Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Friday 2 June 2017

CARA MEMISAHKAN PAGE/HALAMAN PADA PDF MENJADI BEBERAPA FILE PDF

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara memisahkan satu atau beberapa page atau halaman pada file PDF menjadi beberapa file PDF. Kebetulan cara ini lagi butuhkan untuk memisahkan page jawaban agar lebih mudah dicari sehingga tidak perlu naik turun halaman untuk mencari jawaban. Cara ini akan membutuhkan koneksi internet karena konverternya ada pada sebuah situs website. Ada artikel yang saya baca yang mengatakan bisa menggunakan aplikasi tetapi harus download terlebih dahulu yang bernama PDF Creator, tetapi saya belum sempat mencoba karena sudah berhasil menggunakan cara melalui website ini. Langsung saja caranya sangat mudah hanya perlu mengunjungi website dari penyedia layanan pemisah file PDF ini anda dapat mengklik link pada tulisan konverter ini Konverter

Nah setelah anda masuk ke halaman homepage nya disana anda dapat lihat pada bagian select File to split terdapat tiga pilihan diantaranya anda bisa menggunakan file yang berada pada direktori komputer anda My Computer, kedua anda dapat mengambil file PDF yang anda simpan pada Dropbox dan ketiga anda dapat menggunakan file yang anda simpan pada storage Google Drive.

Selanjutnya pada bagian Pages terdapat 2 buah kotak kosong anda dapat mengisi dari halaman berapa sampai halaman berapa jika hanya satu halaman tulis saja 1 to 1. Kemudian anda dapat mencentang pada kotak Extract all pages into separate files yang artinya hasil yang dikeluarkan akan berbeda-beda file pdf jika anda mengekstrak lebih dari satu halaman dan tidak mencentang kotak ini hasil yang dikeluarkan akan dalam satu file pdf begitu juga sebaliknya. Selanjutnya jika anda mencentang Customize split files' name ini berati anda dapat merename atau mengganti nama file yang akan dikeluarkan nanti jika tidak mencentang maka nama file yang dikeluarkan nanti akan sesuai dengan nama file pdf yang dipilih untuk dipisahkan hanya berisi angka 1 dan seterusnya pada bagian belakang file name.

Terakhir anda hanya perlu menekan tombol Split maka hanya tinggal menunggu proses upload dan split file selesai. Akan terdapat indikator persen yang menunjukkan proses tersebut selanjutnya file hasil split akan terdownload secara otomatis ke komputer anda jadi anda hanya perlu duduk manis dan minum secangkir kopi setelah menekan tombol Split.

Sekian yang dapat saya share, terima kasih...
Do me a favor, please help to like and share :D




No comments:

Post a Comment