Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 16 January 2018

BATAS WAKTU CHECK IN BAGASI PESAWAT LION AIR

Kali ini saya ingin sharing sedikit informasi mengenai batas waktu check in bagasi pesawat maskapai Lion Air. Bagi anda yang sering berpergian naik pesawat dan selalu membawa koper atau bagasi, biasanya akan sering datang lebih awal agar anda tidak mengalami kejadian ketinggalan pesawat atau miss flight bukan. Tetapi bagaimana jika anda datang terlalu awal ke bandara mungkin karena sesuatu dan lain hal ? Pastinya anda akan berpikir berapa jam batas check in bagasi Lion Air. Hal ini saya pernah alami sendiri yang membuat saya kebingungan dan merasa cukup bosan berada di bagian terminal bandara. Berikut ini merupakan kronologi kejadian yang saya alami.


Waktu itu saya akan terbang dari Jakarta menuju Bali dan berasal dari rumah bibi saya yang berada di Cipanas Bogor dan akan pulang ke rumah di Bali. Karena keberangkatan saya hari Minggu, jadi saya agak kawatir dengan sistem buka tutup jalan di daerah Puncak Bogor apalagi saat itu juga saat kondisi hari Raya Lebaran. Walau flight saya di jam 7 malam tetapi saya tetap kawatir karena biasanya buka tutup Puncak bisa memakan waktu sampai 6 jam lebih. Untuk menghindari hal tersebut saya disarankan oleh bibi agar berangkat pagi-pagi sebelum jam penutupan jalan daerah Puncak.

Saya pun berangkat pagi jam 6 subuh dan saat itu saya melihat jalan menuju Puncak lah yang ditutup saat pagi bukan yang dari arah Puncak. Karena hal tersebut saya jadi tiba sangat pagi di bandara sekitar jam 10 pagi. Bisa anda bayangkan, saya menunggu boarding mulai dari jam 10 pagi sampai 7 malam haha. Saya pun merasa sangat jenuh berada diluar bandara di area terminal. KFC dan Solaria sudah saya hajar sembari menunggu jam boarding. Tepat pada pukul 4 sore saya mencoba untuk masuk dan berniat menunggu di gate boarding untuk mencari suasana baru karena merasa sangat bosan sudah lama menunggu diluar.

Ketika masuk dan berniat check in bagasi, saya terkejut karena petugas bagasi tidak mengijinkan saya untuk melakukan check in bagasi pada jam tersebut. Hal ini lah yang teman-teman perlu perhatikan jika mengalami keadaan yang sama dengan saya dimana anda berada sangat awal di bandara. Petugas bagasi tidak menjelaskan secara detail aturan check in tetapi ini lah kesimpulan yang bisa saya ambil :

Check In bagasi Lion Air tidak terdapat waktu jelas yang dipaparkan oleh petugas, tetapi menurut pengalaman saya 1 atau 2 jam sebelum jam boarding anda sudah bisa check in bagasi. Lebih jelasnya lagi, Pastikan pesawat dengan tujuan yang sama sudah tidak ada lagi di bandara atau sudah berangkat dengan melihat papan boarding di area masuk terminal. Misalkan flight pesawat Lion anda jam 7 tetapi sebelum itu terdapat juga flight Lion dengan tujuan yang sama misalnya Bali tetapi pada jam 4. Selama pesawat ini masih ada di bandara atau belum datang, anda masih belum bisa check in bagasi anda karena mungkin ada kekawatiran dari pihak maskapai koper anda bisa masuk pada penerbangan yang salah. Bisa-bisa koper anda duluan sampai tempat tujuan dengan penerbangan yang berbeda haha. Tetapi jika anda tidak membawa barang bawaan yang harus perlu dibagasikan atau anda hanya membawa diri saja tidak membawa tas, mungkin hal ini tidak akan berlaku anda bisa check in kapan saja dan bisa menunggu di dalam gate daripada menunggu di area luar terminal.

Bagi anda yang sudah terlanjur masuk dan ditolak untuk check in bagasi, anda tidak perlu kawatir atau harus keluar lagi melewati petugas Avsec untuk menuju ke luar area terminal. Setelah tempat check in sebelum tempat scanner barang terdapat beberapa kursi di dalam yang bisa anda gunakan untuk duduk hanya saja sering penuh atau anda bisa menunggu di beberapa outlet makanan yang berada di dalam. Jika anda berniat membawa koper ke gate tunggu, mungkin bisa hanya saja mungkin anda tidak bisa kembali untuk check in bagasi mendekati boarding karena harus melewati petugas scanner kembali, optionnya anda harus membawa koper anda dan ditaruh di loker pesawat.

Akhir cerita saya pun duduk di dalam menunggu jam check in bagasi dan saat menunggu boarding pihak Lion Air memberitahu bahwa pesawat saya delay 1 jam dan akhirnya saya sampai di Bali sekitar jam 10 malam. Bisa anda bayangkan, hampir seharian saya berada di banda Soetta Cengkareng haha. Sekian yang bisa saya share mengenai batas waktu check in bagasi pesawat Lion Air, jika ada yang keliru mohon disampaikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



1 comment: