Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Monday 24 July 2017

PERINTAH DASAR LINUX CENTOS


Kali ini saya akan share sedikit ilmu yang saya ketahui pada linux mengenai perintah-perintah dasar pada linux CentOS. Seperti yang diketahui sistem operasi linux merupakan salah satu sistem operasi yang disukai karena tingkat keamanannya. Hal ini juga yang membuat linux banyak dipakai sebagai sistem operasi pada server sebuah perusahaan. Tentunya linux akan sedikit susah dioperasikan bagi sebagian orang awam terutama bukan orang IT karena tampilan kebanyakan sistem operasi linux menggunakan layar hitam layaknya Command Prompt pada sistem operasi Windows. Perintah dasar linux CentOS kebanyakan merupakan singkatan dari kata perintah tersebut. Untuk itu berikut ini merupakan perintah dasar linux CentOS yang saya ketahui diantaranya :

1. su
           Su merupakan perintah dasar linux untuk pindah user ke level superuser. Berikut ini merupakan format command linux untuk pindah user ke superuser beserta contohnya :

Format : su nama_user
Contoh : su –l atau su vbox

2. adduser
                Adduser merupakan perintah dasar linux untuk membuat user baru. Berikut ini merupakan format command linux untuk membuat user baru beserta contohnya :

Format : adduser nama_user
Contoh : adduser kevin

3. passwd
                Passwd merupakan perintah dasar linux untuk membuat password user. Berikut ini merupakan format command linux untuk membuat password user beserta contohnya :

Format : passwd nama_user
Contoh : passwd kevin

4. cd
                Cd merupakan perintah dasar linux untuk berpindah direktori atau singkatan dari change direktori linux. Berikut ini merupakan format command linux untuk berpindah direktori beserta contohnya :

Format : cd nama_direktori
Contoh : cd /home/panduan

                Contoh diatas merupakan untuk berpindah direktori yang dituju jika ingin naik satu direktori cukup mengetikkan cd saja sedangkan untuk turun satu direktori tinggal ketik cd ..

5. pwd
                Pwd merupakan perintah dasar linux untuk mengetahui direktori saat ini atau mengecek sedang di direktori mana anda berada sekarang. Berikut ini merupakan format command linux untuk mengetahui posisi direktori saat ini beserta contohnya :

Format : pwd
Contoh : pwd

6. mkdir
                Mkdir merupakan perintah dasar linux untuk membuat direktori baru atau make directory. Berikut ini merupakan format command linux untuk membuat direktori baru beserta contohnya :

Format : mkdir nama_direktori
Contoh : mkdir tugas

7. ls
                Ls merupakan perintah dasar linux untuk menampilkan list file yang ada pada sebuah direktori. Berikut ini merupakan format command linux untuk menampilkan file pada sebuah direktori beserta contohnya :

Format : ls direktori
Contoh : ls /home/tugas

          Contoh di atas merupakan untuk menampilkan secara biasa list file dalam direktori, jika ingin menampilkan seluruh file termasuk yang tersembunyi ketikkan ls –a jika ingin menampilkan file beserta atributnya seperti ukuran, format, dll ketikkan ls –l

8. rmdir
                Rmdir merupakan perintah dasar linux untuk menghapus direktori atau remove directory. Berikut ini merupakan format command linux untuk menghapus sebuah direktori beserta contohnya :

Format : rmdir direktori
Contoh : rmdir /home/tugas

          Untuk menghapus direktori yang berisi filenya sekaligus dapat menggunakan rm –r

9. rm
                Rm merupakan perintah dasar linux untuk menghapus file. Berikut ini merupakan format command linux untuk menghapus sebuah file beserta contohnya :

Format : rm nama_file
Contoh : rm skripsi

10. cp
                Cp merupakan perintah dasar linux untuk mengcopy file. Berikut ini merupakan format command linux untuk mengcopy sebuah file beserta contohnya :

Format : cp nama_file_asli nama_file_hasil_copy
Contoh : cp tugas1 tugas2

          Contoh di atas merupakan perintah untuk mengcopy file menjadi 2 file yang sama. Jika ingin mengcopy sebuah file ke direktori yang berbeda dapat mengikuti format berikut :

Format : cp nama_file_asli (direktori _tujuan)nama_file_hasil_copy
Contoh : cp tugas1 /home/work/tugas2

11. mv
                Mv merupakan perintah dasar linux untuk memindahkan file atau move file. Selain itu mv juga berfungsi untuk merename atau mengganti nama file pada linux. Berikut ini merupakan format command linux untuk memindahkan sebuah file beserta contohnya :

Format : mv nama_file_sebelum_rename nama_file_setelah_rename
Contoh : mv tugas1 tugas2

          Contoh di atas merupakan perintah untuk merename file pada linux, jika anda ingin memindahkan file pada linux dapat mengikuti format berikut ini :

Format : mv nama_file direktori
Contoh : mv tugas1 /home/work

12. vi
                Vi merupakan perintah dasar linux untuk membuat file baru atau mengedit file. Berikut ini merupakan format command linux untuk membuat file baru atau mengedit sebuah file beserta contohnya :

Format : vi nama_file
Contoh : vi tugas1
         
          Setelah masuk editor, jika ingin mengedit tekan tombol Insert jika sudah selesai membuat file tinggal menekan tombol Shift dan (:) selanjutnya ketikkan wq jika ingin save singkatan dari write quit jika hanya keluar langsung tanpa save ketik q! yang berati quit

13. kill
                Kill merupakan perintah dasar linux untuk mematikan suatu proses service, biasanya ini dipakai seperti koneksi user ke database. Berikut ini merupakan format command linux untuk mematikan sebuah proses beserta contohnya :

Format : kill angka_dari_user_proses
Contoh : kill 12895

14. chown
                Chown merupakan perintah dasar linux untuk mengganti owner file atau kepemilikan sebuah file atau grup. Berikut ini merupakan format command linux untuk mengganti owner sebuah file beserta contohnya :

Format : chown nama_owner nama_file_atau_grup
Contoh : chown kevin tugas1

15. chmod          
                Chmod merupakan perintah dasar linux untuk mengganti permission file atau hak askes sebuah file atau grup. Berikut ini merupakan format command linux untuk mengganti permission sebuah file beserta contohnya :

Format : chmod kode_akses nama_file_atau_grup
Contoh : chmod 744 tugas1

                Kode akses di atas merupakan kode hak akses untuk permission biasanya seperti ijin akses create, update, copy, delete

16. reboot
                Reboot merupakan perintah dasar linux untuk merestart sistem operasi itu sendiri seperti tombol restart pada Windows. Berikut ini merupakan format command linux untuk merestart linux beserta contohnya :

Format : reboot
Contoh : reboot

17. poweroff
                Poweroff merupakan perintah dasar linux untuk mematikan sistem operasi itu sendiri seperti shutdown pada Windows. Berikut ini merupakan format command linux untuk mematikan linux atau turn off linux beserta contohnya :

Format : poweroff
Contoh : poweroff

Direktori Linux

-          /etc        : direktori linux yang berisi mengenai konfigurasi pada linux itu sendiri

Command untuk merestart network linux
/etc/init.d/network restart

Sekian yang dapat saya share, semoga dapat membantu...



4 comments: