Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Thursday 30 November 2017

CARA MEMBERI WATERMARK PADA VIDEO DI ADOBE AFTER EFFECT


Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara memberi watermark pada video dengan menggunakan Adobe After Effect. Watermark adalah satu-satunya cara untuk menandai video karya kita dari tindakan pencurian atau reupload video sekaligus menjadi tanda hak cipta video milik kita, untuk itu pemberian tanda watermark merupakan salah satu hal yang penting. Anda yang sedang membaca artikel ini tentunya masih sangat awam dalam hal editing video, untuk itu kali ini saya coba membuat artikel ini untuk membantu memahami cara memberi watermark pada video. Jika anda kesulitan memahami dengan membaca tulisan ini, saya akan sediakan video tutorial agar lebih mudah pada bagian paling bawah artikel ini.

1. Untuk mengedit video, hal pertama yang harus dibuat yaitu composition dengan cara klik menu Composition pilih menu New Composition, untuk ukuran frame dan durasi bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan atau misalnya 720p.


2. Selanjutnya import video yang ingin diberi tanda watermark dengan cara klik menu File kemudian pilih Import dan pilih menu File, select video yang ingin diedit.
3. Drag atau tarik video yang telah diimport ke dalam kotak composition.


4. Import juga file watermark yang akan digunakan dengan cara seperti nomor 2 di atas, bisa menggunakan gambar dengan jenis jpeg atau png.
5. Tarik juga gambar watermark yang telah diimport ke dalam kotak compostion, pastikan gambar watermark berada pada posisi layer paling atas agar tidak berada di belakang video.


6. Sesuaikan ukuran watermark dengan menarik titik-titik pada gambar pada tampilan layar composition.


7. Atur durasi watermark pada kotak frame time indikator dengan menggeser CTI kemudian tekan tombol Delete untuk menghapus sisa durasi watermark.


8. Tahap akhir bisa dilakukan render untuk melihat hasil editing video.

Jika penjelasan di atas dirasa masih kurang jelas karena memang agak sulit memahami tutorial melalui tulisan, di bawah ini saya sediakan video tutorial memberi watermark pada Adobe After Effect yang lebih jelas dan detail.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara memberi watermark pada video di Adobe After Effect, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



1 comment: