Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Sunday 11 February 2018

AKIBAT BURUK JIKA TIDAK MEMANASI MOTOR MATIC SEBELUM DIGUNAKAN

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai akibat buruk jika tidak memanasi motor matic sebelum digunakan. Mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya seberapa penting memanasi motor matic sebelum digunakan ? Ada baiknya anda melakukan hal ini setiap kali sebelum motor anda digunakan setiap hari karena berdasarkan pengalaman saya yang pernah mengalami kesialan karena mengacuhkan hal kecil seperti ini yang bisa berdampak besar.


Dulu saat bekerja saya sering kali menghiraukan untuk memanasi motor terlebih dahulu di pagi hari sebelum berangkat karena selalu terburu-buru saat berangkat kerja dikarenakan tempat kerja yang cukup jauh. Suatu hari saya diajak teman untuk kumpul seusai kerja di suatu tempat di sekitar Denpasar. Seperti biasa karena terburu-buru saya tidak sempat untuk memanasi motor di pagi hari.

Setelah selesai kumpul bersama teman dan akhirnya balik sekitar pukul 1 pagi dari Denpasar menuju rumah saya di Tabanan sekitar 1 jam. Saya merasakan hal aneh pada motor saya karena terasa tidak seperti biasanya. Saat di gas motor saya terasa lambat dan seperti anginan kalau bahasa Balinya itu bebelan. Jika di gas keras motor tetap berjalan lambat tetapi banyak gas yang keluar dari knalpot. Selain itu, ketika melewati tanjakan juga motor sangat pelan sekali walau gas sudah besar sampai saya kawatir jika motor tidak bisa naik.

Pada akhirnya kesialan puncak saya terjadi ketika berada di perempatan stopan dan saat itu motor saya gasnya tiba-tiba mengecil dan akhirnya mati sendiri. Jarak ke rumah pun masih cukup jauh sekitar 10 menit dan saat itu pukul 1 pagi juga saya harus bekerja lagi besok pagi. Saya pun meminggirkan motor saya ke tepi dan mencoba starter menggunakan kaki. Hasilnya motor berhasil hidup tetapi saat digas motor tidak bergerak sama sekali. Saya pikir motor saya mesinnya sudah jebol atau layaknya kendaraan overheat. Beruntung saat itu ada warga yang punya warung masih buka dan menawarkan saya tumpangan untuk pulang dan motor saya ditinggal di bengkel sekitar jalan tersebut. Orang-orang disana mengatakan bahwa motor saya kepanasan karena mungkin tidak sempat dipanasi saat pertama kali jalan pada hari itu.

Mungkin itulah pengalaman sial yang pernah saya alami yang bisa dapat saya share mengenai akibat jika tidak memanasi motor matic sebelum digunakan, semoga dapat membantu dan bermanfaat...




No comments:

Post a Comment