Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Monday 4 September 2017

APA ITU FITUR HSA ( HILL START ASSIST ) PADA MOBIL

Kali ini saya akan sharing sedikit informasi mengenai apa itu fitur HSA atau Hill Start Assist pada mobil. Saat ini berbagaimacam fitur baru banyak disematkan oleh pabrikan mobil pada produk barunya. Mungkin sebagian dari anda masih ada yang bingung dengan beberapa fitur tersebut dikarenakan dipaparkan dalam iklan atau brosur dengan sebuah singkatan atau nama yang kurang familiar. Salah satu fitur yang akhir-akhir ini banyak menjadi pertimbangan banyak orang dalam membeli sebuah mobil yaitu HSA.

( credit : http://www.macuhoweb.org )

HSA atau Hill Start Assist memiliki juga istilah lain tetapi artinya sama ada yang menyebutnya HSC atau Hill-Start Assist Control adalah sebuah fitur pembantu atau bisa juga dibilang fitur keamanan pada sistem pengereman yang dapat mempermudah anda saat berada pada medan tanjakan atau kondisi macet antri, dimana fitur ini akan mencegah atau menahan mobil anda mundur kebelakang sesaat setelah melepas pedal rem. HSA ini dirancang berdasarkan pengalaman pengemudi mobil terutama bagi seorang pemula yang menggunakan transmisi manual, dalam menghadapi kemacetan pada jalan tanjakan akan merasa panik karena belum menguasai melepas kopling dengan baik sehingga kekawatiran mobil akan mundur dan menabrak bagian depan mobil yang berada dibelakang mobil. Biasanya bagi yang sudah mahir akan dengan tenang menginjak pedal gas dan membiarkan mobil mundur sedikit kemudian gas dengan cukup. Hal ini mungkin cukup sulit jika dilakukan berkali-kali dalam keadaan macet karena kita harus benar-benar merasakan tekanan pedal kopling. Terdapat teknik untuk tanjakan yang mengandalkan tuas rem tangan tetapi banyak yang menilai cara ini kurang praktis dan kurang macho bagi pria padahal sebenarnya cara ini bisa diandalkan dan aman.

Cara kerja dari fitur Hill Start Assist yaitu dimana sistem komputerisasi pada mobil akan mengecek kondisi kemiringan body mobil selanjutnya akan dicek ketika pedal rem dilepas jika roda mobil bergerak mundur maka secara otomatis sensor akan memerintahkan untuk menahan pedal rem sementara dalam beberapa detik sampai pedal gas ditekan kemudian rem akan secara otomatis dilepaskan. Selang waktu yang diberikan oleh fitur HSA saat aktif yaitu sekitar 2-3 detik walau pedal rem sudah dilepas mobil akan tetap dalam keadaan tertahan rem dan memberikan kesempatan untuk pengemudi berpindah kaki dalam detik tersebut untuk menginjak gas tanpa kawatir mobil akan mundur. Berikut ini merupakan video yang mensimulasikan dari kerja fitur HSA pada tanjakan.


Fitur HSA ini pada awalnya mungkin hanya dapat anda jumpai pada kendaraan berkelas atas namun saat ini selain sudah banyak disematkan pada beberapa mobil kelas menengah seperti HRV, fitur ini juga sudah bisa dijumpai pada mobil kelas city car atau hatcback. Kebanyakan anda akan menjumpai fitur ini pada kendaraan bertransmisi matic. Sebenarnya penciptaan fitur HSA ditujukan untuk kendaraan SUV seperti CRV yang banyak digunakan untuk menjajal jalan pegunungan yang menanjak tetapi beberapa pabrikan mobil menilai fitur ini juga dapat berfungsi di perkotaan seperti macet pada antrean loket karcis mall yang biasanya dibuat pada posisi menanjak. Biasanya fitur HSA disandingkan dengan beberapa fitur keamanan lainnya seperti ABS, EBD.

Sekian yang dapat saya share mengenai fitur HSA atau Hill Start Assist pada mobil, jika artikel ini membantu silakan untuk dishare, semoga dapat bermanfaat...



No comments:

Post a Comment