Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Saturday 13 May 2017

BNI DEBIT ONLINE (SOLUSI UNTUK YANG TIDAK MEMILIKI CREDIT CARD)


*Edit fitur ini sudah dihapus BNI

BNI Debit Online ini merupakan metode pembayaran yang bisa digunakan bagi pembeli yang tidak memiliki Credit Card dalam berbelanja online. BNI Debit Online ini seperti sebuah virtual credit card dimana user hanya perlu melakukan request kemudian akan menerima nomor credit card dan data lainnya yang dapat digunakan dalam berbelanja pada online shop atau merchant-merchat lainnya.

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki untuk dapat menggunakan fitur BNI Debit Online ini diantaranya :

1. Tentunya memiliki rekening Tabungan BNI dan kartu debit berlogo Master Card
2. Sudah melakukan aktivasi fitur SMS Banking pada kantor cabang BNI biasanya hal ini ditawarkan langsung ketika awal kita membuka rekening

Untuk merequest nomor credit card melalui fitur BNI Debit Online dapat dilakukan hanya dengan mengirim sms  ke 3346 dengan format REQ VCN nominal yang dibutuhkan. Berikut ini ilustrasinya :



Setelah merequest melalui sms pengguna akan menerima sms balasan yang berisi 3 informasi seperti diatas diantaranya :

 1. VCN : isikan ini pada bagian credit card number saat melakukan pembayaran online
 2. Valid Thru : ini merupakan masa aktif virtual credit card ini biasanya berisi bulan dan tahun
 3. CVC2 : ini biasanya merupakan 3 digit nomor yang biasa ada balik belakang kartu credit, 3 data ini dapat juga anda jumpai jika memiliki kartu debit BNI yang berlogo Master Card. CVC2 ini biasanya pada transaksi online diisi pada kolom CVV

Nonimal yang anda request tidak sepenuhnya akan dipotong jika anda melakukan transaksi kurang dari nominal yang anda request. Sisa dari nominal tersebut akan tetap ada pada rekening anda karena nominal yang akan dipotong pada saldo rekening anda yaitu sesuai nominal yang anda gunakan untuk transaksi. Satu lagi satu nomor BNI Debit Online hanya bisa digunakan untuk sekali transaksi, jika masih ada sisa tidak bisa digunakan lagi untuk transaksi lain, jadi anda harus melakukan request baru.

Kekurangan yang dimiliki pada BNI Debit Online ini yaitu tentu saja karena ini merupakan credit card virtual jadi tidak memiliki kartu fisiknya. Fitur sudah saya pernah coba gunakan untuk Top Up GrabPay dan untuk booking hotel melalui booking engine Ag*da.com dimana disitus ini booking hanya bisa dilakukan dengan credit card. Sebelumnya saya sempat kawatir ketika datang ke hotel akan diminta untuk menunjukkan credit card, tetapi setelah saya coba di sebuah hotel Ma*one di Jakarta Timur saat check in tidak ada diminta untuk menunjukkan fisik credit card. Seperti yang saya baca di hotel tidak pernah diminta untuk menunjukkan fisik credit card asli tetapi untuk jaga-jaga sebaiknya anda menyimpan sms nomor VCN tersebut jika perlu digunakan. Saya juga pernah membaca sebaiknya jangan menggunakan fitur BNI Debit Online ini untuk memesan tiket pesawat terbang karena menurut pengalaman yang saya baca saat check in di bandara ada seseorang yang pernah mengalami tidak diijinkan untuk masuk karena tidak dapat menunjukkan kartu fisik credit cardnya karena kartu fisiknya tertinggal dirumah saudaranya. Jadi untuk transaksi online menurut saya ini sangat bisa digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca pada situs BNI ini BNI Debit Online



No comments:

Post a Comment