Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Sunday 14 May 2017

APLIKASI UNTUK MENYETEL GITAR AKUSTIK

Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai aplikasi yang bisa digunakan untuk menyetel atau tuning gitar akustik. Keberadaan banyak aplikasi saat ini tentu sangat membantu mempermudah dalam berbagai banyak hal. Salah satunya untuk menyetel gitar akustik. Dibandingkan dengan gitar listrik tentunya lebih gampang menyetel gitar listrik daripada akustik karena ada alat tunernya. Banyak pemain gitar yang menyetel gitar akustik dengan caranya sendiri, ada yang menggunakan tangga nada dan lain-lain.

Saat ini sudah terdapat beberapa aplikasi tuner gitar akustik salah satunya yang saya biasa gunakan yaitu Guitar Tuna. Aplikasi ini sangat mudah digunakan hanya dengan meletakkan handphone dekat dengan gitar kemudian petik senar sambil menaik turunkan tuning keysnya yang biasa diputar-putar pada bagian kepala gitar kemudian melihat pada aplikasi apakah posisi nada sudah berada pada garis tengah atau saat setelan nada sudah sesuai aplikasi akan berbunyi sebagai tanda. Tampilan aplikasi dapat dilihat pada gambar di bawah ini yang saya screenshoot :


Dapat dilihat pada gambar di atas, saat anda memetik senar aplikasi akan otomatis mendeteksi nada yang keluar dan bagian huruf akan menyala yang menunjukkan nada sedang berada pada tangga nada tersebut misalkan seperti di atas sedang berada pada nada E. Terdapat indikasi yang menunjukkan tingkat tinggi rendah nada pada bagian atas seperti yang terlihat ada petunjuk yang menyatakan "too low". Jika nada sudah tepat maka indikator bulat akan berada di tengah-tengah sedangkan jika nada terlalu rendah akan berada di sebelah kiri begitu juga sebaliknya jika nada ketinggian.

Untuk mendapatkan aplikasi ini cukup mudah dengan mencarinya dengan mengetik Guitar Tuna di Google Play Store untuk pengguna Android dan di Apps Store untuk pengguna Apple. Aplikasi ini tidak berbayar jadi kalian semua bisa menggunakannya dengan gratis. Untuk membantu berikut saya sediakan link untuk mendownloadnya :

Play Store    : Guitar Tuner
Apps Store   : Guitar Tuna

Sekian yang dapat saya share, terima kasih...



No comments:

Post a Comment