Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Thursday 30 November 2017

CARA MENGGABUNGKAN VIDEO PADA ADOBE AFTER EFFECT

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara menggabungkan video dengan menggunakan software editing Adobe After Effect. Bagi anda yang sedang membaca artikel ini tentunya masih awam dalam hal editing video. Menggabungkan video merupakan hal yang mendasar dalam sebuah proses editing video, hanya saja akan sedikit membingungkan jika kita masih asing dengan yang namanya software editing apalagi yang sama sekali belum pernah mengenal satu pun software editing.


Proses pembuatan video yang panjang tentunya terdiri dari beberapa proses take rekaman sehingga kita perlu menggabungkan beberapa footage menjadi satu buah video atau mungkin anda seorang yang suka membuat video kompilasi di Youtube pastinya akan sangat perlu menggabungkan banyak video. Untuk itu  saya coba membuat artikel ini untuk membantu anda yang sedang belajar cara menggabungkan video menggunakan aplikasi Adobe After Effect (AAE). Jika anda kesulitan memahami dengan membaca tulisan ini, saya akan sediakan video tutorial agar lebih mudah pada bagian paling bawah artikel ini.

1. Setelah aplikasi AAE anda terbuka, tahap pertama anda harus membuat composition terlebih dahulu dengan cara klik menu Composition kemudian pilih menu New Composition, untuk ukuran frame dan durasi bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan bisa disamakan dengan ukuran asli video atau misalnya 720p.


2. Selanjutnya anda import video yang akan digabungkan boleh sekaligus semua video atau satu-satu nanti diimport belakangan dengan cara klik menu File pilih menu Import kemudian pilih File, select video yang akan diimport bisa juga diblok sekaligus.
3. Geser atau drag semua video atau satu persatu juga boleh ke dalam kotak composition, setelah video muncul pada layar hitam composition anda bisa menarik ukuran video agar sesuai dengan frame yang sudah anda tentukan ukurannya sebelumnya.


4. Selanjutnya untuk menggabungkan video, hubungkan masing-masing indikator durasi masing-masing video sesuai urutan, letakkan ujung awal indikator durasi video selanjutnya pada akhir ujung indikator durasi video sebelumnya.


5. Setelah semua diletakkan sesuai urutan, tahap akhir bisa dilakukan render untuk melihat hasil video.

Agar dapat lebih jelas memahami, anda bisa menyaksikan video tutorial yang saya sediakan di bawah ini mengenai cara menggabungkan video pada Adobe After Effect dengan lebih jelas dan detail.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara menggabungkan dua video atau lebih di Adobe After Effect, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



2 comments:

  1. agar tepat memindahkan blok bar video ke 2 ke akhir blok bar di video 1 bagaimana ya

    ReplyDelete