Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 20 February 2018

OLEH-OLEH JAJANAN KUE KHAS KOTA BOGOR

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai oleh-oleh jajanan kue khas Kota Bogor. Sebelumnya saya sudah pernah juga membahas mengenai oleh-oleh khas Kota Bandung. Bagi orang yang sedang pergi ke suatu daerah atau kota untuk pertama kalinya, pastinya ketika akan balik kembali ke rumah hal yang sangat paling dicari yaitu oleh-oleh. Saya akan coba bahas satu lagi yang saya ketahui tentang oleh-oleh khas kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini.


Kota Bogor selain terkenal sebagai kota hujan juga terkenal dengan ciri khasnya sebagai penghasil ubi talas. Hal ini bisa anda lihat dari banyaknya pedagang penjual ubi talas di sepanjang jalan menuju Puncak Bogor. Oleh karena itu, terdapat beberapa olahan dari ubi talas yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Kue Lapis Ubi Talas merupakan salah satu kue oleh-oleh yang menjadi iconik atau ciri khas dari Kota Bogor ini. Pembuat olahan oleh-oleh kue lapis talas yang pertama, melegenda dan sangat terkenal di Bogor yaitu bernama Kue Lapis Talas Sangkuriang. Kue lapis talas ini sangat berbeda dengan kue lapis pada umumnya terasa dari tekstur kuenya yang sangat lembut bahkan jika dipegang dengan tangan kue ini bisa lentur ke bawah. Terdapat banyak sekali varian rasa yang ditawarkan oleh kue lapis talas Sangkuriang ini dan yang paling saya suka yaitu rasa cokelatnya karena saat digigit coklatnya sangat terasa di dalam kue lain dengan rasa lainnya seperti keju atau green tea yang berupa toping di atas kue, jadi ketika di makan toping ini lebih sering rontok jadi kurang terasa saat dimakan.

Harga yang ditawarkan untuk 1 kotak kue lapis talas Sangkuriang ini sekitar 35 ribuan. Mengenai lokasi toko kue lapis Sangkuriang terdapat beberapa cabang dan salah satunya yang banyak dikunjungi berada di Ruko Bantar Kemang, Jalan Raya Pajajaran, Baranangsiang, Bogor Timur atau anda bisa cek di Google Street View disini. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa cek di websitenya disini. Jika ingin lebih praktis lagi, anda bisa menggunakan jasa layanan seperti Gojek untuk membeli ke tokonya.

Saya sendiri belum pernah membeli langsung ke tokonya karena saat berada di Bogor dulu, saya tidak sempat kesana kemudian alternatif lainnya saya membeli di toko kue talas lainnya yang berada di sekitar terminal Baranangsiang dekat kampus IPB Bogor dan terminal DAMRI. Jika anda tidak sempat membelinya ke toko, kue lapis talas Sangkuriang ini juga bisa anda temui di terminal 2 keberangkatan Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Bandara Soetta jika anda menaiki maskapai Air Asia. Hanya saja tentunya harga yang ditawarkan disana akan jauh lebih mahal dari biasanya dikarenakan pajak bandara yang cukup besar. Kakak saya pernah membelinya di bandara dan katanya harga lebih mahal.

Sekian yang dapat saya share mengenai oleh-oleh jajanan kue khas Kota Bogor, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



No comments:

Post a Comment