Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Saturday 2 September 2017

APA ITU FITUR BA ( BREAK ASSIST ) PADA MOBIL

Kali ini saya akan sharing informasi mengenai fitur keamanan BA yang ada pada mobil. Seperti yang kita ketahui sekarang ini sudah mulai banyak teknologi baru yang diciptakan oleh pabrikan mobil. Konsentrasi pengembangan teknologi pada mobil kebanyakan mengutamakan dalam hal keselamatan untuk menunjang popularitas produk mereka. Sudah ada beberapa teknologi fitur keselamatan yang biasanya hanya bisa kita jumpai pada mobil kelas atas seperti ABS, EBD tetapi saat ini teknologi tersebut sudah bisa kita jumpai pada beberapa mobil kelas menengah. Hal ini dikarenakan persaingan diantara brand mobil mulai meningkat, dimana pabrikan saling berlomba menawarkan harga terjangkau dengan fitur yang menggiurkan. Salah satu fitur keamanan pada mobil yang tidak kalah penting yaitu BA.


BA atau Break Assist atau ada juga yang menyebut Emergency Break Asssist (EBA) adalah salah satu jenis fitur keamanan dalam proses pengereman mobil dimana fitur ini akan membantu menambah daya tekan rem secara otomatis untuk membantu mendapatkan tekanan pengereman yang maksimal dalam kondisi darurat. Terdapat penelitian yang menjadikan dasar dari fitur ini dikembangkan yaitu dimana banyak kecelakaan yang terjadi karena kurangnya daya tekan pengemudi mobil terhadap pedal rem yang diakibatkan oleh faktor panik sehingga rem hanya tertekan sedikit. Dengan adanya fitur BA ini dinyatakan mampu memperpendek jarak pengereman sebesar 20%. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini, dimana indikator break force atau tekanan rem dengan tingkat berbeda pada mobil dengan fitur BA dan tanpa fitur BA jarak pengeremannya pun menjadi lebih dekat.

( credit : http://www.tc.gc.ca )

Cara kerja dari sistem pengereman bantuan BA ini yaitu dengan menganalisa dari kecepatan pengemudi menekan pedal rem, dimana dalam hal ini yang dimaksud yaitu perpindahan kaki dari pedal gas pindah ke pedal rem. Jika perpindahan yang cepat diartikan oleh sistem sebagai keadaan darurat, selain itu jika tekanan pada pedal rem rendah maka fitur BA akan aktif secara otomatis dengan meningkatkan daya tekan piston rem. Selain pada keadaan darurat, fitur BA ini juga dapat membantu dalam keadaan jalan turunan dengan kondisi mobil yang berat seperti membawa barang yang banyak maka secara otomatis BA akan memerintahkan untuk menambah daya tekan rem. Tanda aktifnya fitur BA ini yaitu anda akan merasakan getaran pada pedal rem. Video di bawah ini memberitahu anda bahwa mobil dengan fitur BA akan memperoleh tambahan tekanan daya rem yang lebih kuat dibandingkan dengan mobil tanpa BA.


Selain fitur BA di atas, masih ada beberapa fitur keamanan yang semakin canggih hanya saja saat ini cuma dapat anda temukan pada mobil berkelas seperti Mazda, Volvo, Audi. Fitur tersebut semakin otomatis yaitu dengan menggunakan sensor jarak kendaraan ketika terdapat kendaraan di depan mobil anda dengan jarak tertentu maka mobil akan secara otomatis mengurangi kecepatan dan melakukan pengereman tanpa perlu menginjak pedal rem. Tetapi menurut pendapat saya sendiri ada baiknya produsen mobil mengutamakan fitur keamanan pada mobil karena itu merupakan hal yang penting dan riskan, dengan adanya tiga fitur ABS, EBD dan BA pada mobil dirasa sudah cukup membantu dalam meningkatkan keamanan dalam menggunakan mobil.

Sekian yang dapat saya share mengenai fitur BA pada mobil, jika artikel ini membantu silakan untuk dishare, semoga dapat bermanfaat...



No comments:

Post a Comment