Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Blog Archive

Friday 27 October 2017

MENGHUBUNGKAN HP KE HEAD UNIT MOBIL DENGAN AUX

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengkoneksikan atau menghubungkan hp ke head unit mobil dengan fitur AUX. Tentunya hal ini bertujuan untuk memutar lagu dari hp ke head unit mobil melalui fitur AUX. Karena sedikitnya informasi sehingga sangat sulit mencari informasi mengenai koneksi hp ke head unit mobil dengan aux ini, membuat saya mencoba untuk mengulas opini saya dengan menulis artikel ini. Jadi, jika ada kekeliruan saya mohon untuk dikoreksi sehingga dapat membantu teman-teman yang juga mungkin belum mengetahui hal ini.


AUX atau auxiliary merupakan sebuah metode konektifitas atau salah satu cara menghubungkan smartphone anda ke headunit mobil yang bertujuan agar anda dapat memutar lagu atau MP3 dari handphone dan diputar di dalam mobil melalui head unit mobil. Metode AUX ini merupakan salah satu metode yang agak lama karena head unit mobil saat ini sudah sangat berkembang untuk cara konektifias hp ke head unit. Terakhir teknologi yang saat ini banyak dan sangat mudah digunakan yaitu konektifitas melalui Bluetooth, jadi anda hanya perlu menghubungkan bluetooth handphone anda dengan bluetooth pada head unit mobil. Selain itu, fitur AUX ini tidak terdapat pada kebanyakan head unit bahkan ada yang sengaja membongkar dashboard mobil untuk memasang head unit seperti pada Suzuki Ertiga.

Berdasarkan analisa saya, cara menghubungkan smartphone anda ke head unit menggunakan AUX yaitu anda harus menggunakan perangkat tambahan berupa kabel yang biasa disebut kabel Adapter AUX. Kabel adapter AUX ini berbentuk seperti kabel biasa dengan kedua ujungnya yang berupa seperti colokan port atau jack audio headset handphone. Bisa anda perhatikan pada lubang headset smartphone anda yang berbentuk lonjong seperti itu lah ujung dari kabel adapter AUX. Sebelum anda membeli kabel adapter AUX, anda harus benar-benar memastikan pada head unit mobil anda terdapat fitur AUX dengan memerhatikan apakah terdapat slot port AUX atau tidak seperti gambar di atas. Selain itu, anda harus benar-benar memastikan bahwa port AUX tersebut merupakan port AUX in atau input bukan output karena outputnya dari hp dan inputnya ke head unit mobil.


Koneksi AUX tidak memiliki tampilan khusus pada head unit baik itu Single Din atau Duoble Din, dimana ketika dicolokkan dan anda hanya perlu memutar lagu dari hp dan diputar langsung pada audio mobil. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak video di bawah ini.


Jika anda ingin membeli kabel adapter AUX, banyak anda bisa jumpai di beberapa ecomerce besar di Indonesia. Salah satunya anda bisa mengunjungi link ini di Lazada, tetapi ini hanya contoh bukan yang terbagus karena menurut ulasannya masih ada bunyi noise yang muncul. Bahkan saya menemukan di Tokopedia yang sekaligus mendapat receiver Bluetooth. Bagi anda yang pernah mencoba atau punya pengalaman mohon untuk dishare disini agar dapat membagi ilmu ke yang lain. Untuk koneksi AUX ini tidak bisa saya coba sendiri karena pada head unit mobil saya hanya terdapat koneksi USB.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara menghubungkan hp ke head unit mobil dengan fitur AUX, jika terdapat kekeliruan mohon dikoreksi, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



3 comments:

  1. LUXIO sy thn 2013 tipe X,head unitnya blm ada vitur Aux dn USB. Sy ingin menabah kabel Aux. Mohon sher info pemasanganya dn bentuk ukuran soket kabel Auxnya. TRMKSH...

    ReplyDelete
  2. Permisi mau tanya kalo triple din gabisa ya?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, klo ke honda city pake usb, kabel data. Ga bisa terhubung itu kenapa ya? Tapi ada vitur AUX satu lagi lupa namanya.

    Cara mengatasinya gimana agar bisa terhubung ke mobil honda city? Mohon penjelasannya min
    Thanks

    ReplyDelete