Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 17 May 2017

APA ITU SELECT DISTINCT ? PENJELASAN SELECT DISTINCT PADA SQL : POSTGRESQL

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu select distinct pada sql. SELECT DISTINCT merupakan query select yang berfungsi untuk menampilkan data tanpa adanya duplikat atau redudansi. Kapan select distinct digunakan ? Select distinct digunakan ketika anda ingin mendapatkan data umum atau bisa dibilang sub-sub data dari sebuah kolom yang terdapat pada sebuah tabel. Misalkan anda memiliki sebuah tabel data-data peserta seleksi pegawaian, tentunya pada tabel tersebut terdapat data asal dari setiap pegawai. Nah selanjutnya anda ingin mendapatkan data dari kota apa saja peserta-peserta tersebut berasal. Tentunya akan terdapat beberapa peserta yang berasal dari kota yang sama, untuk select distinct digunakan untuk menampilkan data inti dalam artian untuk peserta yang kotanya sama akan hanya ditampilkan satu saja. 

Untuk lebih jelas dalam memahami fungsi dari select distinct berikut ini saya buatkan contoh sebagai ilustrasi penggunaan select distinct. Saya memiliki sebuah tabel yang berisi data-data mengenai guru-guru yang mengajar disebuah sekolah. Saya ingin mengetahui list mata pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru tersebut apa saja. Berikut ini merupakan data tabel guru tersebut :


Untuk format sintak query select distinct itu sendiri sebagai berikut :

Nah ini merupakan hasil yang didapatkan ketika saya menjalankan query select distinct untuk mencari list mata pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru tersebut :



Seperti itulah gambaran mengenai penggunaan select distinct. Selain digunakan untuk mencari list data tanpa duplikasi select distinct bisa dipadukan dengan penggunaan COUNT() dimana count itu sendiri untuk mencari jumlah rows. Sebagai contoh anda ingin mencari berapa jenis mata pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru di sekolah tersebut. Maka untuk mencarinya anda dapat menjalankan sintak seperti berikut ini :



Nah maka hasil yang ditampilkan yaitu berupa angka karena fungsi dari aggregat count itu sendiri yaitu menghitung jumlah rows atau baris. 

Sekian yang dapat saya share, mungkin bagi anda yang sudah memahami mengenai sql mungkin belum paham mengenai perbedaan select disticnt dengan group by, untuk lebih jelasnya anda dapat melihat artikel link ini mengenai Perbedaan Order By dan Group By (on progress).

Semoga dapat membantu, terima kasih...

Artikel lainnya :

No comments:

Post a Comment