Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 29 November 2017

CARA MEMOTONG VIDEO PADA ADOBE AFTER EFFECT

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara memotong video dengan menggunakan software editing Adobe After Effect CS6. Bagi anda yang sedang membaca artikel ini pastinya masih baru dan awam dalam hal editing video atau bahkan anda sedang memulai kegiatan menjadi Youtuber. Hal mendasar bagi seorang video creator yang belum pernah menggunakan software editing yaitu bingung untuk memotong video.


Seperti yang kita ketahui saat merekam atau membuat video, tentunya ada bagian yang lebih atau ingin dihilangkan dari keseluruhan rekaman video tersebut. Untuk itu saya buat artikel ini untuk membantu anda yang masih belum tahu cara memotong video menggunakan software Adobe Affter Effect (AAE). Jika anda kesulitan memahami dengan membaca tulisan ini, saya akan sediakan video tutorial agar lebih mudah pada bagian paling bawah artikel ini.

1. Setelah aplikasi AAE terbuka, pertama anda harus membuat Composition terlebih dahulu dengan cara klik menu Composition kemudian pilih menu New Composition, untuk ukuran frame dan durasi bisa disesuaikan tergantung kebutuhan, bisa sama dengan ukuran video atau misalnya 720p.


2. Tahap selanjutnya masukkan video ke dalam composition dengan cara klik menu File pilih Import kemudian pilih File lagi, pilih video yang akan diedit.
3. Tarik video yang diimport tadi ke dalam kotak composition.


4. Selanjutnya potong video sesuai interval waktu yang diinginkan dengan memperhatikan kotak frame time disamping kotak composition.


5. Agar lebih mudah anda bisa menggunakan tombol zoom frame time yang terletak dibagian bawah untuk mengatur tampilan rentang waktu apakah per 5 detik atau per 1 detik, dll.


6. Geser frame indicator atau CTI (Current Time Indicator) pada detik yang ingin dipotong.


7. Kemudian klik menu Edit pilih Split Layer atau anda bisa menggunakan tombol Ctrl + Shift + D, maka layer video akan terpisah menjadi 2 bagian.
8. Klik layer hasil pemotongan tadi yang berisi durasi video yang dipotong pada kotak composition kemudian tekan tombol Delete atau bisa menggunakan menu Edit lalu pilih Clear.


9. Tahap akhir geser indikator durasi video pada kotak frame indicator ke posisi awal, jika tidak digeser maka pada durasi kosong tersebut atau bekas potongan video akan muncul layar hitam kosong.


10. Setelah semuanya selesai, video bisa di render untuk melihat hasilnya.

Karena menjelaskan melalui tulisan mungkin akan sangat sulit untuk dipahami, berikut ini saya sediakan video tutorial untuk memotong video menggunakan Adobe After Effect lebih jelas dan detail, silakan untuk dilihat di bawah ini :


Sekian yang dapat saya share mengenai cara memotong video di Adobe After Effect, semoga dapat membantu dan bermanfaat... 



2 comments: