Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Friday 28 July 2017

CARA MEMBERI LINK PADA NAVIGATION MENU BLOG

Kali ini saya akan share mengenai cara memberikan link pada menu navigation bar atau tab header blog. Tab Header atau List Menu pada sebuah blog merupakan bagian yang penting dalam blog itu sendiri. Tab atau menu bar ini berfungsi untuk mengelompokkan artikel-artikel dalam sebuah blog agar tertata rapi dan mudah dalam pencarian. Hal ini juga dipercaya menjadi salah satu tips agar blog anda diterima saat mendaftar Google Adsense. Navigation Bar mungkin itu kata yang tepat untuk menyebut menu list blog ini.

Sebagian besar blogger memilih untuk mengganti template blog mereka dengan template yang simple dan ringan daripada menggunakan template bawan blog sendiri. Terkadang template yang kita dapatkan download dari situs yang menyediakan template blog gratis, pada menu tata letak dashboard blogger anda tidak sinkron baik widget, dll. Hal ini tentu sangat membuat bingung sebagian blogger apalagi yang masih awam karena sulit untuk melakukan seperti pengeditan teks atau pemberian link. Untuk pengeditan teks pada navigation bar sudah pernah saya bahas disini sedangkan untuk memberi link pada tombol menu atau navigation bar akan saya bahas sekarang.

Langsung saja jika template yang anda download sinkron dengan blog maka akan sangat mudah untuk memberi link pada navigation bar caranya tinggal masuk dashboard blogger anda kemudian klik pada menu Tata Letak anda tinggal klik Edit pada Navigation Menu disana terdapat kolom URL Situs Baru. Jika sinkron tentunya sangat mudah dalam memberi link, nah bagaimana jika template download tidak sinkron ? Caranya tetap mudah anda hanya perlu mengikut langkah-langkah di bawah ini :

1. Masuk ke dashboard Blogger.
2. Klik menu Tema kemudian pilih Edit HTML.
3. Akan muncul jendela editor html, kemudian klik sembarang di tengah kotak jendela editor.
4. Tekan tombol Ctrl + F untuk melakukan pencarian.
5. Ketik salah satu teks judul atau menu bar kalian, misalnya MERK SEPATU.
6. Maka akan muncul bagian script html untuk menu bar kalian seperti contoh di bawah ini :


7. Pada kata href yang awalnya berisi nilai ‘#’, anda hanya perlu mengganti tanda pagar tersebut dengan url link tujuan anda. Seperti contoh di atas saya menggunakan link blog dengan menambahkan /search/label/NIKE. Maksud dari link ini yaitu mengelompokkan segala postingan yang berlabel NIKE dengan melakukan search, tentunya anda harus memberi label terlebih dahulu di setiap postingan anda pada menu Postingan di dashboard blogger.
8. Tahap terakhir anda hanya perlu klik tombol Simpan tema, selanjutnya anda tinggal mengetes pada preview blog apakah link berfungsi.

Sekian yang dapat saya share mengenai tutorial cara memberi link pada navigation menu bar pada blog, semoga dapat membantu...



2 comments: