Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Saturday 13 May 2017

BOOKING HOTEL DI AGODA TANPA MENGGUNAKAN KARTU KREDIT

*Edit fitur ini sudah dihapus oleh BNI

Kali ini saya ingin membahas pengalaman saya dalam mencari hotel yang murah dari beberapa booking engine. Banyak booking engine yang sekarang banyak dikenal seperti Traveloka, Booking.com, Pegi-pegi dan salah satunya Agoda. Setelah saya compare ternyata hotel yang menurut saya pas menawarkan harga yang lebih rendah di booking engine Agoda. Tanpa disadari ternyata harga yang tertera di Agoda merupakan harga sebelum pajak dan service haha, tetapi menurut saya harga di Agoda terkadang lebih murah dibanding booking engine lainnya. Saya biasanya mencari promo-promo sehingga hotel saya biasa booking lewat Agoda dan pesawat saya booking lewat Traveloka karena disana banyak promo tetapi promo hanya bisa digunakan sekali tidak bisa digunakan untuk dua pemesanan.

Lanjut ke pemesanan Agoda ternyata pada saat pembayaran saya terkejut karena harus menggunakan kartu kredit sedangkan saya tidak memiliki kartu kredit. Akhirnya saya memutuskan untuk searching-searching mencari cara membayar Agoda tanpa menggunakan kartu kredit. Banyak artikel yang membuat hal tersebut tetapi cara yang ditawarkan terlalu simple seperti meminjam kartu kredit teman atau melalui pihak ketiga.

Setelah mencari-cari akhirnya saya menemukan cara booking hotel di Agoda tanpa menggunakan kartu kredit. Cara ini hanya bisa digunakan untuk anda yang sudah memiliki rekening BNI sehingga mendapat kartu debit/ATM yang berlogo Master Card dan sudah mengaktifkan layanan sms banking, biasanya aktivasi sms banking sudah ditawarkan ketika awal pada saat membuka rekening tabungan. Nama fitur dari BNI ini yaitu BNI Debit Online. Fitur ini semacam virtual kredit card yang anda bisa request ke BNI melalui sms tetapi tidak ada fisik seperti pada kartu kredit umumnya. Untuk informasi lebih jelasnya anda dapat menuju link biru ini BNI Debit Online

Langsung saja caranya sangat mudah anda hanya perlu mengirimkan sms ke 3346 dengan format REQ VCN nominal. Selanjutnya anda hanya perlu konfirmasi 2 digit pin ATM anda seperti biasanya menggunakan sms banking kemudian anda akan menerima balasan sms yang berisi 3 informasi yang nanti akan digunakan saat pembayaran di Agoda diantaranya VCN ini merupakan nomor kartu kreditnya, Valid Thru ini merupakan masa berlaku yang terdiri dari bulan tahun dan ketiga CVC2 ini merupakan 3 digit yang biasanya terdapat pada balik kartu kredit atau saat pembayaran ini biasanya diisi pada kolom CVV. Untuk contoh sms tersebut seperti di bawah ini :


Selanjutnya anda tinggal masuk pada form pembayaran Agoda, pada payment method anda pilih MasterCard kemudian isikan nomor kartu dengan nomor VCN tadi, pada tanggal kedaluarsa isikan Valid Thru tadi, untuk nama pemegang kartu isikan nama anda sendiri dan pada kode CVC isikan 3 digit nomor CVC2 yang ada pada sms BNI. 

Saya sudah pernah mencoba untuk booking hotel menggunakan metode bayar ini dan berhasil. Ada kekawatiran sebelumnya pada saat check in nanti akan diminta menunjukkan kartu kreditnya tetapi pada saat saya check in pihak hotel tidak ada meminta kita untuk memperlihatkan fisik kartu kreditnya. Menurut informasi teman saya yang bekerja di hotel pun untuk reservasi menggunakan kartu kredit dari Agoda tidak ada prosedur untuk meminta memperlihatkan fisik kartu kredit tetapi untuk jaga-jaga sebaiknya anda tetap menyimpan sms balasan dari request VCN BNI tersebut jika sewaktu-waktu diminta untuk melihatkan bukti.

Sekian yang dapat saya share, terima kasih...



19 comments:

  1. Halo, klo metode seperti di atas kena tambahan charge berapa?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas untuk itu saya kurang ngeh gak pernah perhatiin, kayaknya tidak kena charge sama layaknya seperti virtual account, dari info yang dulu saya dapat VCN ini hanya memotong sebesar yang kita gunakan sisa dari saldo akan kembali pada saldo rekening, mungkin kalau nanti saya pakai lagi saya akan coba perhatikan jumlah saldonya atau jika ada yang tahu mari saling share agar dapat membantu :)

      Delete
  2. Mau tanya mas. Itu anda sms tgl 13/05/2017 dan kata2 balasan terakhir itu tulisannya dapat digunakan s/d 20/05/2017, berarti tgl 20 uang anda berkurang otomatis sejumlah yg direquest tadi ya? cuman seminggu berarti ya jaraknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berkurang tidak mba, itu masa berlakunya, jika VCN tersebut sudah mba gunakan untuk transaksi saat itu juga saldo di rekening anda akan dipotong sesuai dengan jumlah yang digunakan, artinya jika sudah lwt masa berlaku tersebut mba harus request VCN baru karena VCN yang sebelumnya sudah tidak bisa digunakan

      Delete
  3. Mas mau tanya kalau bni ku ga ada master cardnya gimana? Terus itu transfer apa gimana? Kurang paham hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak bisa mba harus yang isi logo master card, itu bukan transfer tapi seperti kita merequest saldo credit card bayangan dan dipotong langsungnya nanti setelah mba gunakan VCN tersebut langsung memotong saldo di rekening mba sesuai jumlah yang mba gunakan...

      Delete
  4. mas mau tanya, kan harus disertakan scan kartu kreditnya juga, itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  5. di saat booking agodanya mba ? setau saya dulu tidak perlu scan" soalnya saya juga udah jarang booking hotel lagi, dulu saya nggak isi pakek scan" cc lg mba...

    ReplyDelete
  6. Masi berlaku ga ya pembayaran metode ini? Kalo sy blm daftar mbanking gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri sudah jarang keluar kota lagi mas, harusnya sih masih gak mungkin bank buat layanan main"...

      Delete
  7. Masi berlaku ga ya pembayaran metode ini? Kalo sy blm daftar mbanking gmn?

    ReplyDelete
  8. Mas mau nanya untuk aplikasi agoda itu terpercaya dan aman gak ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok mba, klo mba search di playstore atau appstore rating aplikasinya bagus itu resmi dari agoda...

      Delete
    2. Aman mb dijamin, yg sudah sering saya coba agoda,traveloka,pegi-pegi semua itu aman👌

      Delete
  9. Iya nih gan, agoda sebenernya sering banget ada promo hotel. Tapi ya itu tadi metode pembayaranya harus pake master card,kartu kredi,visa. Sedangkan saya gapunya itu. Dan mau engga mau via agoda doku, padahal kalau via agoda doku promo nya tidak berlaku, sayang banget dah lah .
    Boleh dicoba itu gan tips nya, terimakasih banyak, barangkali ada tips lain dr agan agan

    ReplyDelete
  10. Thx banget mas infonya, berguna banget buat saya

    ReplyDelete
  11. Kak kalo udah bayar agoda udah selesai lewat paypal tapi paypalnya belum di verifikasi gimana? Bisa ngga?

    ReplyDelete