Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Thursday 21 September 2017

CARA MENEMPATKAN KODE GOOGLE ANALYTICS DI BLOG TERBARU

Kali ini saya akan coba sharing informasi mengenai cara menempatkan kode google analytics di blog terbaru secara jelas. Mungkin sudah banyak situs lain yang membahas mengenai hal ini tetapi berdasarkan yang saya alami banyak situs yang hanya sekedar dalam menjelaskan langkah menempatkan kode google analytics tersebut. Hal ini lah yang membuat saya ingin sharing secara lebih jelas karena saya sendiri sempat kebingungan karena setelah saya tempatkan kode tersebut masih tidak berhasil dan ternyata ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.


Saya akan membahas penempatan kode google analytics dari yang awal saya lakukan sampai menemui masalah atau kendala, mengetahui penyebabnya dan mengatasinya. Barangkali saja ada diantara anda yang mengalami hal yang sama dengan saya. Bagi yang belum mengetahui apa itu Google Analytics saya tidak akan membahasnya karena juga sudah banyak sekali yang membahas hal tersebut singkatnya layanan Google ini bisa membantu anda mengetahui lalu lintas trafik pada situs anda baik jumlah pengunjung secara real time, lokasi pengunjung, konten yang banyak dikunjungi, behavior pengunjung, dll. Disini saya akan langsung saja bahas pada step menempatkan kode Google Analytics, saya beranggapan anda semua sudah paham cara mendaftar akun Google Analytics terlebih dahulu karena caranya sangat gampang seperti daftar akun biasa lainnya dan juga sudah banyak situs yang membahas hal tersebut.

Pertama, jika anda sudah selesai daftar akun Google Analytics tentunya akan dibawa pada halaman Kode Pelacakan seperti gambar di bawah ini yang berisikan ID Pelacakan, Status dan Kode Pelacakan.

Menurut artikel yang saya baca, langkah pertama yang saya lakukan yaitu menempatkan ID Pelacakan pada situs blog anda. Ingat jangan close tab halaman Google Analytics sampai terhubung. Caranya sangat mudah yaitu copy ID Pelacakan tersebut dan paste pada blog anda.
1. Masuk ke dashboard blogger anda, klik pada menu Setting atau Setelan.
2. Pilih submenu Other atau Lainnya.
3. Scroll paling bawah pada bagian Google Analytics terdapat ID Properti Web Analytics seperti gambar di bawah dan paste ID Pelacakan yang sudah di copy sebelumnya disini.


Langkah selanjutnya yang saya lakukan yaitu mengcopy Kode Pelacakan pada blog anda dengan cara yang sama yaitu mengcopy kode pelacakan tersebut dan paste pada halaman HTML blog anda.
1. Masuk ke dashboard blogger anda, klik pada menu Tema.
2. Klik tombol Edit HTML.
3. Lakukan search dengan meletakkan cursor di kotak kode html dan tekan Ctrl+ F.
4. Ketik </head> pada kotak pencarian.
5. Paste kode pelacakan tersebut tepat di atas kode </head> seperti gambar di bawah ini.
6. Tekan tombol Simpan atau Save.


Pada artikel lain mungkin tahap atau step yang diberikan hanya sampai di atas dan selanjutnya anda tinggal refresh pada halaman Google Analytics tadi dan cek statusnya apakah sudah ada respon atau belum. Setelah saya selesai copy paste Kode Pelacakan kemudian saya tekan tombol simpan muncul error script “ Kesalahan saat mengurai XML, baris 1940, kolom 15: Attribute name "async" associated with an element type "script" must be followed by the ' = ' character ”. Anda tidak perlu kawatir, karena saya sudah sempat search mengenai error ini, solusinya mudah yaitu dengan menambahkan =’async’ pada script error tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan script yang saya tandai di bawah ini.


Setelah menambahkan script tersebut saya coba kembali merefresh halaman Google Analytics dan hasilnya masih sama Status belum terhubung. Saya mencoba searching-searching kembali dan mencoba langkah kedua yaitu mengcopy paste kode Analytics.js pada blog. Kode ini berada tepat di bawah Kode Pelacakan dengan klik Lihat kode pelacakan untuk analytics.js seperti pada gambar di bawah ini.


Cara mengcopy paste kode analytics.js ini sama dengan cara sebelumnya di atas hanya saja bedanya anda meletakkan kode tersebut di atas kode </body>. Jadi, saat melakukan pencarian pada kotak html blog anda ketik </body> pada kotak pencarian. Untuk lebih jelas mengenai penempatan kode analytics.js dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Setelah copy dan paste kode analytics.js saya kembali mencoba merefresh halaman Google Anayltics dan hasilnya tetap sama Status masih belum terhubung. Sempat pasrah kebingungan, saya coba mencari penyebabnya dan akhirnya saya menemui kendalanya pada fasilitas bantuan Google Analytics. Hal ini disebabkan karena kesalahan saya saat mendaftar akun Google Analitycs dimana saya menulis situs web saya tanpa menggunakan ‘ www ’. Menurut pusat bantuan Google Analytics, status tidak akan bisa terhubung jika anda mengetik halaman situs anda tanpa menggunakan www atau menggunakan https karena format yang benar yaitu http://www.namasitusanda. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar di bawah, pastikan anda memasukkan data yang benar saat mendaftar.

Setelah merubah nama situs web sesuai format dan saya mencoba kembali merefresh halaman Google Analytics dan tampilan pun berubah, anda langsung diarahkan menuju Beranda Google Analytics yang berisi informasi real time traffic situs anda. FYI, data yang baru dapat ditampilkan selesai mendaftar oleh Google Analytics yaitu hanya data real time saja, anda perlu menunggu selama 1x24 jam waktu untuk Google Analytics mengambil data informasi trafik situs anda. Untuk yang belum mengetahui cara mengubah nama situs saat salah daftar Google Analytics, caranya sangat mudah diatas menu Info Pelacakan terdapat menu Setelan Properti, pada bagian URL Default anda bisa mengganti dengan format seperti gambar di bawah ini.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara menempatkan kode Google Anayltics pada blog terbaru dan lebih jelas, semoga dapat membantu...



2 comments:

  1. bagaimana kalo untuk blog harus di isi www juga broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. diisi bro, sama seperti blog ini saya juga isi www...

      Delete