Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Thursday 8 June 2017

PENGALAMAN MELAMAR IT AUDIT DI MAYBANK INDONESIA FINANCE DI GEDUNG WISMA EKA JIWA

Kali ini saya akan share kembali pengalaman saya dalam mencari kerja sebagai IT Audit di PT Maybank Indonesia Finance yang berlokasi di Gedung Wisma Eka Jiwa Mangga Dua Jakarta. Sebelumnya saya ingin memberi tahu kalau saya melamar posisi ini dari situs Jobstreet dan untuk pertama kalinya saya mendapat undangan interview dan tes dari Jobstreet langsung dimana biasanya kita apply lamaran dari Jobstreet pihak perusahaan akan menghubungi kita via telepon atau email tetapi oleh PT Maybank Indonesia Finance ini tidak menelpon, sms atau email saya hanya undangan melalui Jobstreet langsung. Setelah saya konfirmasi melalui email undangan tersebut memang benar adanya.

Langsung saja saya pun datang untuk menghadiri undangan tes oleh PT Maybank Indonesia Finance. Tahap pertama seleksi yaitu psikotes, anda akan diarahkan menuju lantai 14 di gedung Wisma Eka Jiwa bagi yang belum tau tempatnya itu tepat atau dekat sekali dengan rel kereta setelah ITC Mangga Dua. Setelah menunggu jam tiba akhirnya saya dipanggil untuk mengikuti psikotes. Saya digabung dengan peserta lainnya yang melamar untuk posisi PDP atau Profesional Development Program. Dari sekitar 12 peserta hanya ada dua orang yang melamar untuk posisi IT satu IT Staff dan saya untuk IT Audit. Sistem gugur pada psikotes tahap pertama yaitu diberikan soal psikotes yang berisi soal campur mengenai perhitungan, logika, lawan dan persamaan kata misalnya 1 telur 500 rupiah berapa telur yang didapat jika membeli 2000 rupiah. Setelah selesai tes psikotes pertama ada beberapa peserta yang gugur, nama yang tidak dipanggil berati gugur dalam tes pertama psikotes tersebut. Selanjutnya yaitu psikotes seperti biasa 10 hal yang harus anda pilih yang mana sesuai dengan karakter anda dan yang tidak sesuai karakter anda. Tes berikutnya 50 soal karakter yang mencerminkan diri anda pilih hanya satu yang mendekati. Karena saya melamar untuk posisi IT Audit saya diberikan soal tambahan berbeda dengan peserta yang melamar posisi PDP. Soal terdiri dari 2 yang pertama yaitu pseudocode atau flowchart untuk menampilkan bilangan prima bisa dilihat dilink ini Bilangan Prima dan yang kedua pseudocode atau flowchart untuk mengurutkan angka dari kecil ke besar dapat dilihat pada link ini Mengurutkan Angka. Untuk jawabannya anda bisa googling di google banyak referensinya. Jujur saya lupa dengan hal ini saat tes karena ini materi kuliah saya semester 1 hahaha.

Setelah psikotes berakhir selanjutnya kita diminta untuk menunggu giliran untuk interview HRD. Pada bagian ini saya menunggu lumayan lama sekali sampai 3 jam padahal yang interview hanya 10 orang. Sekitar jam 6 sore saya pun dipanggil giliran terakhir. Proses interview berlangsung seperti biasa ditanya mengenai identitas anda, apa yang anda tahu mengenai posisi yang dilamar, kemampuan anda seperti yang biasa ditanyakan. Alhasil setelah interview saya diminta untuk menunggu kabar jika lulus akan diinfokan kembali. Ini ciri-ciri kalau saya tidak lulus dalam seleksi tersebut haha dan benar adanya sampai sekarang pun saya belum menerima informasi kalau saya lolos lamaran tersebut. Ya bagaimanapun juga tetap syukuri saja apa pun yang anda telah lakukan. FYI untuk posisi IT Audit di PT Maybank Indonesia Finance hanya terdapat 1 orang untuk posisi tersebut jika anda di terima akan di transfer knowledge oleh karyawan yang akan resign tersebut. 

Sekian yang dapat saya share, semoga dapat membantu terima kasih...



11 comments:

  1. Gan.. Dapet undangan juga nih di posisi yg sama . setelah baca postingan agan jadi merasa dagdigdug klo sistemnya langsung gugur gitu😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tetap semangat mba jangan menyerah sebelum dicoba mungkin saja disana jodohnya, kalau saya sudah positif tidak lulus :D

      Delete
  2. Sebelumnya trimakasih atas sharing pengalamannya Mas Adi..

    Saya juga mau psikotes hari Senin di Maybank Finanace. Saya mau nanya, apakah tes khusus utk IT Staff nya itu selalu c++ ? Saya udah lupa sekali c+*, dulu belajarnya sebentar doang pas sem 1, langsung ganti Java.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung mba, waktu itu saya dapet tes khusus posisi IT nya cuma 2 soal itu aja, bukan C++ sih mba tapi yang ditanya pseudocode dan flowchartnya di postingan di atas saya hanya beri gambaran logikanya dengan bapro C++

      Delete
  3. Contoh soalnya kaya gimana mas? Minggu depan jadwal saya tes soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba sudah saya jelaskan soalnya di atas...

      Delete
  4. Saya besok test di maybank finance, mau nanya gan test nya cuma psikotest saja.gak ada test pauli dan warteg? Setelah interview disuruh menunggu berapa hari???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan seperti yang ane ulas di atas, kebetulan waktu saya gak ada pauli sama warteg, hari itu juga langsung sampai interview hrd habis itu disuruh tunggu info lagi alias ditolak haha

      Delete
  5. MAS PSIKOTES MATIMATIKANYA BERAPA SOAL? A B C D KAH?

    ReplyDelete
  6. Sama gan ane juga udh tes di maybank sebseba field collection.. Setelah tes pisikotes ane lolos dan ikut tes ketahap berikunya sampai interview.. Setelah interview di suruh tunggu telepon lagi.. Dan sampai saat ini belum ada panggilan juga . Sabarr dan menunggu sabarr .

    ReplyDelete