Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Friday 9 February 2018

TIPS AGAR MOBIL MANUAL TIDAK MUNDUR KETIKA BERHENTI DI TANJAKAN

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai tips berhenti dan jalan di tanjakan menggunakan mobil manual agar tidak mundur. Bagi anda yang masih baru belajar mengendarai mobil tentunya pasti akan pernah mengalami hal ini. Saya sendiri merasa sangat takut mengendarai mobil dalam kondisi ini dan setelah beberapa kali saya mencoba akhirnya saya menemukan inti dari permasalahan kenapa kita selalu merasa ketakutan jika mengendarai mobil dalam kondisi ini.


Tidak seperti mobil-mobil baru saat ini yang memiliki range harga menengah keatas yang sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist, anda sudah tidak perlu merasa kawatir lagi akan kondisi ini. Tetapi jika mobil anda tidak terdapat fitur ini seperti yang saya gunakan yaitu Jazz RS tipe GE 2009, akan merasa kawatir jika berhenti di tanjakan seperti macet di tanjakan atau lampu merah yang berada di tanjakan, ketika mulai jalan kembali saat melepas pedal kopling pasti merasa takut mobil mundur kebelakang dan menabrak bemper mobil yang berada di belakang kita. Hal ini biasanya dialami oleh pengemudi mobil yang baru belajar dan masih jarang membawa mobil. Untuk itu kali ini saya akan coba share sedikit tips serta analisa dari yang saya alami sendiri.

Sebenarnya terdapat sebuah trik yang umum dilakukan oleh pengemudi jika berada pada kondisi ini yaitu menggunakan pedal rem tangan. Bagi yang belum tahu, caranya sangat sederhana ketika anda berhenti di tanjakan karena macet atau lainnya saat anda sudah mengerem mobil selanjutnya anda tinggal pasang pedal rem tangan agar mobil tidak mundur dan anda pun bisa melepas pedal rem pada kaki. Kemudian ketika mulai jalan, anda hanya perlu melepas ¾ kopling serta menekan gas layaknya seperti jalan biasa setelah itu baru anda lepas pedal rem tangan. Jadi dengan cara ini tentunya anda tidak akan mengalami kejadian mobil mundur ke belakang. Akan tetapi cara ini biasanya dianggap kurang gentle bagi seorang lelaki serta terdapat sebuah kelemahannya yaitu anda akan memerlukan waktu yang sedikit lama untuk mulai berjalan karena harus memasang gas dan kopling setelah siap baru melepas rem tangan dan jika anda berada pada kondisi macet di tanjakan tentunya hal ini akan sangat melelahkan karena anda harus mengulang-ngulang memasang dan melepas rem tangan.

Sebelumnya saya juga terbiasa untuk menggunakan cara di atas tetapi kian lama saya mencoba untuk menganalisa dan mencari tahu inti dari permasalahan tersebut. Setelah saya simpulkan, sebenarnya trik yang anda butuhkan agar mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan yaitu Ketenangan dan Kecepatan. Jika anda berada dalam kondisi tidak tenang dan kawatir maka pada saat mulai jalan dan pedal kopling dilepas anda pasti secara otomatis akan berpikir mobil mundur jauh kebelakang sehingga memperlambat respon gerakan anda untuk menekan pedal gas. Mungkin saya akan coba bahas menjadi beberapa step agar anda lebih mudah memahaminya.

1. Saat akan mulai jalan, kaki kanan masih tetap berada pada pedal rem dan lepas pedal kopling sebanyak ¾ jangan sampai mati rasakan sampai batas maksimal kopling bisa dilepas.
2. Saat mulai berjalan ingat poin penting pertama yaitu Tenang, kemudian lakukan langkah berikut ini dengan Cepat, lepas pedal rem dan jangan merasa takut mobil akan mundur kebelakang karena sebenarnya hal ini wajar mobil mundur sedikit kebelakang tetapi jangan sampai anda lengah dan mobil mundur terlalu jauh.
3. Selanjutnya lakukan dengan cepat setelah melepas pedal rem pada langkah no 2, tekan pedal kopling sedikit saja dan pindahkan kaki kanan secara cepat dari pedal rem ke pedal gas dan tekan 1/3, tekan kedua pedal ini secara bersamaan, dan khusus pada pedal gas tekan pedal kemudian lepas layaknya anda menekan gas saat memanasi mobil tekan lepas secara cepat.
4. Saat menekan pedal gas pada langkah no 3, setelah tekan dan lepas tekan lagi pedal gas dan tahan sembari mengangkat pedal kopling sedikit demi sedikit agar mobil mulai berjalan.

Itulah trik yang saya lakukan ketika berhenti dan jalan kembali di tanjakan, sambung langkah-langkah di atas secara cepat dan lakukan juga secara cepat. Ingat mobil agak mundur sedikit itu wajar jadi jangan merasa takut karena biasanya mobil paling jauh mundur sekitar 30 cm.

Sekian yang dapat saya share mengenai tips agar mobil tidak mundur ketika berhenti di tanjakan, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



3 comments: