Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Thursday 7 December 2017

GOOGLE ADSENSE BLOG VS YOUTUBE, MANA YANG LEBIH BAGUS ?

Kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai perbandingan antara Google Adsense Blog VS Google Adsense Youtube manakah yang lebih bagus. Seperti yang kita ketahui saat ini platform Youtube sedang sangat banyak diminati oleh pencari atau penikmat informasi dan hiburan. Hal ini juga mulai mendorong minat banyak orang untuk mencoba mencari uang di internet melalui akun Youtube. Mungkin ada juga dari anda seorang blogger yang juga tertarik untuk mencoba keberuntungan di Youtube. Oleh karena itu, pada artikle ini saya akan coba untuk membahas perbandingan antara Google Adsense Blog dan Youtube menurut pandangan atau opini pribadi saya sendiri berdasarkan beberapa hal yang saya ketahui dan temukan.


Pasti ada beberapa dari anda yang bertanya mengenai hal ini karena merasa penghasilan dari Google Adsense Blog yang sangat kurang sedangkan banyak orang yang mendapat penghasilan besar dari Google Adsense Youtube. Menurut dari analisa yang saya lakukan, sebenarnya cara pendapatan yang ditawarkan oleh Google Adsense Blog dan Youtube keduanya sama, hanya saja ada beberapa faktor yang membuat salah satu diantaranya lebih terlihat menghasilkan. Seperti yang kita ketahui sumber penghasilan sebuah akun GA (Google Adsense) tergantung dari jumlah traffic yang kita kenal pada Blog dan jumlah view yang kita kenal pada Youtube.

Hal di atas sangat tergantung dari beberapa faktor yang menjadi keunggulan atau kelemahan dari masing-masing platform. Jika kita berbicara tentang Blog, mungkin agak sedikit susah untuk mendapatkan jumlah traffic yang banyak sampai jutaan pembaca walau anda sudah melakukan teknik marketing dengan cara share artikel postingan anda ke beberapa sosial media. Berbeda dengan sebuah video di Youtube jika konten yang anda buat menarik dengan sampul yang juga unik disertai judul thumbnail yang heboh atau bahkan clickbait, tentunya sangat mudah bagi seseorang untuk terhipnotis mengklik video anda. Selain itu, pada Youtube juga terdapat fasilitas rekomendasi video yang bisa anda akali dengan memberi tag yang berkaitan dengan isu-isu yang lagi viral walau konten anda tidak berhubungan dengan tag tersebut. Jika kita menggunakan logika tentunya orang akan lebih tertarik mencari informasi atau hiburan dalam bentuk gambar bergerak daripada membaca artikel yang panjang yang cenderung membosankan. Ini merupakan salah satu keunggulan platform Youtube daripada Blog yang dapat lebih mudah mendatangkan revenue iklan pada akun Google Adsense.

Faktor kedua yaitu seperti yang kita ketahui saat ini hampir semua makhluk di dunia lebih suka menggunakan smartphone dibandingkan menggunakan komputer. Jika sedang berada diluar dan bosan, orang akan cenderung lebih suka membuka Youtube untuk mencari hiburan sedangkan artikel Blog akan banyak dicari jika seseorang sedang berada di depan komputer atau direct dari share postingan di sosial media. Sumber pendapatan GA kita ketahui berasal dari iklan, akibat banyak iklan nakal dan spam seperti pop up pada situs-situs aneh membuat banyak vendor browser untuk membuat aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan-iklan tersebut demi kenyamanan pengguna browser sedangkan pada smartphone tidak terdapat sotfware untuk memblokir iklan. Hal ini berdampak pada iklan GA di Blog yang sebenarnya posisinya tidak mengganggu karena kebijakan dari GA sendiri yang melarang peletakan iklan mengganggu dan ketat. Poinnya, karena penikmat Youtube kebanyakan pengguna smartphone jadi peluang iklan ditonton jauh lebih besar ketimbang penikmat artikel Blog yang kebanyakan pengguna browser. Selain itu, jika orang santai menonton video di Youtube pada smartphonenya misal sambil nongkrong atau mengobrol iklan yang biasanya ada di awal video yang biasanya 5 detik bisa di skip akan berpeluang ditonton sampai habis.

Berdasarkan pengamatan saya, dua hal di atas sangat mempengaruhi peluang yang ditawarkan oleh masing-masing akun GA Blog dan Youtube. Jika anda ingin bukti pendapatan real nyata youtuber, anda bisa cari video di Youtube dengan keyword gaji pertama youtube terdapat beberapa youtuber pemula yang memamerkan pendapatan dari akun GAnya. Pernah yang saya lihat, ada sebuah akun yang terdapat beberapa video dan 3 buah video prank tidak jelas yang viewnya antara 1-3 juta view dalam bulan itu dia menghasilkan pendapatan dari GA sebesar 9 juta rupiah. Sebuah channel beauty, kalau tidak salah ratu alifah dia juga share pendapatan Youtubenya sekitar 1 tahun dan ada sekitar 5 atau 7 video yang tembus view 1-2 juta dan video lainnya yang rata-rata 200 ribu dan puluhan ribu, total penghasilannya sudah mencapai 132 juta.

Jika dilihat memang terlihat GA Youtube menghasilkan lebih mudah dan banyak uang ketimbang GA Blog karena dipengaruhi faktor-faktor yang saya sudah bahas di atas. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan menjamurnya jumlah youtuber saat ini bahkan saya pernah menyimak kenaikan jumlah youtuber di Indonesia sendiri sekitar 200% menakjubkan. Banyak juga Youtuber sukses yang mengatakan bahwa pendapatan dari Youtube tidak seberapa, mungkin ini merupakan salah satu trik agar tidak banyak muncul saingan youtuber lainnya karena bisa kita lihat saat ini banyak sekali pilihan channel-channel yang membahas topik sama. Katakan lah vlog, anda bisa menjumpai ratusan vloger indonesia saat ini di Youtube. Saya sendiri aktif di Youtube sudah 3 tahun lalu, saat itu hanya beberapa vloger yang saya kenal salah satunya mo vlog. Saat ini saya sendiri melihat jumlah vloger sudah sangat menjamur mungkin karena pendapatan GA Youtube yang menggiurkan membuat fenomena ini terjadi. Selain itu banyak media yang juga membuat channel Youtube bahkan televisi pun banyak mengupload acaranya di Youtube karena dapat menghasilkan pendapatan daripada acaranya di rekam oleh orang lain yang kemudian diupload dan memberi penghasilan kepadanya. Fenome lainnya juga banyak artis selebriti yang membuat channel Youtube baik artis yang sudah tidak laku kemudian membuat vlog atau artis yang ingin membuat sambilan sekaligus dapat promosi membuat namanya naik. Itu lah kenapa Youtube saat ini sudah sangat sesak oleh banyak video yang asal yang seharusnya dibuat dengan kualitas content creator disertai editing dan teknik camera yang baik.

Bagi anda yang tertarik, saran dari saya sendiri lebih baik jangan ikut-ikutan karena saat ini sudah banyak sekali sampah di Youtube baik itu reupload, konten dengan klik bait, konten dengan isi tidak penting, dll. Jika anda tertarik menjadi Youtuber ada baiknya melakukannya dengan passion, kenapa ? Karena jika passion anda disana, anda akan merasa senang melakukan hal tersebut tidak ada beban apalagi bermalas-malasan dan bukan karena teriming pendapatan GA yang besar itu akan membuat semua sia-sia karena pasti anda akan berhenti ditengah jalan. Kedua jadikan sebagai sampingan jangan jadikan sebagai pekerjaan utama, karena kita tidak tahu sampai kapan platform ini eksis. Selain itu, anda akan melakukannya sebagai sampingan untuk menyalurkan hobi anda jika itu dapat memberi penghasilan itu adalah keuntungan yang anda dapatkan dari hobi anda. Seperti yang saya lakukan, disini saya menulis artikel untuk sharing informasi yang saya ketahui barang kali ada orang yang membutuhkannya dan membantu mewujudkan mitos “ apa yang anda cari ada di Google ”.

Satu hal yang ingin saya bahas juga yaitu fenomena orang awam di Youtube yang sering komentar saling subscribe channel. Dude ? itu benar-benar tidak ada gunanya. Jika anda ingin pendapatan yang besar itu tergantung dari jumlah views video anda bukan dari jumlah subscriber anda. Subscriber itu tidak penting, itu hanya sebagai penanda untuk memberi notifikasi agar kembali menonton video terbaru anda. Lalu jika melakukan subscribe dengan saling tukar dan sepakat subscribe seperti itu apakah ada jaminan orang tersebut akan kembali menonton video terbaru anda ? Kecuali anda seorang figure, jumlah subscriber akan dibanding-bandingkan untuk menunjukkan tingkat kepopularitasannya. Selain itu, hal terpenting seberapa banyak penonton anda mengklik atau menonton iklan anda.

Sekian yang dapat saya share mengenai opini saya terhadap Google Adsense Blog dan Youtube serta perbedaannya, jika terdapat salah arti mohon maaf mari kita saling share dikomentar di bawah, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



7 comments:

  1. Jelas gan, saya di blog peluang Ads kecil bgt, 1000 banding 1 lah di bandingkan YouTube.

    Tapi ngeblog di jadikan hobi aja,ads biar mengalir begitu saja (my opinion)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan setuju dijadiin hobi aja jangan terlalu mikirin adsense, anggap aja adsense reward yang bisa bermanfaat dikemudian hari walau hasilnya kecil hehe

      Delete
  2. misi gan,

    kalau saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan adsense youtube.

    karena lebih menguntungkan dan mudah dalam mencari trafficnya! lagi pula kalau
    adsense blog itu proses reviewnya lama banget! belum lagi pake jemput PIN segala,
    ribet banget pokoknya!

    salam kenal!

    ReplyDelete
  3. banyak artis sekarang yang pindah youtube mereka ngeclog wkwk, tapi mendurutku dari pada ngevlog mending jadi content creator aja.. wkwk keliatan kreatifnya soalnya ..
    mantap anak muda indonesia semakin kreatif !
    power supply hp

    ReplyDelete
  4. saya menggunakan blogger, perbandingannya sih jauh banget gan, di blogger sekarang untuk menampilkan url di hasil utama saja susah. belum lagi mentingin seo nya, tp itu juga tantangan buat kita sih. salam kenal

    ReplyDelete
  5. artikelnya mantap, bikin kenyang dan sangat bermanfaat..

    ReplyDelete