Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 7 June 2017

PENGALAMAN MELAMAR CS TELKOMSEL MELALUI INFOMEDIA SOLUSI HUMANIKA

Kali ini saya mau share pengalaman saya melamar pekerjaan melalui PT Infomedia Solusi Humanika. Buat kalian yang tidak tahu PT Infomedia Solusi Humanika atau yang biasa disebut ISH itu apa, ISH merupakan salah satu perusahaan outsourcing yang berlokasi di Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Fatmawati. Menurut informasi sih ISH ini perusahaan outsource yang paling bagus karena gajinya masih masuk akal. Perlu diketahui ISH ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar.

Langsung saja saya dulu dikasi informasi oleh kakak sepupu saya untuk Walk in Interview atau datang langsung aja ke ISH membawa CV dan kelengkapannya. Sampai disana inget ya teman-teman untuk yang baru mau interview tempatnya jadi satu dengan gedung Mandiri bukan gedung ISH disebelahnya tetapi yang jadi satu dengan gedung Mandiri. Masuk kesana anda akan melihat Bank Mandiri di sebelah kiri untuk tempat interview disebelahnya dari pintu masuk lurus saja tidak usah naik lift karena di lantai 1. Setelah masuk anda tinggal ambil formulir di meja sebelah kanan pintu masuk kemudian isi lengkap setelah itu lampirkan kelengkapan CV anda dan formulir tadi letakkan di atas meja. Nanti akan diambil oleh pihak ISH dan tinggal menunggu giliran dipanggil untuk interview. Disana saya terkejut karena kebanyakan yang dateng sudah tau untuk melamar posisi apa dan saya kesana untuk walk in interview hahaha.

Menunggu hampir 4 jam kemudian nama saya dipanggil. Saat interview seperti biasa diminta perkenalkan diri nama usia asal lulusan mana pengalaman organisasi atau prestasi pengalaman kerja bagi yang sudah pernah kerja, kebiasaan di ISH akan ditanyakan tau lowongan ini dari siapa dan saya bilang dari sepupu saya. Yang menginterview saya kebingungan karena saya kesana walk in interview belum tau untuk melamar posisi apa. Karena saya tamatan IT jadi saya ditanya-tanya mengenai kemampuan apa saja yang dimiliki di IT. Menurut interviewer kemampuan saya kurang di IT iya maklum saja saya tamatan programmer tapi gak niat jadi programmer hahaha. Akhirnya saya disarankan buat mencoba jadi CS Telkomsel setelah dinilai tinggi dan berat badan saya. Akhirnya saya diminta menunggu lagi untuk di interview oleh interviewer CS Telkomsel.

Kemudian saya dipanggil dan perkenalkan diri kembali. Tenang aja tidak ada ditanya mengenai tugas-tugas CS mereka hanya ingin tau latar belakang anda cocok tidak untuk jd CS dilihat dari tinggi berat badan dan pendidikan tentunya good looking. Dari segi penilain interviewer seperti dia tertarik dengan saya yang menjadi masalah adalah logat saya maklum karena saya berasal dari Bali hahaha. Kalau lulus anda akan diberitahu untuk mengikuti tes psikotes besoknya di gedung yang sama kalau tidak salah lantai 4. Dan besoknya pun saya datang untuk mengikuti psikotest. Soal psikotes hampir sama seperti psikotes lainnya pertama memilih karakter yang sesuai dan tidak sesuai dengan diri anda. Setelah itu ada psikotes yang mengukur logika kita seperti mencocokkan gambar atau meneruskan gambar. Selain itu ada tes warter menggambar yang ada cluenya 8 kotak terakhir ada tes krapelin menghitung angka sekertas A3 yang biasa ikut psikotes pasti sudah terbiasa dengan psikotes ini. 

Setelah psikotes diberitahu untuk menunggu informasi via email sekitar seminggu untuk proses selanjutnya. Nah saya karena melamar CS sorenya mendapat email dari yang menginterview saya untuk datang esok harinya interview tahap user. Nah pada tahap ini lah saya bimbang karena menurut informasi dari interviewer prosesnya akan seperti ini. Anda setelah interview user belum dinyatakan lolos dan diterima menjadi CS Tekomsel akan ada training 1 minggu di gedung ISH dan 1 minggu lagi tandem di outlet atau Graphari yang ada di mall sesuai anda akan ditempatkan nantinya. Nah karena saya perantau dari Bali dan sementara tinggal di Bogor jadi saya berpikir jika ikut training 2 minggu tapi tidak lolos akan lumayan menghabiskan tabungan saya jadi saya galau berat untuk datang atau tidak. Dan akhirnya saya memutuskan untuk tidak menghadiri karena alasan tersebut. Saya ingin mendapatkan kerja yang cepat dan langsung diterima agar bisa langsung ngekost di Jakarta. 

FYI untuk interview tahap user itu anda akan diminta untuk datang pakaian rapi berdasi nantinya akan langsung di interview oleh pihak dari Telkomsel langsung serta akan ada tes dimana anda berperan sebagai CS Telkomsel satu teman anda akan berperan menjadi customer dan anda menjadi CS nya begitu juga sebaliknya nanti anda menjadi customer. Begitu lah yang diinformasikan kepada saya. Untuk salary atau gaji CS Telkomsel yang ditawarkan yaitu tergantung dari anda sendiri. Jika pasif bahasa inggris dan ditempatkan diluar Jakarta maksudnya seperti Depok Tangerang masih Jabodetabek anda akan mendapat 4jt sedangkan jika mendapat daerah Jakarta akan mendapat kisaran 4-4,5jt jika anda aktif bahasa inggris anda bisa mendapat sampai 5jt. Bukan hanya ini karena sebelumnya saat menunggu giliran interview saya bertemu dengan senior CS Telkomsel yang saat itu datang untuk kontrak barunya di Kominfo setelah 1 tahun menjadi CS Telkomsel. Menurutnya gaji CS Telkomsel cukup besar selain gaji yang disebutkan tadi, anda juga akan mendapatkan uang lembur. Dia yang dulu bekerja sebagai CS mendapatkan gaji 4,5 dan rata-rata ditambah lembur dia bisa mendapat sampai 6,2jt. Besar juga ya teman-teman. Tapi alasan dia berhenti karena seperti yang anda tahu mall tidak pernah libur jadi anda akan bekerja setiap hari dan lembur. Sekarang dia ditawarkan di Kementrian Kominfo, ya ISH juga katanya sekarang baru kerjasama dengan Kominfo. 

Begitulah pengalaman saya mencoba melamar melalui perusahaan outsourcing ISH, sekian yang dapat saya share semoga dapat membantu...



29 comments:

  1. Terimakasih kak informasi nya sangat membantu. Boleh tanya ga,kalo kita pngen tau lowongan dan posisi apa saja yang dibutuhkan bisa liat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari info orang" disana kebanyakan banyak yang ngasi tau ada lowongan kenalan krywan disana, tapi coba aja langsung kesana nanti diarahin paling biasanya diarahin jadi cs telkomsel karena sistemnya walk in interview, di jobstreet pernah juga sih liat ISH pasang lowongan...

      Delete
  2. mas untuj interview tahap awal pake bahasa inggris kah? itu interviewnya face to face sama hrd atau kayak presentasi depan semua calon kandidat lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu interview pertama sama orang infomedianya pakai bhs indo, tapi kyknya trgantung karena ditanya bhs inggrisnya pasif atau aktif kalau jwb aktif mngkn lanjut bhs inggris, kalau interview prtma face to face sama orang infomedia ada kyk bilik" gtu, setelah lanjut lulus baru deh ke tahap interview user presentasi tanya" tentang produk telkomsel

      Delete
  3. Masih di bogor mas..? Bogor daerah mna ni ?
    Saya juga saama nglamar Di ISH dan di tempatkan di Bank Swasta.. Training nya jg gt.. sama kya mas..
    Jadi galau jg krna berat di ongkos nya.. wkkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah balik mas hehe saya agak kesusahan cari kerja di Jkt, wah bagus dong mas nanti dpt pnglman plus jd banker lbh gampang kdepannya klo berkarir di bank, kyknya semua cs memang harus ditraining sperti itu mas, saya dulu tinggal di bibi di daerah Cipanas haha, kalau mas mau coba ambil kost mingguan aja di Jkt biar lbh dkt lbh bagus lg klo ada teman disana jd bisa nebeng hehe

      Delete
  4. Saya sama nih di ish tapi buat di tokio marin dan saya masih traning kemrain baru sehari dan ga dikasih tau kapan ttd kontraknya. Pennya yg jelas gitu hmm jadi galaunkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sabar mas mungkin sama setelah training baru ditentuin lulus atau gak baru ttd kontraknya cmiiw...

      Delete
  5. Untuk Interview awal disarankan memakai pakaian seperti apa mas? apa kah harus berdasi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakaian rapi aja mba, kemeja warna bebas sama celana hitam gk perlu pakai dasi nanti kalau udh tahap interview sama corporatenya baru diminta lbh rapi

      Delete
  6. Mas ada tips ngga cara negosiasi gaji?
    Ato bagaimana proses nego nya? Supaya dapat gaji yg sesuai sbg cs telkomsel
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, kalau soal nego gaji saya masih blm pengalaman hehe

      Delete
  7. Ka, sya mau tanya sya juga dapet panggilan dri ish, itu syarat tinggi badan berapa kak?
    Trus itu ditempatkan di domisili Telkomsel nya atau keputusan mereka? Trims

    ReplyDelete
  8. Kemarin saya disyarat 170 mba, soal penempatan kemarin sesuai mereka tapi msh di jabodetabek

    ReplyDelete
  9. Ipk brp mas? Jd tolak ukur diterima atau engga nya?

    ReplyDelete
  10. mau tanya dong, 4jt itu pokoknya doang atau udah sama uang transport tunjangan make up dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mba kalau untuk tunjangan saya kurang tahu tapi waktu itu seinget saya dpt dibahas soal uang penampilan apa grooming gtu saya lupa itu dapat kayaknya diluar gapok yg 4jt kalau transport gak ada disebutkan waktu itu...

      Delete
    2. pasti kecil dari itu hahaha

      Delete
  11. Gan ane hari kamis ini interview users nih kira kirra apa aja ya yg di bahas ?untuk gapok itu 4 juta ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane blm sampai tahap itu gan, tapi waktu dikasih tau sih disuruh pelajaran produk telkomsel tcash dll nanti ditanya sama yang ane udah jelasin kayaknya disuruh peran jd cs dan customer...

      Delete
  12. Pokoknya gaji diterima 5.5 sampe 6jutaan, itu blm termasuk komisi jika jual kartu halo

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kemaren udah interview tahap user. dan sistem gaji nyaa ga ada gapok. :(
      jd gaji dihitungnya per hari kita harus min. 100x klo ga sampe target itu yaa ga akan kehitung dapet gaji.
      kata temen2 mmg banyak nya dr komisi
      yaa semoga beruntung bisa laku marketing produk t-sel biar dapet gaji di atas 5jt
      aamiin

      Delete
    2. Maksudnya 100x apa ya ka?

      Delete
    3. dipersulit gitu yg pasti gajinya kecil hahaha ga dapet targetnya mah cuma iming-iming hehe

      Delete
  13. Sangat membantu.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. kalau yang neleponin orang tuh berarti outbound kan ya? nah saya dipangilnya untuk inbound call nih, kalau inbound katanya nerima telepon orang2 gitu nah bedanya untuk gapok nya gimana ya?ada yang tau ga?

    ReplyDelete
  15. Halo, terimakasih ydah share pengalamannya mas. Kalau boleh tau untuk cewek ada minimal tinggi gak ya? Terus nanti kerjanya di gerai gitu ya mas?

    ReplyDelete