Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Sunday 5 November 2017

TANAMAN DAUN WARNA HIJAU GELAP DENGAN TEKSTUR DAUN ROBEK BERLUBANG MENJADI ELEMEN DEKORASI RUANGAN

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai tanaman yang memiliki daun berwarna hijau gelap dengan tekstur daun robek-robek berlubang yang menjadi trend elemen dekorasi ruangan saat ini. Bagi anda yang suka dalam hal mendekorasi ruangan, tentunya sering melihat tanaman ini menjadi elemen dekorasi ruangan pada foto-foto inspirasi desain ruangan interior rumah. Mungkin ada dari anda yang belum mengetahui nama dari tanaman ini, untuk itu saya buat artikel ini untuk membantu anda yang mencari informasi mengenai tanaman ini.


MONSTERA lengkapnya Philodendron Monstera dengan nama ilmiah Monstera Deliciosa adalah nama dari tanaman yang saat ini sedang menjadi trend elemen dekorasi ruangan yang memiliki ciri khas daun lebar dengan warna hijau gelap dan terdapat corak atau tekstur robekan teratur di sekitar pinggiran daun. Tanaman ini aslinya berasal dari hutan Meksiko. Daun tanaman ini sekilas mirip dengan daun talas hanya saja yang menjadi ciri khasnya yaitu corak robekan pada daunnya. Orang Indonesia banyak yang mengatakan tanaman ini Janda Bolong tetapi sebenarnya tanaman ini berbeda dengan janda bolong karena tekstur robekan pada daun monstera sampai bagian tepi daun sehingga menimbulkan pattern seperti lekukan-lekukan teratur sedangkan janda bolong tanaman yang terdapat tekstur bolong-bolong di bagian tengah daun.


Tanaman Monstera menjadi trend elemen dekorasi ruangan saat ini karena tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya dan dapat ditempatkan di dalam ruangan indoor atau outdoor. Tanaman ini ikut naik seiring dengan tema design interior yang juga sedang trend saat ini yaitu tema Tropical, dimana tema ini berhubungan dengan hal tropis seperti iklim di Indonesia dengan perpaduan unsur tanaman dan warna Scandinavian serta juga dapat dipadukan dengan unsur Bohemian. Tidak hanya sebagai elemen dekorasi tanaman, daun monstera yang cantik ini kerap menjadi desain motif cusion atau bantal sofa dan beberapa dijadikan isian motif dalam frame foto ruangan dengan bingkai kayu.

( credit : @roomdestore )

Ukuran daun dari tanaman Monstera ini akan besar jika langsung ditanam di area luar atau ditanah langsung sedangkan jika diletakkan di tengah ruang dengan media pot maka daun yang dihasilkan tidak begitu lebar hanya seukuran telapak tangan orang dewasa. Perawatannya pun sangat mudah, hanya perlu disiram sekali dalam sehari. Saat ini monstera sudah dapat banyak dijumpai pada lapak penjual tanaman atau jika ingin lebih mudah banyak yang menjual monstera via online seperti instagram atau via ecomerce seperti Tokopedia.

Perlu diperhatikan, tanaman Monstera ini ternyata tanaman beracun oleh sebuah penelitian dengan media tikus dimana tikus tersebut diberi makan ektrak dari tanaman monstera ini dan seketika tikus tersebut mati. Untuk itu ada baiknya bagi anda yang memelihara tanaman ini agar menjauhkannya dari jangkauan anak atau peliharaan yang dapat memakan daun dari tanaman ini. Jika ingin lebih aman, anda dapat menggunakan replika atau artificial dari tanaman monstera. Hanya saja yang baru saya ketahui artificial ini hanya baru berupa tangkai dan daun seperti yang dipost pada akun instagram @neohomeliving.

Sekian yang dapat saya share mengenai monstera tanaman yang saat ini menjadi trend elemen dekorasi ruangan dengan ciri khas daun lebar berwarna hijau gelap dan tekstur daun robek berlubang teratur, semoga dapat bermanfaat...



No comments:

Post a Comment