Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Monday 5 March 2018

OLEH-OLEH JAJANAN KUE KHAS KOTA MANADO

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai oleh-oleh jajanan kue khas Kota Manado. Oleh-oleh merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dibeli jika anda sedang berada di luar kota baik sedang dinas kerja atau pun sedang liburan. Biasanya oleh-oleh yang paling umum dicari oleh kebanyakan orang yaitu berupa jajanan atau kue khas kota tersebut. Untuk itu saya akan coba bahas salah satu jajanan kue khas kota yang sangat dikenal dengan kecantikan gadis-gadisnya ini dari pengalaman saya saat tugas kerja di Kota Manado.

Kota Manado selain terkenal karena rumor gadis-gadisnya yang cantik juga memiliki ciri khas akan banyaknya pedagang di daerah ini. Jika anda melihat disekeliling tentunya akan banyak sekali terlihat bangunan ruko-ruko tua di pinggir jalan. Hal ini mungkin merupakan peninggalan bekas penjajahan oleh bangsa Belanda dahulu yang juga meninggalkan sebuah kue yang kental akan ciri khas Belandanya baik dari bahan maupun namanya dan sekarang menjadi kue icon yang terkenal dari Kota Manado.



Klappertaart merupakan nama dari kue satu ini yang terbuat dari bahan campuran gula, tepung dan bahan yang menjadi ciri khas sesuai namanya yaitu daging kelapa muda. Kue ini memiliki rasa yang unik berbeda dari kue lainnya dan tentunya sangat enak. Tekstur dari kue ini sangat lembut layaknya puding atau kue bolu basah karena berair karena berisi sedikit air kelapa serta terdapat beberapa lembaran daging kelapa muda di dalamnya. Disajikan pada mangkuk berlapis kertas aluminium foil dan atasnya dilapisi plastik bening. Kue ini akan terasa sangat enak sekali dan disarankan untuk dimakan dingin-dingin, oleh karena itu lebih baik simpan kue ini di dalam kulkas.

Harga dari kue klappertaart ini sangat beragaman tergantung dari ukuran kue itu sendiri. Dari ukuran yang paling kecil mulai dari harga sekitar 30 ribu hingga sampai ukuran yang sangat besar dengan harga 200 ribu. Saya sendiri lupa harga saat saya membeli kue klappertaart ini untuk ukuran sekitar 20 x 10 cm, rasanya sekitar 50-70 ribuan. Untuk tempat karena saat itu saya masih awam jadi asal beli saja di toko oleh-oleh yang lokasinya bisa anda lihat di link GoolgeStreet View disini tepatnya disebelah Warung Tuna House. Toko kue klappertaart yang sangat terkenal di Manado bernama Christine Klappertaart yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa langsung cek di websitenya disini dan di akun instagramnya @christineklappertaart. Bagi anda yang tidak ingin report-report datang ke toko untuk membelinya, mungkin anda bisa manfaatkan layanan Gojek atau Grab untuk membelinya.

Terdapat satu buah kendala yang kita temui pada kue ini untuk dijadikan oleh-oleh seperti yang saya alami dahulu yaitu karena kue ini berisi air kelapa di dalamnya jadi sangat rentan bocor saat di bawa pulang walau kemasannya sudah dilapisi plastik bening tetapi tetap saja masih rawan bocor. Seperti yang saya lamai dahulu, air kelapa dari kue ini menetes keluar dari tas saya saat berada di bandara. Serta kendala lainnya kue ini harus tetap berada pada suhu dingin di kulkas, jadi anda tidak bisa membiarkan kue ini berada lama-lama diluar kulkas atau jarak rumah yang jauh karena akan cepat basi dari air kelapa tersebut.

Sekian yang dapat saya share mengenai oleh-oleh jajanan kue khas Kota Manado, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



No comments:

Post a Comment