Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Thursday 13 July 2017

MENGURUTKAN BILANGAN PADA C++ DARI KECIL KE BESAR (ASCENDING)

Kali ini saya akan sharing mengenai program untuk mengurutkan angka di C++. Algoritma mengurutkan bilangan pada bahasa pemrograman C++ mungkin sudah ada yang membahas pada blog lain tetapi disini saya akan berusaha untuk membahasnya secara detail. Langsung saja saya akan bahas mengenai algoritma mengurutkan angka pada C++.

Logika sederhananya yaitu kita hanya melakukan penukaran tempat ketika angka atau bilangan tersebut nilai lebih kecil dari bilangan lainnya. Pada pemrograman C++ kita memerlukan tipe data array untuk menampung dan melakukan penukaran tempat bilangan-bilangan tersebut. Array merupakan tipe data yang dapat berisi banyak nilai didalamnya yang diwakilkan dengan index array itu sendiri untuk masing-masing data tersebut. Langsung saja berikut ini merupakan source code C++ untuk mengurutkan bilangan/angka dari kecil ke besar :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
    int bil[6], n, i, j, temp;
    for (n=1; n<=5; n++){
        cout << "Bilangan ke [ "<< n <<" ] : ";
        cin >> bil[n];
    }
    cout << "Hasil pengurutan bilangan kecil ke besar : " <<endl;
    for (i=1; i<=5; i++){
        for (j=1; j<=5; j++){
            if (bil[i] < bil[j]){
                temp = bil[i];
                bil[i] = bil[j];
                bil[j] = temp;
            }
        }
    }
    for (i=1; i<=5; i++){
        cout << bil[i] << ", ";
    }
    return 0;
}

Sekarang saya akan menjelaskan source code di atas mulai dari awal.

1. Pada bagian awal saya mendeklarasikan semua variabel yang saya akan gunakan termasuk array dengan simbol [ ]. Karena semua variabel hanya berisi angka jadi saya menggunakan tipe data int.

2. Selanjutnya saya menggunakan perulangan FOR untuk menampilkan output dalam memasukkan angka. Disini saya membuat contoh program pengurutan angka dengan banyak 5 angka. Jadi perulangan FOR menggunakan batas awal perulangan yaitu 1 dan batas akhir perulangan yaitu kurang dari atau sama dengan 5.

3. Di dalam perulangan FOR terdapat perintah cout dan cin untuk menampilkan output inputan sesuai n variabel perulangan dari 1 sampai 5 kemudian perintah cin akan menyimpan inputan tersebut ke dalam array sesuai indexnya mulai dari index 1 sampai 5 sesuai n batas perulangan.

4.  Tahap selanjutnya yaitu saya kembali menggunakan perulangan FOR untuk proses pengurutan. Disini saya menggunakan perulangan FOR bertingkat yang masing-masing menggunakan batas perulangan yang sama. Perulangan FOR tingkat pertama boleh menggunakan batas lebih dari 5 untuk tingkat kedua batas akhir perulangan harus 5 karena jumlah angka yang diinput yaitu 5.

5. Ditengah perulangan FOR tingkat kedua terdapat kondisi untuk menukar posisi angka atau bilangan, kondisi pada perulangan pertama nilai 1 jika nilai pada array bil[] untuk index 1 lebih kecil dari nilai array bil[] index 2 maka kita contoh bayangkan nilainya misalkan index 1 nilainya 3 dan index 2 nilainya 7 jadi apakah 3 lebih kecil dari 7 jika iya maka nilai akan ditukar posisinya index 2 berisi nilai 7 dan index 1 berisi nilai 3, selanjutnya sampai batas akhir 5. Nilai yang lebih besar akan selalu berada pada sebelah paling kiri atau index paling kecil karena sebagai pembanding, pengurutan dimulai dari index setelah index nilai pembanding atau yaitu index 2. Mungkin sedikit agak rumit tapi seperti itulah prosesnya.

6. Proses didalam kondisi IF tersebut yaitu misalkan mulai dari perulangan pertama nilai index 1 berisi 3 dan index 2 berisi 7 maka akan di cek apakah 3 lebih kecil dari 7 karena iya jadi nilai 3 pada index 1 akan disimpan nilainya pada variabel temp kemudian nilai pada index 1 akan diisikan dengan nilai pada index 2 selanjutnya nilai index 2 akan diisikan oleh nilai pada variabel temp tadi yang sebelumnya merupakan isi dari nilai index 1 sebelumnya. Jadi nilai 3 dan 7 sebelumnya terbalik 7 sekarang pada index 1 dan 3 pada index 2.

7. Pada tahap bawah saya kembali menggunakan perulangan FOR untuk menampilkan hasil pengurutan dengan menampilkan isi array bil[] mulai dari index 1 sampai 5.

8. Mengapa di awal saya mendeklarasikan nilai array bil yaitu 6 karena index array sebenarnya dimulai dari index 0 jadi karena perulangan kita menggunakan batasan dari 1 sampai jadi nilai array harus diberikan 6.

MENGURUTKAN BILANGAN PADA C++ DARI BESAR KE KECIL (DESCENDING)

Untuk mengurutkan angka di C++ dari besar ke kecil caranya sangat gampang yaitu hampir sama dengan source code diatas anda hanya perlu mengganti tanda lebih kecil (<) pada kondisi IF di dalam perulangan FOR tingkat kedua dengan tanda lebih besar (>).

Sekian yang dapat saya share, semoga dapat bermanfaat...



No comments:

Post a Comment