Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Friday 5 January 2018

CARA MENAMBAHKAN MUSIK DI INSTAGRAM STORY

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara menambahkan musik pada instagram story. Tentunya jika anda mencari artikel ini sudah pasti sering melihat banyak instagram seseorang yang berisi lagu di dalamnya kemudian anda ingin mencari tahu bagaimana cara memainkan atau memutar lagu atau musik di instagram story. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan coba bahas bagi anda yang belum mengentahuinya.


Terdapat 2 cara yang saya ketahui untuk memberi lagu atau musik pada instagram story. Masing-masing cara ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Langsung saja saya akan bahas mulai dari cara yang pertama.

Cara Pertama, yaitu menggunakan sumber musik dari media lain

Cara ini sudah banyak sekali dibahas oleh beberapa sumber karena sangat umum digunakan. Menggunakan sumber musik dari media lain juga terdapat dua cara. Cara Pertama, yaitu menggunakan aplikasi pemutar musik seperti Spotify, JOOX, dll. Cara ini mengharuskan anda menggunakan aplikasi pemutar musik yang jika di minimize aplikasi tersebut musik atau lagu masih tetap berputar tidak terhenti seperti aplikasi Youtube yang ketika di minimize akan pause. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :


1. Buka aplikasi pemutar musik anda baik Spotify, JOOX atau lainnya, pilih lagu yang akan dijadikan sebagai backsound instagram stories anda kemudian putar.
2. Minimize aplikasi pemutar musik jangan di close.
3. Buka aplikasi instagram kemudian lanjut buat instagram story seperti biasa.
4. Lagu yang diputar contoh di Spotify akan secara otomatis menjadi backsound instagram story anda yang terekam melalui microphone handphone anda. Disini anda hanya perlu mengatur timing atau waktu menit dimana part lagu yang ingin anda masukkan sebagai backsound.

Kekurangan cara ini yaitu anda tidak bisa menggunakan gambar sebagai tampilan instagram story anda karena anda harus membuat instagram story dengan tipe video untuk dapat merekam suara lagu yang berasal dari aplikasi pemutar lagu. Biasanya banyak orang menggunakan cara ini jika tidak ingin menampilkan visual video, mereka menutup kamera sehingga tampilan instagram story hitam dengan ada backsound lagu serta tambahan beberapa teks di dalamnya.

Selain cara di atas, terdapat satu buah cara lagi untuk menghasilkan sumber lagu atau musik. Cara Kedua, yaitu menggunakan media laptop atau speaker aktif. Caranya hampir sama dengan cara pertama di atas, anda hanya perlu memutar lagu di laptop atau menggunakan speaker aktif anda kemudian merekam instagram story seperti biasa. Hanya saja disini kelemahannya anda harus merekam instagram story dengan jarak yang dekat dengan laptop atau speaker agar terdengar jelas pada insta story anda.

Cara Kedua, yaitu menggunakan aplikasi editing video

Cara ini merupakan alternatif lain dari cara yang banyak dibahas di internet, hanya saja memang agak lebih ribet menggunakannya. Menggunakan aplikasi editing video ini terdapat dua aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi Pertama, yaitu Adobe Premier Clip.


Anda bisa mendownload aplikasi ini pada smartphone anda baik di Playstore atau Apple Store. Untuk memasukkan musik pada instagram story menggunakan aplikasi Adobe Premier Clip, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Setelah selesai download dan install aplikasi Adobe Premier Clip, buka aplikasi tersebut.
2. Pada tampilan awal halaman My Project, klik menu yang berbentuk tanda Panah di pojok kanan atas.


3. Setelah itu akan muncul tampilan menu untuk memasukkan file video atau gambar yang akan digunakan sebagai instagram story, jika sudah ada di galeri hp anda bisa pilih On my Phone atau bisa langsung buat baru dengan menu Take a Photo or Video.
4. Selanjutnya setelah memilih akan muncul tipe projek, saya sarankan pilih Freeform agar bisa customize.


5. Anda bisa mengatur durasi video dengan menggeser panah durasi, disini maksimal durasi yang bisa dibuat hanya 10 detik.


6. Untuk menambahkan musik, tekan tombol icon Lagu pada bagian atas kemudian akan muncul pilihan galeri musik di smartphone anda, tinggal pilih lagu yang akan digunakan.
7. Setelah Add lagu, anda bisa tekan kembali tombol icon Lagu untuk menyesuaikan detik durasi lagu yang ingin digunakan dengan menggeser Indikator Durasi lagu.


8. Terakhir untuk menghilangkan efek slideshow bisa tekan menu Setting yang berbentuk roda gerigi, kemudian nonaktifkan Photo Motion dengan menggeser indikatornya.
9. Untuk save edit video yang sudah dibuat, tekan menu Save yang berbentuk kotak berisi tanda panah ke atas, kemudian pilih Save to Camera Roll.
10. Selanjutnya anda tinggal menggunggah video edit ini pada instagram story anda dengan cara biasa melalui aplikasi Instagram.

Untuk kelemahan dari aplikasi pertama ini akan saya bahas setelah aplikasi kedua. Lanjut aplikasi Kedua, yaitu InShot. Sama seperti aplikasi pertama, InShot bisa juga anda download di Playstore atau Appstore.


Untuk menambahkan lagu pada instagram story menggunakan aplikasi InShot sebenarnya hampir mirip dengan langkah aplikasi pertama, untuk lebih jelas bisa ikuti langkah di bawah ini :

1. Setelah download dan install aplikasi InShot, Buka aplikasi.
2. Pada tampilan awal pilih menu Video kemudian akan muncul pilihan galeri smartphone anda, jika ingin menggunakan gambar atau photo bisa geser ke Tab Photo.


3. Setelah photo dipilih anda akan menuju tampilan editing. Untuk menambah durasi video bisa pilih menu Trim. Sama halnya dengan aplikasi pertama, pada aplikasi ini juga durasi maksimal hanya 10 detik.


4. Untuk menambahkan musik bisa tekan menu Music kemudian pilih Tracks. Selanjutnya tinggal pilih lagu yang akan digunakan untuk instagram story anda.
5. Nah akan muncul durasi lagu berwarna merah muda, klik dua kali pada indikator durasi tersebut untuk mengatur durasi mulai lagu yang akan digunakan.


6. Geser panah yang disebelah kiri pada detik atau menit durasi mulai lagu akan digunakan.


7. Untuk mengatur lebar canvas bisa klik menu Canvaz. Disana juga sudah terdapat format canvaz untuk Instagram.
8. Untuk save tekan tombol Save yang berbentuk kotak berisi tanda panah ke atas.
9. Anda tinggal menggunggah video hasil edit ini pada instagram story anda dengan cara biasa melalui aplikasi Instagram.

Saya sendiri lebih menyukai menggunakan InShot karena terdapat pengaturan canvaz karena jika menggunakan Adobe Premier Clip, saat digunakan sebagai insta stories gambar akan menjadi kotak kecil di tengah sedangkan pada aplikasi InShot lebih mending karena ada pengaturan canvaz untuk Instagram walau hasilnya juga kurang maksimal tidak bisa fit seukuran layar hanya lebih besar dari tampilan Adobe. Jika dibandingkan dengan cara pertama menggunakan perantara alat pemutar musik, tentunya cara kedua lebih bagus karena musik yang terdengar lebih bersih karena langsung asli dari lagu tersebut sedangkan cara pertama musik direkam melalui microphone handphone. Terakhir, pada cara pertama unggul karena bisa sambil membuat visual instagram stories dengan tipe video tetapi tidak bisa tipe gambar atau photo sedangkan cara kedua kebalikannya unggul bisa menggunakan tipe photo atau gambar tetapi tidak bisa menggunakan visual tipe video.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara menambahkan lagu di instagram story, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



2 comments:

  1. Stories (Snapgram) pada dasarnya merekam momen tertentu dengan durasi yang singkat (hanya 3-60 detik). Maka cara paling mudah untuk menambahkan lagu ke stories kita ialah merekamnya bersamaan dengan momen yang ingin kita rekam. Cara ini memang belum tentu dapat menghasilkan suara lagu yang bagus. Meskipun begitu tetap patut kamu coba selagi cara ini begitu mudah dan mengasyikkan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, saya baru saja mencari informasi tentang topik Cara Menambahkan Musik ke Cerita Instagram ini untuk sementara waktu dan Anda adalah yang terbesar yang saya temukan sejauh ini. Saya akan mem-bookmark blog Anda. Saya puas mencari banyak informasi berguna di sini dalam publikasi. Terima kasih telah berbagi.

    ReplyDelete