Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Search This Blog

Laman

Powered by Blogger.

CARA DOWNLOAD VIDEO DI FEMBED ATAU FEURL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara download video di Fembed.com atau Feurl.com di HP tanpa IDM. Saat ini banyak sekali ter...

Monday 11 September 2017

PENGALAMAN MENGIKUTI SELEKSI CAT ( COMPUTER ASSISTED TEST ) CPNS KEMENKUMHAM 2017

Kali ini saya akan sharing pengalaman saya dalam mengikuti seleksi CAT (Computer Assisted Test) pada CPNS Kemenkumham 2017. Tentunya bagi anda semua yang sedang atau pernah mengikuti seleksi CPNS sudah mengetahui tes CAT itu apa, anda akan melalui tes CAT dalam seleksi tahap pertama yaitu SKD (Seleksi Kemampuan Dasar). Tepatnya pada hari ini yaitu 11 September 2017, saya mendapat jadwal tes Seleksi Kemampuan Dasar hari pertama dan pada sesi ke 5 yang berlokasi di Kantor BKN X Regional Denpasar. Mungkin kali ini saya akan memberi seputar informasi dari awal sampai selesai tes. Sekedar informasi, tes CAT kali ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengikuti seleksi CPNS.

Untuk kalian yang ingin mencari aman, sebaiknya mematuhi segala informasi pengumuman dan syarat yang sudah disampaikan. Seperti datang 90 menit sebelum jadwal ujian yang kalian dapatkan, jika anda mendapat jadwal pukul 15.00 sebaiknya sudah ada di lokasi sejak pukul 13.00. Tadi siang saya datang lebih awal pukul 12.00, dan menyaksikan beberapa fenome diantaranya peserta yang disuruh pulang dan tidak diijinkan mengikuti tes karena datang terlambat. Selain itu, syarat lainnya yang ketat seperti penggunaan kemeja putih, celana hitam dan sepatu pantofel. Bagi anda yang ingin mencari aman, sebaiknya datang seperti yang disyaratkan layaknya pakaian anda melamar kerja kemeja putih polos tanpa corak, celana hitam kain dan sepatu pantofel karena saat saya menunggu juga ada beberapa peserta yang dipulangkan karena memakai kemeja bercorak, berwarna atau memakai celana jeans bahkan ada yang memakai sepatu coklat.


Sesampai di lokasi, terdapat tenda untuk menunggu bagi sesi selanjutnya sambil menunggu giliran untuk dipanggil untuk registrasi dan legalisir kartu tanda peserta. Hal yang perlu anda siapkan cukup KTP asli dan Kartu Tanda Peserta satu buah yang sudah ditempel foto 4x6 dengan latar berwarna merah 2 buah, ditempel menutupi foto yang terprint pada kartu tanda peserta. Selanjutnya tinggal masuk menuju ruang tunggu dan ruang tes CAT. Adapun beberapa informasi mengenai pelaksanaan tes CAT yang saya sudah lalui hari ini untuk bayangan bagi kalian yang besok atau hari berikutnya mengikuti seleksi CAT.

Berikut ini beberapa rule atau aturan pelaksaan sistem tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 yang diselenggarakan oleh BKN :
1. Soal SKD terdiri dari 100 buah soal.
2. 30 soal TKW (Tes Wawasan Kebangsaan), 30 soal TIU (Tes Intelegensi Umum) dan 40 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi).
3. Masing-masing soal TKW dan TIU bernilai 5 point, sedangkan TKP menggunakan skala 1-5 yang artinya semua jawaban pada TKP benar hanya saja dengan nilai poin mulai dari 1, 2, 3, 4 dan 5.
4. Tidak ada pengurangan nilai atau minus pada jawaban yang salah, jadi jika tidak tahu anda bisa jawab asal yang penting isi.
5. Total nilai dari semua soal berjumlah 500 poin.
6. Batas Passing Grade yang anda harus capai untuk TKW sebesar 75 poin, TIU sebesar 80 poin dan TKP sebesar 143 poin.
7. Anda harus mencapai atau melewati nilai passing grade tersebut untuk dinyatakan lulus sementara pada tes CAT ini, jika ada satu saja nilai passing grade yang dibawah batas baik TKW, TIU atau TKP akan dinyatakan tidak lolos.
8. Waktu yang diberikan 90 menit untuk mengerjakan 100 soal di atas.
9. Jawaban yang sudah disimpan masih dapat dikoreksi dengan interface sistem cat yang sangat mudah dioperasikan.

Setelah membahas mengenai rule pada sistem tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 di atas, selanjutnya saya akan menyampaikan opini saya dalam melalui tes CAT hari ini, NO OFFENSE ya !. Menurut saya tingkat kesulitan soal-soal tes CAT Kemenkumham 2017 kali ini cukup sulit karena sesuai dengan informasi BKN menggunakan soal-soal baru. Jadi, bagi anda yang sudah belajar banyak soal bersiap-siap terkejut karena saya sendiri yang sudah berlatih banyak soal baik dari internet atau membeli dari situs jasa latihan mengenai soal-soal cnps yang cukup terkenal dan hasilnya SATU PUN dari soal latihan tersebut tidak ada yang muncul pada tes CAT kali ini. Soal kali ini sangat baru bahkan cukup sulit karena konteksnya tidak umum seperti yang kita biasa jumpai misalnya konteks umum, pertanya mengenai hari lahirnya Pancasila tentunya pertanyaan ini sering anda jumpai pada latihan soal bahkan bisa anda jumpai dari sekolah tingkat SMP sampai SMA tetapi soal tes CAT kali ini benar-benar terasa asing dan jarang ditemui jadi anda jangan kaget.  

Selain konteks soal yang tidak umum ditemui, soal tes CAT Kemenkumham 2017 ini memiliki ciri soal yang panjang. Hal ini membuat saya merasa waktu 90 menit sangat kurang untuk mengerjakannya. Soal tes CAT Kemenkumham 2017 kali ini kebanyakan berisi mengenai sejarah, ppkn, padanan kata, numerik, penalaran, soal Bahasa Indonesia yang panjang-panjang dan anda tidak akan menemui materi bahasa inggris. Ini hanya menurut saya mungkin akan berbeda menurut pendapat anda nantinya saat mengalami, rasanya soal kali ini sangat sulit dijawab dengan nalar dan logika karena baru-baru dan jarang ditemui. Banyak dari teman-teman lain yang saya temui mengatakan banyak menjawab asal dan berpasrah pada kekuatan Tuhan hahaha. Tapi hal ini benar, anda cukup percaya jika Tuhan memang menghendaki anda kesana pasti anda akan diberikan jalannya walau anda menjawab asal.

For your information, nilai yang saya peroleh pada tes CAT kali ini dengan rincian TKW 90 lebih 15 poin dari passing gradenya 75, TKP 146 hanya lebih 3 poin dari passing gradenya 143 dan yang membuat saya tidak lulus yaitu TIU 75 dimana passing gradenya 80. Bagaimana jika anda menjadi saya apakah nyesek ? hahaha bayangkan jika ditelisik nilai TIU saya hanya kurang menjawab 1 soal benar dengan nilai 5 poin untuk mencapai passing grade 80 hahaha tapi saya legowo saja keep positif berati Tuhan belum menghendaki saya di Kemenkumham.

Bagi anda yang akan melalui tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 kali ini, mungkin beberapa tips yang dapat saya sampaikan untuk dapat melewati tes CAT ini berdasarkan pengalaman saya hari ini. Berikut ini tips lulus tes CAT Kemenkumham 2017 yaitu Pertama, anda harus memahami baik-baik nilai passing grade dengan waktu yang cukup mepet 90 menit. Melihat nilai passing grade TWK 75 yang berati anda harus menjawab 15 soal dengan benar, TIU 80 yang berati anda harus menjawab 16 soal dengan benar, sedangkan TKP tidak dapat diprediksi karena memiliki poin dengan skala 1 sampai 5. Karena berhubung soal baru, kurang umum dan panjang, ada baiknya anda melewati terlebih dahulu soal yang anda tidak tahu jawabannya atau ragu dengan berpatokan nilai minimal berapa soal pada masing-masing section TWK, TIU. Jadi, anda harus berpatokan untuk menjawab misalnya pada section TWK anda harus bisa menjawab 15 soal yang menurut anda benar jawabannya kemudian melewati beberapa soal TWK yang anda ragu lanjut ke section TIU. Kenapa saya katakan seperti ini, karena tujuan utamanya nilai anda tidak boleh satu pun yang berada di bawah passing grade. Jadi, usahakan minimal soal pada masing-masing section terpenuhi terlebih dahulu pada awal tes baru kemudian dengan sisa waktu yang ada menjawab soal yang ragu atau belum terjawab. Selaint itu, jangan berfokus pada soal yang susah. Misal, anda menemui soal yang susah pada section TWK dan menghabiskan banyak waktu yang menyebabkan waktu untuk menjawab soal pada section TIU dan TKP jadi lebih sedikit. Hindari juga soal yang panjang karena menghabiskan banyak waktu. Intinya usahakan menjawab minimal soal pada masing-masing section mulai dari awal start tes. Perlu diketahui, banyak peserta yang gugur karena nilai yang kurang pada salah satu section TWK atau TIU.

Section pada soal tes CAT tidak adan indikator yang mencirikannya, anda dapat membuat sendiri dengan menganalisa jika soal nomor 1 mulai dari pertanyaan berbau sejarah atau PPKN berati itu jenis soal TWK dan hitung sebanyak 30 soal dan selanjutnya itu merupakan soal TIU. Sekian yang dapat saya share mengenai pengalaman saya mengikuti tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 hari ini, mungkin anda memiliki beberapa trik sendiri untuk melewati passing grade, semoga dapat membantu...



92 comments:

  1. Twk banyak yg bener gitu sob, bearti ga sia sia. Kalau dari simulasi cat bkn yg tersedia di web sendri banyak yg keluar kah waktu ujian cat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau simulasi di cat bkn kemarin gak sempat coba bro soalnya down trs, kemungkinan sih pasti beda sama yang disimulasi...

      Delete
  2. Tetap smngat Mas, tq buat infonya. Temen jg pd blg, soal Math ny rada sulit n ga bs pake nalar atau logika spt di simulasi atau kebanyakan soal2 test di intrnet. Apapun itu, Tuhan akan berikan tempat lain yg terbaik yh Mas. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sama" semangat juga, betul TIU nya memang susah terutama penalarannya, saya juga bakal berjuang lagi di periode 2 hehe

      Delete
  3. Mas mau nanya dong,waktu ngisi soal tkp jawab pilihan yang paling benar...?sesuai pertanyaan misal kalo teman dekat ngilangin buku favorit trus jawabnya minta di ganti trus negur...soalnya hasil tkp saya nilainya cm 105 doang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau soal benar mungkin saya kurang tau juga ya bro soalnya nilai saya juga pas"an TKP 143 saya dpt 146, kyknya soal kita beda bro saya gak nemu soal gtu, mungkin kalau menurut saya sendiri jwbnnya tegur mungkin blh tp tidak sampai ganti mungkin menasehati agar tidak mengulangi lagi, jawabannya blh real tp usahakan agar kearah lebih baik dan loyal nanti kepada instansi

      Delete
    2. Jawaban yg pling benar marah/memusuhinya dan tidak meminjamkan buku lagi..

      Delete
    3. Anehh ya, tapi itu jawaban sebenernya.. xkxkxk

      Delete
    4. ijin gabung dan comment ya mas mas , itu soal muncul terus di setiap saya simulasi CAT di BKN . Tau deh jawaban yang bener apa , udah di bolak balik ttp aja tuh passing grade ga naik2 .

      Delete
    5. Sudah ikut tes belum gan? gimana jawab TKPnya. Ikutin gaya simulasi atau hati nurani?

      Delete
  4. Kang tips jawab soal test tkp kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf kang, nilai saya juga pas"an hehe kemarin sih saya jawab asal dapat menunjukkan kita orang baik dapat memberi pelayanan dan loyalitas yang baik kepada instansi atau orang, intinya hal yang terbaik dapat kita lakukan untuk membuat orang memandang kita itu orang baik CMIIW hehe

      Delete
  5. apakah soal TIU semuanya menghitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bro, ada yang menghitung ada penalaran dengan logika ada baris deret dll..

      Delete
  6. Makasih tulisan ini sangat" membantu.. Saya akan ikut seleksi CAT Untuk Slta sdrjat pekan depan. Kira" soal"nya sama dgn soal untuk s1 atau berbeda ya? Dan kalau boleh tau apakah tidak ada satupun soal yang mirip dgn contoh soal" cat cpns tahun" sebelum atau yg kita lihat dari internet?

    ReplyDelete
  7. Makasih tulisannya sangat membantu..
    Saya akan ikut seleksi cat untuk slta sdrjat pekan depan. Kira" soalnya sama dengan soal" untuk s1? Dan kalau boleh tau apakah tidak ada satupun soal yang keluar mirip dengan soal yang kita pelajari dari internet atau soal" cpns tahun" sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengenai sama atau tidak saya kurang tau mba soalnya gak ada info untuk itu, kalau dari yang saya pelajari twk hanya ada 2 soal yang mirip tetapi bukan sama hanya sama konsep, kalau tiu seperti yang saya bilang masih ada kayak deret, hitungan dan penalaran, kalau tkp hanya mengenai sikap dan pelayanan diri kita sendiri, saran saya tetap saja dipelajari mba syukur" kalau ada yang mirip keluar di twk karena kayaknya soal cat bkn beda-beda..

      Delete
  8. bukan ny soal twk 35 tiu 30 dan tlp 35 mas,emg thn ini brubh bgtu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mas mungkin saya yang keliru karena tidak ada pengumuman yang pasti soal itu, saat tes hanya diberitahu jumlah poin seluruh tes dan nilai ambang batas, saya menyimpulkan seperti di atas karena nilai tkp yang diperoleh besar-besar di pengumuman s1 ada yang dapat 172 selain itu jika dibandingkan dengan nilai ambang batas tkp yang 2x lipat dari lainnya rasanya aneh kalau banyak soal tkp sama dengan twk, cmiiw...

      Delete
  9. Makasi atas infonya mas yoga.sukses slalu.
    Salam dr SULSEL

    ReplyDelete
  10. yang kamu ingat soal antonim dan sinonim apa aja?

    ReplyDelete
  11. Rada2 ngeri sedap baca blog ny,, tp ttp harus berusaha,, tgl yg di atas yg Mengatur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, saya hanya sekedar sharing aja mungkin nanti mba rasain beda yang penting ttp berusaha sama doa

      Delete
    2. Makasih k udah mo berbagi, semoga sy dikasih kesempatan lulus tes tahun ini.. aamiin

      Delete
  12. Makasih min info nya, bermanfaat. mau nanya nanti pas test bisa coret2 buat ngitung di kertas?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di BKN regional saya sudah di sediakan sebuah kertas buram dan pensil untuk coret" mas

      Delete
  13. Betul ssekali yg mas adi bilang saya dah merasakannya. Sangat2 pahit. Entahlah.trauma rasanya.mau ngumpat takut d bilang barisan sakit hati. Tp itulah fakta spt yg mas adi tulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep semangat mas di periode 2 semoga keberuntungan ada di kita hehe

      Delete
  14. Salam kenal Ka Adi Prayoga, sebelumnya terimakasih banyak atas info dan masukannya, sangat bermanfaat bagi kami yg akan ikut tes CPNS. Ada beberapa pertanyaan seputar TKP kebetulan saya sering kali mencoba simulasi CAT BKN di Iternet, pertanyaan saya setiap kali saya menjawab jawaban yg sekiranya tepat sesuai contoh jawaban di soal" yg lain namun hasilnya tdk encapai angka 100, kemudian saya sempat dapat info dri youtuber yg berhasil membobol traskip jawaban mana yg memeiliki poin 5 justru jawaban" itu yg di anggap keliru namun mempunyai nilai tinggi dan dari situ saya mencoba terbukti benar, saya mendaptkan nilai 143. Mohon info terkait pertanyaan dari pengalaman saya ini. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf mas, kalau soal itu saya kurang tau karena nilai TKP saya juga pas"an, seperti pertanyaan mas arjuna dan dede di atas saya jawab seperti itu kurang tau mana yang benar atau salah, mungkin peserta yang mendapat nilai ujian tinggi kemarin bisa bantu jawab dan luruskan karena saya cuma iseng sekedar share pengalaman untuk masalah benar salah saya kurang tau pasti takut saya salah kasi tau juga, terima kasih...

      Delete
    2. salam mas hanif, mas adi,,
      untuk soal TKP di simulasi saya ngalamin hal sama nih..
      untuk jawaban yg saya pilih yg saya fikir positif, tp ttap hasil TKP tidak pernah tmbus 100. udah jungkir balik saya coba simulasi.. ada saran ga bwat latian soal TKP.. untuk yg info dari youtuber itu gmn ya maksudnya
      makasihhh

      Delete
    3. mas asep dan mas hanif : cerita yang sama , saya juga sering coba simulasi , paling mentok TKP saya di simulasi 102 aja padahal menurut saya itu udah jawaban paling tepat . Kalo TWK nya saya nyoba berhasil nembus 150 , TIU 80 . Cuma yang belum nemu jawaban / pembahasan adl TKP , kenapa susah dapet diatas 102 .

      Delete
  15. mohon infonya dong, di simulasi cat.bkn saya menjawab jawaban tkp yang positif tapi hasilnya malah jelek, dan pas sy jawab yg kiranya jawaban egois/negatif malah skor tinggi,
    kira2 nanti pas tes beneran jawaban yang skornya tinggi yang mana ya ?? mohon infonya dong, sy mau tes kemekumham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sekali lagi mas, idem sama pertanyaan mas hanif di atas...

      Delete
  16. halo bro, izin bertanya, kalau soal matematika kira-kira ada berapa soal? dan soal tentang apa bro? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jumlah saya lupa bro, seinget saya aritmatika, penalaran sama deret...

      Delete
  17. assalamualaikum semuanya. cma mw cerita ni pengalaman sya tes kemarin. setuju banget sama mas Adi , soal TWk bener2 diluar dugaan. saya belajar jauh sebelum tes dimulai ,,3 bulan saya belajar, di bulan terakhir saya gempor terkadang sampe begadang,dari 5 sumber buku dan 2 aplikasi offline di android handphone saya,saya belajar melatih kemampuan latihan soal, tp alhasil zonkkkkkk...sumpah kecewa banget. tp apa boleh buat, mungkin Allah merencanakan seseuatu hal yg lebih baik untuk saya. keep spirit guysss,, tetep yakin aja rezeki kita udah diatur dan itu cuma Allah yg tau. mngkin blm saat ini tp nanti. buat temen2 yg lagi tes saya doakan untuk kalian semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba sudah share jg, semoga kita diberikan yang terbaik tetap semangat amin...

      Delete
  18. Sama, pada saat test cpns kemenkum ham, saya akui mang sulit banyak materi yg saya pelajari tidak keluar, soal2nya terasa asing bagi saya, yang akhirnya cuma mendapat nilai TWK 75, TIU 60, TKP 144. Gagal tidak menjadi hambatan untuk ikut periode 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bro sudah share, semoga keberuntungan ada di periode 2 ya semangat...

      Delete
    2. Aku tiu juga 60 bisa lulus dak yak yang lain lumayan

      Delete
  19. Bang kalau misala ada soal yang masih ragu bisa di skip gak? Nnti di back lagi gitu apa jawb asal aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok bro ada indikatornya soal yang diskip atau blm di jawab warnanya merah soal yang udah di jawab warnanya hijau...

      Delete
  20. Terima kasih infonya bang.
    Btw saya mau nanya. Itu hasil TKD langsung diumumin setelah tes ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah klik tombol selesai saat tes abis itu langsung muncul hasil tesnya bro di layar komputer...

      Delete
  21. mas prayoga, pernah tak mencoba simulasi CAT MENPAN ATAU BKN ? APA pendapat mas tentang simulasi yang dikeluarkan instansi ini?

    ReplyDelete
  22. Mohon maaf mas, saya belum pernah coba simulasi yang di menpan atau bkn karena saat itu servernya banyak yg akses jadi saya tidak sempat, diperiode 2 ini juga saya tdk lolos administrasi jd saya tdk mencoba simulasi cat lagi..

    ReplyDelete
  23. mau nanya mas, klo mau tau jadwal hari apa dan kita dapat sesi keberapa itu bisa liat dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih pengumumannya langsung diunggah di web kemenkumham berupa pdf berisi informas nama dan jadwal tes, selain itu pihak administrator juga email jadwal, lokasi, dll pada email yang didaftarkan...

      Delete
    2. untuk soal twk nya seperti apa ya mas? bagi tips dong yg ditanyakan lebih banyak tentang apa?

      Delete
    3. Yang paling banyak muncul sih tentang UUD 1945, ada konferensi tugas salah satu lembaga negara ada tap mpr...

      Delete
    4. ok terimakasih banyak mas infonya :)

      Delete
  24. Mohon maaf..mau tayak ya mas.
    Setiap soal cat,itu pasti beda kah?atau hanya diacak aja nomer nya?
    Apakah sama juga soal antara sesion 1 dg sesion lainnya? Mgkn yg tau jwabannya panitia kale ya.hahaha, tp sy penasaran..kmgkinan bsr beda harusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih beda mas, soalnya ada teman baru kenal di sesi pertama smpet kasi tahu beberapa soal yang dia dapet sedangkan saya di sesi kelima dan soal yang dia ceritakan tidak ada yang muncul di soal saya...

      Delete
  25. Mas, mau nanya, maksud dr kemeja tidak bercorak itu terhadap warna ya, kalau misal ada bordir dibagian tangan doang tp warnanya putih semua polos boleh gak? Teeima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bercorak misal ada garis" gitu mba jadi kyk bermotif, kalau cuma sedikit kyknya sih gak masalah mba tapi kalau mau aman kemeja seperti orang pertama baru melamar kerja putih polos atau ospek" gtu, coba mba search gambar cat bkn seperti digambar itu mba...

      Delete
  26. permisi mas, bisa kasi contoh2 soalnya gak, minimal pokok pertanyaan yg ditanyakan?

    ReplyDelete
  27. @Surya Prakasa, mas minta info triknya dong skor masnya bagus untuk TKP. Tks

    ReplyDelete
  28. Mohon maaf mas mau tanya..kan ada tes pake hitungan gitu trus coret2nya di mana?apa asal jawab aja ya..?diterawang gitu.Terima Kasih

    ReplyDelete
  29. kasih contoh soal twk yg diinget dong,satu aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mba, sebenarnya saya takut kasi tau karena saat ini masih suasana seleksi K/L yang belum selesai apalagi ada kabar akan ada seleksi pemda selesai ini nanti saya tercyduck kalau sudah lewat mungkin saya berani share karena sebelumnya saya posting artikel ini juga hanya untuk niat sharing pengalaman bukan soal,,, yaudah mungkin saya kasi satu gambaran misal tugas dari lembaga A adalah...tlong smentara jgn tanya soal lagi ya mba terima kasih...

      Delete
  30. Wahh kita sama bro cm tiu gw yg g lolos nilainya jg 75..nyesek bgt broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sabar bro, mungkin ada jalan buat kita yang lebih baik dari yang di atas...

      Delete
  31. bagi soal yang di ingat dong pak ����terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mba, sebenarnya saya takut kasi tau karena saat ini masih suasana seleksi K/L yang belum selesai apalagi ada kabar akan ada seleksi pemda selesai ini nanti saya tercyduck kalau sudah lewat mungkin saya berani share karena sebelumnya saya posting artikel ini juga hanya untuk niat sharing pengalaman bukan soal,,, yaudah mungkin saya kasi satu gambaran misal tugas dari lembaga A adalah...tlong smentara jgn tanya soal lagi ya mba terima kasih...

      Delete
  32. Yang hari ini masuk tes SKD (CAT) periode 2 lokasi ujian zona A jakarta ada gak?
    Thank's kang udah mau sharemasalah pengalaman SKD periode 1 kemaren. Dan coretannya semoga bermanfaat bagi peserta periode 2 ini

    ReplyDelete
  33. Mas adie, saya mau nanya nih
    Di cat SKD kemaren ada soal bahasa Inggris g mas?

    ReplyDelete
  34. Yang udah ujian tolong dong bagi pengalaman. gimana jawab TKPnya. Ikutin gaya simulasi atau hati nurani?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalok saya mikirnya itu hati nurani mas tentang keseharian. Untuk menggambarkan bagaimananya kita kalau berada entah itu dilingkuangan keluarga sampai terjun kr masyarakat

      Delete
  35. Makasih mas infonya, aku malah gak lolos di TWKnya, tetep semangat mas

    ReplyDelete
  36. Kemaren 19 okt aku test di bkn dan hasilnya jreng jreng untuk twk aku cuma kurang 1 soal bener untuk nyampe passing grade *nyesek bray

    ReplyDelete
  37. Ada gak yang ngalamin sisa waktu masih ada sekitar 5 menit lagi aplikasinya nutup sendiri..

    ReplyDelete
  38. Iya niih... kata temen2 yg udah tes soalnya beda banget dr tahun2 sblmnya. Walhasil bnyak temen ane yg gagal TKD..
    Ya sudahlah,mungkin memang blm rejekinya

    ReplyDelete
  39. Pokoknya usaha yg maksimal (beljr yg rajin bisa dr berbagai buku dan internt) dan berdoa sama Allah yg sungguh sungguh (misal bisa dibarengi dg puasa senin kamis, sholat tahajud)
    Insha Allah, Allah nolong kita

    ReplyDelete
  40. gan, untuk soal2 yg ada di simulasi BKN cat.bkn.go.id/simulasi itu bisa mewakili soal2 tes aslinya nggak ya?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, saya sudah pernah jawab ini di comment 24...

      Delete
  41. semangat para pejuang NIP, boleh mampir ke blog saya allhamdulillah saya lulus Cpns kemenkumham

    ReplyDelete

  42. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

    ReplyDelete
  43. wah, thanks min dah share pengalamannya ..
    solder uap

    ReplyDelete
  44. Kalau pennempatan kemenkumham sama daerah atau acak ya gaes

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman saya kemarin di imigrasi dan sipir semua ditempatkan di daerah domisili mas...

      Delete