Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Wednesday 9 August 2017

APAKAH JURUSAN IT BAGUS ? BAGAIMANA PELUANG KERJA KEDEPANNYA ?

Kali ini saya akan sharing mengenai opini saya tentang jurusan IT.  IT / Information Technology ? Tentunya kata itu merupakan hal yang sedang sangat berkembang saat ini. Hal ini juga yang mempengaruhi niat banyak orang untuk memilih jurusan IT terbukti dengan banyaknya saat ini kampus IT yang telah dibuka. Lalu bagaimana dengan peluang kerja jurusan IT ? Saya akan membahas opini saya terhadap jurusan IT berdasarkan pengalaman saya kuliah di jurusan IT.

Saya merupakan tamatan dari sebuah Universitas di Pulau Bali dengan jurusan IT. Tentunya bagi anda yang baru tamat SMA atau SMK banyak dari anda yang berniat untuk melanjutkan studi perguruan tinggi jurusan IT. Kenapa seperti itu ? Karena banyak orang beranggapan IT bisa kerja dimana saja dan banyak dibutuhkan, benar bukan ? Pendapat itu tidak sepenuhnya salah atau sepenuhnya benar. Kalau berbicara IT, IT merupakan bidang yang sangat luas, mungkin bisa dikatakan hanya sesama orang IT yang mengerti luasnya IT tersebut.

Disini saya tidak mengatakan bahwa jurusan IT itu bagus atau jelek, karena semua ada sisi plis dan minusnya kembali kepada sudut pandang masing-masing. Jika dikelompokkan untuk bidang kuliah, IT dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu jaringan dan programmer. Saya sendiri merupakan tamatan sistem informasi yang berhubungan dengan bidang software dan develop program-program.

Fenomena dari bidang IT baru anda sadari ketika anda sudah memasuki dunia kerja. Seperti yang diketahui kebanyakan IT di dunia pekerjaan dituntut untuk serba bisa. Misalnya kita berbicara IT Hotel, anda di tuntut dapat mengurus jaringan hotel, desain, mungkin juga membuat web. Jika kita lihat kembali saat kuliah jaringan dan programmer merupakan hal terpisah lalu bagaimana hal itu diminta sekaligus ? Hal ini lah yang menjadi banyak fenomena bagi kawan-kawan lulusan IT yang tidak percaya diri untuk melamar kerja, karena kebanyakan perusahaan menuntut semua keahlian pada satu orang. Belum lagi ada anggapan bahwa IT kerjanya santai, kenapa begitu ? Karena IT hanya bekerja jika terjadi trouble tetapi saat pengerjaannya itu sangat susah dan memerlukan waktu. Oleh karena itu dalam sebuah perusahaan mungkin paling banyak terdapat seorang staff IT kecuali perusahaan besar mungkin ada level SPV serta IT Managernya.

Anda tidak perlu kwatir dengan hal tersebut karena itu hanya sebagian dari umumnya pekerjaan IT. Banyak juga terdapat lowongan yang hiring posisi IT khusus seperti Programmer dengan berbagai tipe bahasa pemrograman, system administrator, network adminstrator, dll. Jika yang anda dapatkan adalah posisi staff IT, maka anda akan dituntut serba bisa berhubungan dengan penjagaan sistem dan perangkat perusahaan tersebut. Contohnya jika seorang karyawan mendapat masalah komputer hang atau jaringan lambat atau printer ngandat, maka mereka akan lari ke staff IT untuk masalah tersebut.

Hal yang saya ceritakan di atas merupakan sekilas gambaran mengenai bidang IT nantinya. Jadi saran saya bagi anda yang berniat untuk mengambil jurusan IT, pastikan anda memiliki ketertarikan yang besar akan dunia IT karena dunia IT itu sangat luas. Contohnya berbicara soal bahasa pemograman, nantinya semakin lambat laun akan semakin banyak bahasa pemograman yang muncul jadi anda harus memiliki ketertarikan tinggi atau passion di bidang pemrograman. Selain passion ada baiknya saya sarankan, bagi anda yang ingin mengambil jurusan kuliah IT lebih baik anda merupakan tamatan SMK karena akan lebih nyambung.

For your information, sebenarnya bagi anda yang tertarik di jurusan IT slogan di atas yang saya sebutkan bahwa tamatan IT banyak dibutuhkan dan gampang cari kerja, saya tadi katakan hal itu tidak sepenuhnya salah karena jika memang anda menguasai sekali bidang IT dan sangat tertarik, anda akan sangat mudah untuk mencari kerja begitu juga sebaliknya jika tidak menguasai akan sangat sulit mencari kerja. Selain itu, posisi IT di perusahaan memiliki gaji atau salary yang tinggi, untuk seorang programmer saja bisa mendapat penghasilan sekitar 3 sampai belasan juta tergantung jabatannya.

Jika anda yang sudah terlanjur memilih jurusan IT tetapi merasa tidak memiliki passion di bidang IT anda tidak perlu kwatir, karena banyak posisi pekerjaan yang mencakup IT misalkan frontliner bank yang memerlukan kriteria any major atau semua jurusan. Contoh lainnya seperti CPNS banyak formasi yang bisa di tempati oleh seorang tamatan IT mungkin karena seorang IT memiliki logika yang tinggi. Jadi kesimpulannya, jurusan IT tidak buruk atau baik juga kembali ke sudut pandang masing-masing, jika anda sangat menguasai bidang IT akan memberikan peluang yang sangat bagus kedepannya tetapi jika anda hanya sekedar masuk IT karena anggapan gampang mencari kerja sebaiknya anda pikirkan kembali.

Sekian yang dapat saya sharing, semogat dapat membantu...



3 comments:

  1. Mantap
    Masuk IT benci mtk bsa gk mas?

    ReplyDelete
  2. Mantap
    Masuk IT benci mtk bsa gk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya IT lebih memakai logika mas penalaran algoritma jadi sbnrnya gak brhbungan sama mtk, cmiiw

      Delete