Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Saturday 30 December 2017

ARTI KATA THO DAN PENGGUNAANNYA PADA AKHIR KALIMAT

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai arti dari kata ‘Tho’ dan penggunaannya pada akhir kalimat. Bagi anda yang sering bermain internet, media sosial atau menonton film, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Jika anda mencoba mencari arti dari kata ini di Google tentunya sangat membingungkan karena banyak sekali penjelasan yang berbeda mengenai kata ini. Jangankan di Indonesia, di luar pun kata ini sangat sulit untuk dicari arti kejelasannya. Setelah membaca beberapa sumber luar baik forum, artikel atau video, pada artikel ini saya akan coba bahas arti dari kata Tho ini menurut opini saya pribadi.



Saya mengupdate artikel ini di bagian paling bawah, bisa langsung di cek :)

Banyak yang mengatakan kata Tho berasal dari kebiasaan sms dan internet orang luar agar lebih singkat dalam mengetik. Kenapa lebih singkat ? Sebenarnya kata Tho ini merupakan hanya sebuah singkatan dari kata aslinya yaitu ‘Though’. Jika diterjemahkan menggunakan Google Translate tentunya akan menghasilkan arti ‘Meskipun, Walaupun, Namun, dll’. Tidak ada yang salah dengan hasil terjemahan tersebut hanya saja arti dari kata ‘Tho’ akan terlihat aneh dari beberapa bentuk penggunaannya. Untuk itu anda harus memahami maksud sebenarnya dari kata ‘Tho’ tersebut. Lalu apakah terdapat perbedaan arti dalam penggunaan kata ‘Though’ pada awal, tengah atau akhir kalimat ?? Sebelum itu saya akan coba jelaskan arti penggunaan kata ‘Though’ pada awal kalimat.

Seperti arti dari aslinya ‘Though’ = ‘Meskipun atau Meskipun Begitu, Namun

Banyak yang mengatakan penggunaan kata ‘Tho’ memiliki arti yang sama dengan penggunaan kata aslinya ‘Though’. Sebelum membuktikan ini, ada baiknya anda membaca beberapa penjelasan di bawah kemudian lanjut kesimpulan pada akhir artikel ini. Penggunaan ‘Though’ pada awal kalimat memiliki arti meskipun, namun, dll seperti terjemahannya dimana menyatakan sebuah kebalikan atau pertentangan dari argumen atau kalimat sebelumnya. Berikut ini contoh yang bisa saya sediakan :

  “Though their relationship had been ended. They still hangout together.”
  ( Hubungan/pacaran mereka sudah putus meskipun begitu mereka tetap biasa jalan bersama )

Penggunaan kata ‘Though di tengah kalimat memiliki arti yang sama dengan contoh penggunaannya di awal kalimat seperti pada contoh di atas. Lalu bagaimana dengan di akhir kaimat ??

Sebenarnya kata ‘Tho’ merupakan kata slang yaitu kata yang biasa digunakan pada percakapan tidak formal atau pergaulan sehari-hari/kata gaul dan pasti biasanya kata ‘Tho’ digunakan pada akhir kalimat dan ini lah yang artinya sering diperbincangkan baik di dalam maupun di luar negeri. Lalu apakah artinya sama dengan penggunaan kata ‘Though’ di akhir kalimat ?? Untuk itu lebih baik kita lihat dulu beberapa penjelasan versi yang saya dapatkan mengenai arti dari kata ‘Tho’ dan ‘Though’’ pada akhri kalimat.

1. Tidak menjawab pertanyaan/tidak persetujuan

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ untuk tidak atau menghindari menjawab pertanyaan atau tidak setuju dengan mencari cara lain untuk menyatakannya biasanya mencari masalah atau kendala pada pertanyaan tersebut.

     A : “Let’s go down to the club, bro” ...
     ( Ayo pergi ke club, bro ... )
     A : “It costs a tenner to get in, tho/though.”
     ( Biayanya 10 pound untuk masuk ... )

2. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘However/Namun

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Namun’.

     “She was very attractive, her hair was a mess, tho/though ...”
     ( Dia sangat apik namun rambutnya berantakan )

3. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘Except/Kecuali

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Kecuali

     “He looks great! That hair tho/though ...
     ( Ia terlihat keren kecuali rambutnya )

4. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘May/Mungkin

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Mungkin

   “You can say that to him if you want. He’ll kick on your ass tho/though ...
   ( Kamu boleh bilang ke dia jika kamu ingin, mungkin dia akan menendang pantatmu )

5. Momen yang tepat untuk mengakhiri seluruh statement dan argumen sebelumnya, sebagai imbuhan yang hanya untuk seru-seruan

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ yang biasa digunakan untuk mengakhiri percakapan agar lebih seru dengan mengimbuhkannya di akhir kalimat.

     “Its crazy tho ...”, “Isn’t that cool tho ...”, “She such a b*tch tho ...
     ( Itu gila gak sih ..., Bukan kah itu keren ..., Dia seperti pel*cur ya ... )

Pada penggunaan ini biasanya terdapat beberapa kalimat percakapan sebelum mengakhirnya dengan beberapa contoh kalimat di atas.

6. Memiliki arti ‘terlepas dari kenyataannya (despite the fact)’

Berikut ini merupakan contoh penggunaan kata ‘Tho’ yang sebenarnya kalimat balasan terakhir itu digunakan sebagai pendapat yang terlepas dari hal-hal atau argumen yang telah diucapkan sebelumnya.

     “His song really bad. He acts like a king ... That tattoo tho/though ...
     ( Lagu dia sangat jelek. Ia bertingkah layaknya raja ... tapi tattoonya keren )

Dalam contoh di atas menggambarkan bahwa terlepas dari segala hal buruk pada orang tersebut baik itu lagunya jelek, tingkahnya buruk yang membuat anda tidak suka dengannya tetapi ada hal lain yang terlepas dari itu semuanya yang masih anda sukai yaitu dia memiliki tattoo keren.

KESIMPULAN

Banyak juga yang mengatakan bahwa kata ‘Tho’ di akhir kalimat memiliki arti yang hampir sama dengan kata ‘Tapi’. Hal ini menurut saya benar saja. Kesimpulan yang dapat diambil dari semua contoh di atas yaitu :

Kata ‘Tho’ dan ‘Though’ pada akhir kalimat memiliki arti yang sama hanya saja tepatnya kata ‘Though’ digunakan lebih formal sedangkan kata ‘Tho’ merupakan Slang dan digunakan pada pergaulan remaja sehari-hari baik itu di internet atau sosial media. Kata ‘Tho’ dan ’Though’ sebenarnya dari semua contoh di atas memiliki arti yang hampir sama yaitu despite the fact  atau terlepas dari fakta argumen atau kalimat-kalimat sebelumnya atau bisa juga dikatakan kebalikan/pertentangan dari kalimat sebelumnya. Misalnya terdapat sebuah Meme yang berisi gambar wanita cantik, rapi, anggun tetapi pada gambar tersebut rambutnya berantakan dan pada meme tersebut hanya berisi tulisan ‘That hair tho’ dimana keseluruhan penampilan dari wanita itu bisa kita katakan bagus hanya saja terlepas dari kebagusan itu semua hanya rambutnya yang berbeda yaitu berantakan. 
Sebelum lanjut, anda boleh menyimak video di bawah ini dari seorang learning vlog di Youtube yang membahas arti dari kata Tho mulai pada menit 3:55 :


Kebetulan saya habis menonton sebuah movie luar jika anda tahu nama movie tersebut ‘Baby Driver’, dimana terdapat beberapa percakapan di dalamnya yang menggunakan kata ‘Though’. Berikut ini merupakan 4 percakapan tersebut :

- Percakapan Pertama

      

     “You see JD over there ? Now, JD’s a idiot. But you a bright boy, though ...”
     ( Kamu lihat JD disana ? Sekarang JD seorang idiot. Tetapi kamu laki-laki cerdas )

Bisa dilihat pada kalimat di atas, orang tersebut bermaksud mengatakan JD temannya tersebut idiot tetapi setelah itu dia membandingkan temannya tersebut dengan yang diajak bicara bahwa dia cerdas. Disini terdapat makna kebalikan terhadap sesuatu yang idiot dengan sesuatu yang cerdas dalam hal ini orang.

- Percakapan Kedua

     

     “You’re a good driver. You’re a bad liar though ...
     ( Kamu pengemudi yang hebat. Kamu pembohong yang buruk )

Dalam kalimat tersebut bermaksud mengatakan bahwa orang yang diajak berbicara tersebut seorang pengemudi yang hebar handal, terlepas dari itu semua tetapi dia sangat buruk dalam berbohong. Disini juga terdapat makna kebalikan dimana ada pujian kebaikan dan dibalas dengan statement keburukan.

- Percakapan Ketiga

     

  “That is nice. Umm..but they got me pulling doubles this week, though ...
  ( Itu menyenangkan. Umm..tetapi mereka mengharuskanku datang kerja doble minggu ini )

Kalimat di atas menerangkan awalnya wanita tersebut senang dan ingin dengan ajakan laki-laki tersebut untuk dinner atau makan malam tetapi terdapat kendala pada pekerjaannya. Disini terdapat sebuah hal yang baik atau menyenangkan tetapi terdapat kendala hal yang buruk kerjaannya.

- Percakapan Keempat

     

  “I still can’t get used to the fact that your real name is Miles. It’s a cool name, though ...
  ( Aku tetap tidak dapat menerima fakta bahwa nama asli kamu Miles. Nama yang keren )

Pada kalimat ini menjelaskkan terlepas dari ketidakpercayaan wanita tersebut pada fakta nama asli laki-laki itu tetapi dia suka dan beranggapan nama tersebut keren.

UPDATE !

Mohon maaf jika ada salah dalam artikel, disini saya mendapat referensi terbaru mengenai pengertian kata "tho" yang saat ini memang lebih merujuk ke kata Slang, untuk lebih jelasnya anda bisa cek video di bawah ini, Naila merupakan Youtuber yang sering saya jadikan refernsi dalam belajar bahasa Inggris bisa dikatakan dia seorang Native Speaker karena dia pernah berada cukup lama diluar negeri aksennya juga sangat bagus, langsung saja cek video di bawah ini :


Sekian yang dapat saya share mengenai arti dari kata Tho dan penggunaan Though di akhir kalimat, jika terdapat kekeliruan saya mohon maaf mari kita perbaiki dan saling share di komentar di bawah untuk menambah wawasan teman-teman lain yang juga ingin mengetahuinya, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



20 comments:

  1. Replies
    1. Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK IL

      Delete
  2. Sangat, sangat membantu sekali. Dapat informasi dan ilmu baru, thanks 👍🏻

    ReplyDelete
  3. I still find out , what does pulling doubles mean? Could u help me? Btw, Thanks anyway

    ReplyDelete
    Replies
    1. I think it just like an extratime on work not as usual cmiiw...

      Delete
  4. Mungkin kah though itu artinya "sih"?

    ReplyDelete
  5. Is the use of "tho" the same as "desu" in Japanese? It means nothing, it doesn't matter whether it's used or not ... CMIIW

    ReplyDelete
  6. He has an arab accent tho.
    Bener gak sih kimak?

    ReplyDelete
  7. Kalo w tho itu = too = juga.
    Bener gakx?

    ReplyDelete
  8. nice post. please post another familiar word that usually used:)

    ReplyDelete
  9. So much helpful.. thankyou :))

    ReplyDelete
  10. Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Akhir Kalimat - Sekilasinfo >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete