Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Sunday 23 July 2017

TIPS MEMBELI IPHONE BEKAS


Kali ini saya akan sharing mengenai tips membeli iphone second atau bekas. Saat ini gadget merk Apple atau Iphone sedang banyak diminati oleh kalangan masyarakat terutama anak muda. Tentunya tidak semua orang mampu membeli Iphone baru dikarenakan harganya yang lumayan tinggi. Beberapa orang yang ingin memiliki Iphone tetapi tidak memiliki budget yang cukup lebih cenderung untuk membeli Iphone bekas atau second. Nah bagaimana cara mengecek Iphone bekas, apa saja hal yang perlu diperhatikan saat membeli Iphone second atau bekas ? Nah berikut ini merupakan tips-tips tersebut yang saya dapatkan dulu saat membeli Iphone second.

1. METODE PEMBELIAN COD
                Pastikan anda bersepakat dengan penjual untuk COD disuatu tempat agar anda dapat melakukan pengecekan terhadap Iphone yang dijual nanti.

2. KONDISI BARANG
                Saya biasanya mencari Iphone di OLX karena disana banyak yang menjual sehingga kita bisa bandingkan harga wajarnya berapa, lebih diutamakan cari yang kondisinya like new atau seperti baru biasanya harga Iphone yang kualitasnya masih bagus akan lebih mahal dari standar yang lapak lain jual.

3. FACTORY UNLOCK (FU)
                Pilihlah Iphone yang kondisinya FU atau Factory Unlock karena Iphone FU dapat menggunakan sim card apa pun dan dimana pun beda dengan tipe SU yang hanya dibuat khusus untuk sim card wilayah tertentu. Jika anda membeli Iphone SU walau harganya jauh lebih murah tetapi anda akan perlu mencari jasa lagi untuk unlock Iphone menjadi FU agar dapat menggunakan sim card Indonesia. Jadi cari lah Iphone dengan kondisi FU.

4. ICLOUD AMAN DAN BEBAS RISET
                Paling penting yaitu memastikan Iphone tersebut bebas untuk direset, karena ada kasuk dimana orang menjual Iphone temuan jadi password Apple Store tidak diketahui. Mungkin Iphone tersebut bisa saja digunakan hanya saja jika ada update IOS atau reset Iphone dimana akan meminta masukkan password Apple Store Iphone tersebut akan tidak dapat digunakan lagi karena tidak diketahui passwrod tersebut.

5. NOMOR IMEI DAN SERIAL NUMBER (SN)
                Ada baiknya anda memeriksa Iphone terlebih dahulu sebelum deal untuk melakukan COD dengan penjual. Hal ini dapat dilakukan dengan menanyakan nomor IMEI dan nomoer Serial Number dari Iphone tersebut. Serial Number berfungsi untuk mengecek masa garansi dari Iphone tersebut langsung dari web Apple anda dapat menuju link ini Cek Serial Number dan IMEI digunakan untuk mengecek informasi dari Iphone tersebut apakah sesuai dengan yang dijual mulai dari warna, tipe, storage, FU atau SU, dll anda dapat menuju link berikut untuk Cek IMEI.

6. CEK FISIK
                Setelah anda deal dan sedang melakukan COD dengan penjual, hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu mengecek kondisi fisik dari Iphone tersebut. Cek mulai dari hasil foto kamera, cek tombol-tombol apakah responsif dan berfungsi baik, cek speaker, wifi, apakah ada baret-baret pada Iphone atau tidak, cek ketahanan baterai, cek detail case apakah Iphone tersebut pernah dibongkar biasanya terlihat dari pemasangan case yang tidak rapi bisa ditekan-tekan untuk mengeceknya, cek charger apakah berfungsi karena biasanya kerusakan Iphone ada pada port charger, cek headset, cek telepon, intinya anda harus sampai puas mengecek kondisi fisik feature serta part-part pada Iphone tersebut jangan grogi, ingat pembeli adalah raja haha.

7. CEK POINT 3
                Pastikan anda mengecek bagian sim card karena saya pernah membaca ada sebuah micro cip yang bisa membuat Iphone SU bisa menjadi FU tetapi hanya beberapa saat dan bisa berdampak buruk bahkan sampai terbakar. Cek pada handle sim card apakah ada sesuatu yang menempel atau tidak. Pastikan juga anda mencoba sim card anda sendiri untuk dipasang apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

8. CEK POINT 5
                Karena sebelum COD anda sudah mengecek nomor IMEI dan Serial Number Iphone tersebut. Pada saat COD yang perlu anda lakukan yaitu memastikan nomor tersebut benar adanya atau tidak karena bisa jadi penjual mengirimkan nomor Iphone lain. Caranya dengan menuju menu Setting – General – About, disana terdapat informasi mengenai nomor IMEI dan Serial Number perangkat tersebut.

9. CEK POINT 4
                Cek akun icloud pada Iphone tersebut apakah sudah kosong atau tanyakan kepada penjual apakah akun tersebut miliknya dan mengetahui passwordnya. Jika iya berati Iphone tersebut aman untuk di reset nantinya. Caranya dengan masuk ke menu Setting – Icloud.

10. ITUNES
                Selain diatas ada baiknya anda membawa laptop saat COD dengan penjual untuk mengecek keaslian Iphone tersebut. Caranya dengan mencolokkan kabel kabel USB pada laptop, biasanya setelah dihubungkan Itunes akan medeteksi Iphone tersebut. Jika belum memiliki Itunes silakan download pada link berikut Itunes.

11. CEK PART
                Cek part pada Iphone seperti box apakah nomor IMEI pada box sesuai dengan yang ada Iphone jika tidak berati itu box lain yang diberikan, cek juga pada box apakah terdapat tulisan Apple Cetified Pre-Owned, jika ada berati Iphone tersebut Refurbished. Cek juga charger headset dll apakah original atau tidak biasanya terlihat dari warna jika charger putih bersih berati itu beli baru bukan original haha. Pengecekan ini dapat mempengaruhi harga jual dari Iphone tersebut.

12. FACTORY RESET
                Ini merupakan bagian akhir dari setelah anda puas mengecek seluruh detail pada Iphone, sebelumnya pastikan pada penjual anda akan membayar setelah proses reset ditempat selesai. Sebelum reset pastikan adanya koneksi wifi atau anda bisa tethering dari hp lain karena saat reset akan diminta untuk koneksi. Selain itu boleh juga anda langsung memasukkan sim card yang akan anda gunakan. Setelah semua siap anda tinggal masuk menu Setting – General – Reset – Erase All Content and Settings. Selanjutnya tinggal anda ikuti perintahnya. Pastikan setelah reset Iphone tersebut dapat digunakan dengan baik dan semestinya mulai dari jaringan apakah terbaca sim card anda, akun Apps Store dilogout karena nantinya anda akan menggunakan akun Apps Store anda sendiri, dll.

Sekian yang dapat saya share, semoga dapat membantu anda...

Do me a favor, please help to like and share :D




2 comments: