Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Friday 10 November 2017

CARA EDIT FILE HOST

Kali ini saya ingin sharing sedikit informasi mengenai cara edit file host dan kendala yang biasa ditemukan. Jika anda biasa mendownload sebuah software dengan menggunakan c**ck tentunya ada yang menyarankan untuk mengedit file host dalam instruksi instalasi software tersebut. Untuk cara edit file host sama seperti edit pada biasanya hanya anda memerlukan sebuah editor untuk mengeditnya. Saya sendiri biasa menggunakan editor Notepad ++, anda bisa mencari installernya free di Google.


Saya sendiri kurang mengetahui apa tujuan dalam mengedit file host, mungkin ada hubungan dengan akses firewall karena biasanya kita diminta untuk edit dan menambahkan beberapa script yang berisi IP. Nah mungkin ada dari anda yang kebingungan untuk mencari direktori dimana tempat file host tersebut berada. Anda bisa melihat direktori di bawah ini :

C:\Windows\System32\drivers\etc

Jika anda sudah menginstal editor Notepad ++, hindari cara mengedit dengan cara klik kanan lalu kemudian open with Notepad ++. Saya sendiri mengalami hal ini, dimana setelah selesai menambahkan script tersebut kemudian menekan tombol save untuk menyimpan muncul alert berikut “ please check if this is opened in another program ”. Saya sempat kebingungan tidak tahu arti dari alert tersebut cukup lama karena setelah saya cek-cek, tidak ada program lain yang terbuka pada komputer saya apalagi file tersebut terbuka di program lain.

Akhirnya saya menemukan kendala dan arti dari error atau peringatan “ please check if this is opened in another program ” adalah error bawaan dari editor Notepad ++ itu sendiri. Cara untuk mengatasinya yaitu seperti sudah dijelaskan pada sebelumnya, jangan mengedit file host melalui cara klik kanan kemudian open with Notepad ++ melainkan pertama anda buka dulu editor Notepad ++ terpisah bisa klik icon Notepad ++ dua kali atau doble klik. Setelah aplikasi editor Notepad ++ terbuka, baru kemudian edit file host dengan cara klik File pilih menu Open, dari sini lah kita membuka file host dan mengeditnya. Setelah selesai editing anda bisa tekan tombol save dan peringatan tersebut tidak akan muncul lagi dan file bisa tersave seperti biasa.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara edit file host dan arti dari peringatan “ please check if this is opened in another program ”, semoga dapat membantu...



1 comment: