah coating. Selain itu saat ini banyak iklan di media sosial mengenai jasa coating oleh salon mobil. Lalu apa itu coating ? Kali ini saya akan coba membahasnya dari apa yang saya baca bagi anda yang belum mengetahuinya.


Coating pada mobil atau Nano Ceramic Coating adalah sebuah jasa detailing yang disediakan oleh salon mobil untuk memberikan lapisan coating pada permukaan body mobil anda agar dapat melindungi ketahanan cat mobil serta memudahkan anda dalam melakukan perawatan pada mobil. Jasa coating mobil bisa dikatakan cukup mahal tergantung dari jenis dan tingkat ketebalan lapisan coating. Dari segi biaya yang mahal lalu seberapa perlu kita melakukan coating pada mobil ? Untuk menjawab hal tersebut, berikut ini merupakan beberapa manfaat kelebihan memberikan coating pada mobil dibandingkan dengan poles biasa :

1. Memberikan Efek Water Repellent

Efek water repellent merupakan sebuah efek yang bisa anda bayangkan seperti air yang jatuh di atas daun talas. Hal itu juga yang bisa anda dapatkan jika memberikan coating pada mobil, dimana seperti yang anda ketahui air yang berada pada cat mobil baik seusai mencuci atau abis terkena hujan akan mengendap dan meninggalkan bekas pada permukaan cat mobil. Anda yang sering mencuci mobil pasti sering menemui kejadian ini, dimana air yang mengering pada permukaan cat meninggalkan bekas lingkaran bahkan bisa menyebabkan munculnya jamur. Jika dibersihkan menggunakan air kembali dan shampoo tidak akan cukup untuk meninggalkan bekas tersebut kecuali anda memberi cairan poles untuk menghilangkannya.
Sama halnya seperti daun talas, air yang menetes pada permukaan cat mobil akan tergelincir sehingga tidak mengendap dan meninggalkan bekas pada cat mobil. Selain air, kotoran burung juga akan mudah dibersihkan saat mencuci.  

2. Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

Hal ini bukan berati mobil anda akan menjadi anti gores melainkan mengurangi resiko terkenanya goresan pada cat mobil anda dikarenakan adanya lapisan coating dibagian luar cat. Jadi, tergantung dari ketebalan lapisan coating yang digunakan jika semakin tebal akan semakin bagus daya tahan terhadap goresan.

3. Ketahanan Kilapan atau Glossy pada Tampilan Cat Lebih Lama

Jika berbicara soal ketahanan kilapan cat mobil, lapisan coating lebih unggul dibandingkan dengan polesan biasa seperti Wax atau Sealant dimana kedua lapisan ini hanya mampu bertahan rentang waktu 1 sampai 3 bulan dan mudah hilang serta pudar tetapi lapisan coating menawarkan tingkat ketahanan bertahun-tahun mulai 1 tahun sampai 3 tahun tergantung dari jenis coating yang digunakan. Untuk jenis ceramic coating ada yang mengatakan bisa bertahan selamanya.

4. Melindungi dari Sinar UV/Ultra Violet

Sinar UV seperti yang anda ketahui dapat berdampak buruk bagi tampilan cat mobil anda, terutama bagi mobil yang sering dijalan atau dijemur. Contohnya pada mobil cat putih mutiara lama kelamaan warnanya akan berubah agak kekuningan. Untuk dengan memberi lapisan coating pada mobil anda selain membuatnya tampil lebih glossy atau mengkilap, lapisan coating juga mampu melindungi dari sinar UV sehingga cat tidak mudah pudar atau kusam akibat oksidasi sinar UV.

Bagi anda yang baru saja membeli mobil disarankan untuk langsung memberi lapisan coating karena akan lebih memberi hasil yang maksimal dibandingkan mobil yang sudah lama. Hal ini dikarenakan proses coating mewajibkan kondisi permukaan mobil yang bersih 100% oleh karena itu sebelum dilakukan tahap coating mobil dibersihkan dulu sampai detail termasuk adanya goresan-goresan. Hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang tertinggal dibawah lapisan coating. Lalu kenapa coating tidak langsung diberikan dari pabrik mobil ? Seperti yang diketahui pabrikan mobil berlomba-lomba menekan biaya produksi mulai dari material yang digunakan dengan tujuan mendapatkan harga mobil yang terjangkau. Jika ditambah dengan memberi coating langsung, tentunya akan menambah biaya produksi untuk itu coating menjadi opsional.

Mobil yang sudah diberi lapisan coating bukan berati tidak perlu dibersihkan. Ingat, tujuan coating pada mobil yaitu memberi perlindungan pada cat mobil anda serta memudahkan dalam perawatan. Hal ini bermaksud bukan karena adanya lapisan coating air tidak akan ada air dan kotoran yang menempel pada mobil anda karena licin seperti daun talas, anda tetap harus melakukan perawatan pada mobil anda seperti biasa mencuci hanya saja tidak perlu hal ekstra hanya cukup menggunakan air dan shampoo tidak perlu mempoles lagi agar terlihat mengkilap.

Dari segi harga sendiri, jasa coating mobil memang cukup mahal tergantung dari jenis coating yang digunakan serta tingkat ketebalannya. Menurut informasi, range harga jasa coating mobil mulai dari 2,5 juta sampai 5 juta, untuk lebih lanjut sebaiknya anda langsung berkonsultasi dengan salon mobil coating. Proses pengerjaannya pun bervariasi, ada yang membutuhkan waktu 2 hari hingga sampai 4 hari tergantung dari kondisi mobil.

Sekian yang dapat saya share mengenai coating pada mobil, jika artikel ini membantu silakan di share, semoga dapat bermanfaat...



2 comments:

  1. Thanks for posting this info. I just want to let you know that I just check out your site and I find it very interesting and informative. laboratory glovebox

    ReplyDelete