Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Tuesday 17 October 2017

MUNCUL POP UP IKLAN SPAM NEW TAB PADA BROWSER GOOGLE CHROME

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai cara mengatasi munculnya pop up iklan spam berupa new tab pada browser Google Chrome. Kebetulan hal ini saya alami sendiri sehingga sangat annoying atau mengganggu, contohnya ketika saya klik sebuah video di Youtube, video tersebut muncul pada tab baru sedangkan tab awal tempat klik video tadi berubah address atau alamat sendiri menuju link iklan. Karena semakin lama semakin mengganggu jadi saya putuskan untuk mencari solusinya dari beberapa sumber.


Cara yang saya sampaikan di bawah ini merupakan beberapa langkah yang sudah sempat saya coba dan analisa saya mengenai penyebab hal ini serta cara mengatasinya menurut saya sendiri. Langkah pertama disarankan oleh situs support Google yang mengatakan ini berasal bukan dari pihak Google melainkan sebuah virus Malware yang terinstall pada komputer anda dari aktivitas download, klik atau memasang aplikasi lainnya yang bertujuan alfiliate atau menuju link situs penjualan produk. Di bawah ini saya akan bahas mulai dari cara pertama yang saya lakukan. Sebenarnya saya lebih prefer anda untuk langsung mencoba cara terakhir tetapi ada baiknya untuk membaca semua cara di bawah ini.


1. Menonaktifkan Setelan Pop Up
Cara pertama ini pertama saya coba karena simple dan berasal dari saran situs support Google. Anda hanya perlu menuju menu Setelan yang ada pada Google Chrome kemudian setelah muncul halaman setelan scroll ke bawah sampai kemudian klik tombol Lanjutkan, pada bagian setelah Privasi dan keamanan pilihlah menu Setelan konten. Setelah diklik muncul beberapa list setelan kemudian scroll ke bawah pada pilihan Pop Up atau Munculan, setelah diklik ubah status setelan ini dari Diizinkan menjadi Diblokir (disarankan) dengan menggeser tombol bulatan ke kanan sehingga tombol dari berwarna biru menjadi mati yaitu abu-abu dan saat kembali maka status dari menu Pop Up atau Munculan ini menjadi Dicekal.
Setelah saya mencoba setelan ini kemudian menggunakan kembali browser Chrome seperti biasa tetapi gangguan ini MASIH MUNCUL. Akhirnya saya kembali memutuskan untuk mencari cara lainnya dan ketemu dengan cara nomer dua di bawah ini.


2. Memasang dan Menggunakan Alat Pembersih Chrome
Cara kedua ini saya kembali temukan dari situs support Google yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi atau Alat Pembersih Chrome yang bisa anda download langsung dari situs support tersebut atau link ini. Setelah saya download seperti biasa kemudian klik untuk menginstall aplikasi ini, aplikasi akan secara otomatis melakukan proses scanning setelah proses instalasi selesai. Tetapi sayangnya lagi-lagi cara ini tidak membantu bagi saya karena hasil scanning dari aplikasi ini yaitu ‘Not Found’. Karena merasa sangat risih jadi saya berusaha kembali untuk mencari cara lainnya.


3. Setel Ulang Setelan Browser
Cara ketiga ini merupakan opsi yang anda harus berhati-hati untuk melakukannya walau ini disarankan dari situs support Google juga tepatnya berada di bagian bawah halaman pada link cara kedua diatas. Cara ini merupakan opsi terakhir dari Google untuk melakukan setelan ulang pada browser Google Chrome anda. Mengapa saya katakan hati-hati, karena setel ulang ini dapat memberikan dampak bagi anda yaitu seluruh setelan pada browser anda akan dikembalikan seperti semula baik itu settingan pada menu Setelan, setelan extention akan dimatikan semua dan terakhir cookie browser anda akan dihapus yang berarti login anda pada semua situs yang pernah dikunjungi akan di logout contoh jika anda biasa buka Facebook langsung muncul beranda karena sebelumnya anda sudah pernah login setelah melakukan setel ulang maka anda akan kembali ke halaman login jika membuka Facebook. Tetapi tidak usah kwatir karena data sandi otomatis, riwayat, bookmark anda masih tetap tersimpan tidak terhapus. Hal ini juga sudah muncul pada pop up peringatan saat anda klik untuk melakukan Setel Ulang. Untuk setel ulang anda dapat langsung menuju menu Setelan pada Chrome, setelah muncul kemudian scroll ke bawah lalu klik Lanjutkan sampai menemui bagian Setel Ulang paling bawah kemudian klik tombol tersebut.             
Sama halnya seperti di atas setelah saya melakukan setel ulang, pop up masih juga muncul pada browser saya yang berarti setel ulang pun tidak berhasil untuk mengatasinya.  


4. Nonaktifkan Extention Google Chrome
Cara keempat ini saya pikirkan sendiri karena dari penjelasan situs support Google Chrome sendiri yang mengatakan ini merupakan malware dari aktivitas download atau pemasangan extention. Oleh karena itu saya mencoba untuk menonaktifkan salah satu extention yang saya pasang untuk mengubah proxy atau DNS. Cara menonaktifkan extention Google Chrome sangat mudah bagi yang belum mengetahuinya karena pada update versi Google Chrome terbaru banyak tempat setelan yang berubah. Cari lah ikon kotak hitam 9 buah atau kotak hitam seperti potongan puzzle, lalu klik kanan pada icon tersebut dan pilih Kelola Ekstensi kemudian halam kelola ekstensi muncul, nah disini anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ekstensi yang anda inginkan dengan memberi atau menghilangkan centang pada bagian kana ekstensi.
Setelah saya mencoba hal ini, memang benar setelah beberapa saat menggunakan kembali browser Chrome gangguan pop up iklan new tab tidak ada bermunculan lagi. Tetapi karena saya masih memerlukan ekstensi proxy ini jadi saya coba untuk mencoba cara alternatif lain jika ada dan akhirnya ketemu lah cara di bawah ini.


5. Menggunakan Program Antimalware yaitu Antivirus Malwarebytes
    Cara yang terakhir ini juga saya dapatkan dari situs support Google. Karena ini merupakan sebuah virus malware jadi kenapa saya tidak mencoba untuk menggunakan antivirus malware. Sesuai yang tertera di situs support Google Chrome saya mencoba memasang antivirus Malwarebytes pada komputer saya. Setelah terinstal saya coba untuk melakukan proses scanning, oh ya antivirus Malwarebytes ini tidak hanya memberi proteksi pada komputer anda tetapi juga pada browser anda atau aktivitas online. Setelah selesai proses scanning lalu muncul lah hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.


Saya mencurigai pada nama virus Adware pada gambar di atas, dimana Ad berarti iklan dan Ware itu virus. Jadi, ini lah mungkin yang menjadi penyebab munculnya iklan pop up new tab pada browser Google Chrome saya. Setelah menghapus virus dari hasil scanning ini, saya tidak menemui lagi adanya gangguan pop up iklan ini saat menggunakan browser untuk browsing.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengatasi munculnya pop up iklan spam berupa new tab pada browser Google Chrome, semoga dapat membantu...



2 comments:

  1. iya sih, kadang suka mengganggu juga .. tiba-tiba iklan err makasih solusinya min
    solder uap

    ReplyDelete
  2. makasih infonya, kalau cara menghilangkan iklan di youtube sama gak ya? Makasih

    ReplyDelete