Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Thursday 14 September 2017

7 FITUR KESELAMATAN WAJIB PADA MOBIL

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai 7 buah fitur keselamatan yang wajib pada sebuah mobil. Jika anda saat ini sedang mencari sebuah mobil terutama ingin membeli mobil baru, ada baiknya anda lebih memerhatikan adanya fitur keselamatan yang mumpuni dalam mobil tersebut ketimbang anda hanya melihat dari merek dan bentuk eksterior atau interiornya. Sudah bukan hal asing lagi, masyarakat Indonesia lebih mengutamakan segi merk dan bentuk mobil daripada adanya fitur keselamatan pada mobil tersebut, hal ini juga direspon sama oleh para produsen pabrik mobil dalam memasarkan produknya di Indonesia.


Berkendara dengan mobil dapat menemui beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi di jalan baik karena faktor dari kendaraan itu sendiri maupun faktor dari sikap pengemudi. Demi mengurangi angka kecelakaan, banyak produsen mobil berlomba-lomba untuk membuat berbagai jenis fitur keselamatan. Dari beberapa fitur keselamatan mobil yang dibuat oleh pabrikan mobil, tentunya ada yang sering anda dengar tetapi tidak mengetahui arti dan fungsi dari istilah tersebut. Hal ini dikarenakan fitur keselamatan yang diperkenalkan oleh pabrik mobil hampir semua menggunakan istilah yang merupakan singkatan dari nama fitur tersebut. Berikut ini saya sajikan 7 fitur keselamatan yang wajib pada mobil menurut opini saya sendiri secara singkat, untuk lebih jelasnya dapat menuju link pada masing-masing judul :

1. SRS Airbags

SRS Airbags atau Supplemental Restraint System Airbag merupakan sebuah fitur keselamatan pada mobil yang berbentuk kantung udara, dimana kantung udara ini akan mengembang setelah sistem pada mobil mendeteksi adanya tingkat keras benturan yang dialami mobil dengan angka yang sudah ditetapkan. Airbag atau kantung udara mungkin hanya bisa kita jumpai pada mobil-mobil baru, mobil lama dibawah tahun 2000 mungkin banyak yang belum memakai airbag. Kantung udara airbag ini akan mengembang dalam hitungan milidetik sangat cepat ketika terdeteksi adanya benturan, sehingga dapat melindungi pengemudi mobil dari benturan pada kepala dan akan mengempis setelah beberapa detik. Biasanya pada mobil umum, airbag terdapat pada bagian steer dan dashboard mobil untuk melindungi penumpang depan tetapi saat ini sudah banyak mobil yang menyematkan airbag tambahan seperti pada pilar depan diatas dashboard mobil, pilar diatas seatbelt bahkan pilar bagian belakang untuk melindungi penumpang bagian belakang.

2. Three Point Seatbelt

Three Point Seatbelt atau Sabuk Pengaman Tiga Titik merupakan sebuah fitur keselamatan berupa sabuk pengaman pada sebuah mobil yang memiliki tiga titik pengait dan jauh berfungsi lebih efektif untuk melindungi pengemudi dari benturan atau terpental. Three Point Seatbelt ini merupakan penyempurnaan yang dilakukan oleh mekanik mobil merk Volvo dari metode sabuk pengaman sebelumnya, dimana dua titik pada bagian bawah pinggang dan satu titik di bagian bahu. Tiga titik ini dinilai lebih efektif untuk membuat pengemudi tetap berada pada posisi duduk normal jika terjadi benturan dan mencegah pengemudi terpental menghindari cedera kepala.

3. ESC

ESC atau Electronic Stability Control atau lebih sering didengar VSC (Vehicle Sability Control) merupakan fitur keamanan pada mobil yang dapat membantu pengemudi menghindari terjadinya lost control pada mobil mereka, dimana lost control yang dimaksud ketika ban pada roda mobil kehilangan traksi yang dapat menyebabkan terjadinya understeer atau oversteer seperti pada saat menikung cepat di tikungan tajam atau saat menyalip yang bisa sampai menyebabkan mobil terbalik. ESC akan bekerja mengecek bagian ban yang mengalami kehilangan traksi, kemudian secara otomatis akan menambah daya pengereman pada roda yang diperlukan untuk tetap menjaga kestabilan mobil biasanya dibantu sistem ABS dalam pengereman. Selain pengereman, sistem juga secara otomatis mengurangi kecepatan mobil. Fitur ESC dinilai sangat wajib pada sebuah mobil karena menurut studi menyatakan fitur ESC dapat membantu mengurangi hampir sebagian besar angka kecelakaan.

4. ABS

ABS atau Anti-Lock Braking System merupakan fitur keamanan pada mobil pada modul pengereman yang berfungsi untuk menghindari terjadinya pengehentian roda atau roda terkunci saat rem diinjak dengan keras dan mendadak. Hal ini sangat berfungsi pada jalan kondisi licin, mobil tanpa ABS saat rem diinjak keras maka roda mobil akan terkunci dan mobil masih tetap melaju sehingga terjadi slip dan tergelincir. Sistem ABS bekerja dengan membuka sedikit kampas rem secara bergantian melepas mengunci begitu seterusnya sehingga menghindari kejadian roda terkunci, dengan seperti ini sistem ABS juga mampu memperpendek jarak pengereman.  

5. EBD

EBD atau Electronic Brake Distribution merupakan fitur pengereman yang dapat mengatur secara otomatis distribusi atau penyebaran tekanan rem hidrolik pada masing-masing roda mobil sesuai kebutuhan berdasarkan tingkat beban dan kecepatan yang dipikul masing-masing roda. Contoh kejadian EBD yaitu jika mobil sedang menikung di tikungan tajam belok kanan tentunya beban roda bagian kiri akan sangat berat, jika mobil yang tidak menggunakan fitur EBD tekanan rem pada semua mobil akan sama sehingga mobil saat menikung akan bisa bergeser sedikit demi sedikit ke samping sedangkan mobil yang menggunakan fitur EBD akan mengatur tingkat pengereman pada roda bagian kiri jika tikungan tajam ke kanan akan mendapat tingkat rem yang lebih dalam dari bagian roda sebelah kanan. Fitur EBD saat ini banyak disematkan berpaketan dengan fitur ABS.

6. BA

BA atau Break Assist merupakan fitur keamanan dalam proses pengereman mobil dimana fitur ini akan membantu menambah daya tekan rem secara otomatis untuk membantu mendapatkan tekanan pengereman yang maksimal dalam kondisi darurat. Berbeda dengan EBD yang menganalisa dan memberikan porsi pengereman khusus pada masing-masing roda sesuai beban, BA mendeteksi adanya pengereman darurat dengan menganalisa kecepatan perpindahan injak dari pedal gas ke pedal rem yang akan dinilai sebagai pengereman darurat sehingga sistem secara otomatis akan menambah daya pengereman untuk memperpendek jarak. Seperti EBD, fitur BA juga banyak disematkan pada dengan fitur ABS + EBD + BA tetapi hanya pada kelas mobil tertentu.

7. HSA

HSA atau Hill Start Assist merupakan fitur keamanan pada sistem pengereman yang dapat mempermudah anda saat berada pada medan tanjakan atau kondisi macet antri, dimana fitur ini akan mencegah atau menahan mobil anda mundur kebelakang sesaat setelah melepas pedal rem. HSA bekerja dengan mengecek kemiringan body mobil selanjutnya akan dicek ketika pedal rem dilepas jika roda mobil bergerak mundur maka secara otomatis sensor akan memerintahkan untuk menahan pedal rem sementara dalam beberapa 2 - 3detik sampai pedal gas ditekan kemudian rem akan secara otomatis dilepaskan. Selang waktu ini memberi kesempatan kepada pengemudi untuk berpindah kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa kawatir mobil mundur ke belakang.

Saat anda membeli mobil, ada baiknya untuk menanyakan ketersediaan fitur-fitur yang saya sebutkan di atas demi keamanan dan kenyamaan anda berkendara dengan mobil. Memang sebagian besar fitur-fitur di atas hanya dapat anda jumpai pada mobil-mobil kelas menengah dengan harga di atas 300 juta tetapi ada beberapa fitur yang sangat penting dan sudah dipikirkan oleh pabrikan mobil untuk menyematkannya pada beberapa mobil kelas hatchback atau city car seperti Airbags. Hal ini dikarenakan banyak pabrikan mobil dalam menekan biaya produksi dan menghasilkan produk dengan harga murah melakukan pemangkasan pada beberapa fitur mobil. Selain itu, karena faktor masyarakat Indonesia juga yang lebih gila merk dan bentuk mobil daripada memerhatikan kemampuan dan fitur yang ada pada mobil tersebut, membuat pabrikan mobil melakukan hal tersebut. Hal ini juga lah yang menjadi banyak kritikan oleh reviewer-reviewer mobil dalam bidang automotif mengenai pabrikan mobil yang harusnya lebih mengutamakan fitur keselamatan dalam sebuah mobil selain mengutamakan bentuk dan harga mobil karena keselamatan merupakan hal yang utama.

Sekian yang dapat saya share mengenai 7 Fitur Keselamatan Wajib pada mobil, jika artikel ini membantu mohon dibantu share, semoga dapat bermanfaat...



2 comments: