Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Thursday 31 August 2017

APA ITU FITUR ABS ( ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM ) PADA MOBIL

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai sebuah fitur keamanan yang bernama ABS pada mobil. Bagi anda yang menyukai dunia otomotif tentunya sudah tidak awam lagi dengan yang satu ini atau anda yang sering melihat review mobil atau brosur mobil pasti sering mendengar istilah ABS ini. Seperti yang kita ketahui, pabrikan mobil saling gencar menciptakan dan memperkenalkan teknologi baru untuk menunjang kualitas dari produk yang mereka jual salah satunya ABS. Lalu apa itu ABS ? Salah satu fitur keamanan ini tidak hanya terdapat pada mobil tetapi juga terdapat pada motor.


ABS atau singkatan dari Anti-Lock Braking System sesuai dengan namanya ABS adalah salah satu sistem pengereman pada mobil yang bertujuan untuk menghindari terjadinya penghentian roda saat terjadinya pengereman yang keras atau mendadak. Fitur ini tentunya sangat diperlukan terutama saat anda mengendarai mobil dalam keadaan hujan dan jalan licin. Jika mobil yang melakukan pengereman mendadak dalam kecepatan yang tinggi dan kondisi hujan jalan licin seperti di atas, tentunya ketika pedal rem diinjak keras semua ban mobil akan pakem berhenti dan terkunci tetapi mobil akan masih tetap melaju. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena ban yang berhenti mendadak dalam kecepatan tinggi dan kondisi jalan licin akan menyebabkan terjadinya slip pada ban sehingga mobil akan terus melaju sambil tergelincir. Selain itu tentunya mobil akan sangat sulit dikendalikan dan tidak stabil seperti halnya mobil tergelincir di atas es.

credit : http://www.toyota-global.com )

Dalam mengantisipasi hal di atas, fitur keamanan ABS akan bekerja mencegah terjadinya ban berhenti saat pengereman mendadak sehingga ban akan masih tetap berputar secara lambat. Hal ini tentunya memberi efek menghindari terjadinya slip atau tergelincir dan kendaraan lebih bisa dikendalikan. Selain itu, jarak pengereman akan menjadi lebih pendek. Sistem kerja rem ABS hampir mirip dengan sistem rem mengocok pada konvensional dimana rem ditekan berkali-kali, hanya saja ABS dibuat terkomputerisasi dimana saat pedal rem diinjak habis tidak langsung mengunci ban. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat sebuah video pengereman pada sepeda motor yang menggunakan ABS dan tanpa ABS di bawah ini.


Sistem pengereman ABS ini sudah ada sejak lama tetapi hanya dapat anda temukan pada kendaraan mewah sekelas Mercedes Benz, tetapi saat ini persaingan diantara pabrikan mobil membuat fitur keamanan ini sudah disematkan dibeberapa mobil kelas menengah. Ada beberapa sumber yang mengatakan fitur rem ABS ini kurang optimal jika digunakan pada jalan yang tidak rata, rumput atau bebatuan. Seperti tujuan awal dibuatnya fitur ini yang dulunya digunakan oleh pembalap bahkan seorang profesional pun sangat sulit untuk mengendalikan mobil disaat kecepatan tinggi melakukan pengereman mendadak dengan keadaan jalan yang licin. Oleh karena itu, fitur pengereman ABS ini sangat efektif dijalanan beraspal.

Dari sekian penjelasan di atas, beberapa media otomotif memang menyarankan untuk memilih kendaraan yang memiliki fitur ABS sebagai fitur keamanan yang penting. Untuk itu saat anda berniat untuk mencari mobil, tidak ada salahnya untuk menanyakan ketersediaan fitur ini pada mobil yang akan anda beli. Sekian yang dapat saya share mengenai fitur ABS pada mobil, jika artikel ini membantu silakan untuk dishare, semoga dapat bermanfaat...



No comments:

Post a Comment