Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Friday 7 July 2017

SHORTCUT - SHORTCUT PADA MICROSOFT EXCEL

Kali ini saya akan sharing mengenai shortcut-shortcut pada microsoft excel yang saya ketahui. Shortcut pada excel ini baru beberapa saya ketahui dan pelajari semenjak saya baru mulai memasuki dunia kerja dimana kerjaan saya berhubungan dengan data pada database sebuah sistem yang cukup banyak jadi memerlukan shortcut untuk lebih mempermudah saya mengolah data tersebut pada microsoft excel. Mungkin shortcut yang saya sharing disini tidak terlalu banyak dan lengkap tetapi setidaknya dapat membantu kawan yang sedang mencari atau belum mengetahuinya. Langsung saja kita bahas dari yang pertama yaitu :

1. Alt + O + C + A

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melakukan fit lebar sebuah cell atau kolom yang didalamnya berisi sebuah teks. Lebar cell ini akan menyesuaikan dengan cell yang memiliki ukuran teks yang paling panjang tergantung berapa cell yang diblok jika ingin seluruh cell, dapat blok semua cell dengan Ctrl + A. Ini merupakan shortcut menu AutoFit Coloumn Width yang terdapat pada tab Home - Format - AutoFit Coloumn Width.

2. Ctrl + Spasi

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melakukan blok kolom dari kolom cell pertama sampai kolom yang berada paling akhir pada sheet excel tanpa menghiraukan cell tersebut berisi teks atau tidak. Jika ingin melakukan blok 2 atau lebih kolom sekaligus pertama dapat dilakukan blok biasa terlebih dahulu menggunakan Shift + tombol kanan atau kiri kemudian baru gunakan Ctrl + Spasi untuk blok sampai cell paling bawah. 

3. Shift + Spasi

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melakukan blok baris dari baris cell pertama sampai baris yang berada paling akhir pada sheet excel tanpa menghiraukan cell tersebut berisi teks atau tidak. Ini hampir sama dengan point 2 hanya saja berbeda antara baris dan kolom.

4. Alt + (+/=)

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk melakukan autosum atau penjumlahan dari beberapa baris data. Autosum ini menjumlahkan angka pada baris yang berderet jika terdapat baris atau cell yang kosong maka yang dijumlahkan hanya sampai batas sebelum baris kosong tersebut. Ini merupakan shortcut menu SUM yang terdapat pada tab Home - AutoSum - Sum.

5. Ctrl + (;)

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengisi sebuah cell dengan data tanggal hari ini.

6. Ctrl + D

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengcopy isi sebuah cell pada bagian bawahnya sesuai dengan isi sebuah cell tersebut yang terletak diatasnya atau menyamakan isi sebuah cell sesuai dengan isi cell atasnya. Misalnya anda ingin mengcopy kata sepeda pada cell kosong dibawah cell kata sepeda tersebut, anda hanya perlu blok cell sepeda dan cell kosong tersebut kemudian tekan Ctrl + D.

7. Ctrl + R

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk mengcopy isi sebuah cell pada bagian kanannya sesuai dengan isi sebuah cell tersebut yang terletak dikirinya atau menyamakan isi sebuah cell sesuai dengan isi cell dikirinya. Ini sama halnya dengan point 6 hanya berbeda atas bawah dan kiri kanan.

8. F4

Shortcut pada excel yang berfungsi untuk memberi perlakuan yang sama pada sebuah cell sesuai perlakuan yang dilakukan sebelumnya pada sebuah cell. Misalkan anda mewarnai merah sebuah cel kemudian anda ingin mewarnai merah cell lainnya anda hanya perlu mengarah pada cell tersebut kemudian tekan F4. Contoh lainnya seperti Italic, dll.

Sekian dahulu yang dapat saya sharing, jika kedepan saya mengetahui shortcut lainnya saya akan share kembali disini, semoga dapat membantu...  



1 comment: