Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Monday 15 May 2017

APA ITU SELECT PADA SQL ? PENJELASAN SELECT PADA SQL : Postgresql

SELECT pada sql berfungsi untuk menampilkan data baik secara keseluruhan atau hanya beberapa bagian saja. Kapan select digunakan ? Select digunakan saat ingin menampilkan seluruh data hanya dengan sekali jalan tanpa harus membuka tabel dan melakukan load data lagi karena contoh pada postgre untuk data yang tampil saat membuka tabel hanya 1000 rows sedangkan dengan query select dapat memunculkan seluruh data hanya dengan sekali jalan. Select juga dapat digunakan untuk menampilkan data tidak hanya data dalam satu tabel beberapa tabel dapat dikombinasikan untuk ditampilkan dengan menambahkan perintah tambahan tertentu pada query select. Untuk kombinasi select ini akan kita bahas nanti lebih lanjut kali ini saya ingin membahas select yang biasa dan umum digunakan.

Sebagai contoh ilustrasi untuk mempermudah pemahaman mengenai select pada sql berikut ini saya buatkan contoh tabel dt_guru yang berisikan data mengenai guru-guru yang saya buat dalam database yang saya namai test_sekolah. Tabel ini memiliki beberapa field/kolom diantaranya :

1. gu_code yaitu kode yang digunakan untuk mewakili identitas masing-masing guru, kode ini sekaligus menjadi Primary Key tabel ini yang berati kode untuk masing-masing guru tidak mungkin sama satu sama lain ini sama halnya seperti no KTP yang nomornya unik dan tidak mungkin ada penduduk yang no KTP nya sama.
2. gu_name yaitu nama dari masing-masing guru.
3. gu_email yaitu email dari masing-masing guru.
4. gu_phone yaitu nomor telephone masing-masing guru.
5. gu_alamat yaitu alamat tempat tinggal dari masing-masing guru.
6. gu_matpel yaitu mata pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru tersebut.

Berikut ini merupakan tampilan data dari tabel tersebut, disini saya menggunakan EMS SQL Manager For Postgresql :


Nah sekarang saya akan contohkan query sql untuk menampilkan seluruh data yang terdapat pada tabel dt_guru. Sebelumnya ini merupakan format sintak untuk query select :


Untuk menampilkan seluruh data guru yang terdapat pada tabel dt_guru sintak selectnya dapat dibuat seperti ini :


Maka hasil yang akan keluar ketika query tersebut dijalankan yaitu seperti ini :


Select tidak hanya dapat digunakan untuk menampilkan keseluruhan data. Berikut ini merupakan contoh sintak select untuk menampilkan data guru hanya beberapa kolom tertentu :


Maka hasil yang muncul setelah menjalankan query di atas yaitu :


Mudah sekali bukan ? Nah sekarang bagaimana jika anda hanya ingin menampilkan data guru yang hanya beralamat di Depok saja. Untuk menampilkan data seperti tersebut anda tinggal menambahkan statement kondisi pada query select tadi. Statement kondisi pada sql disebut WHERE. Untuk format sintak kondisi WHERE dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Nah misalkan untuk menampilkan data guru yang beralamat hanya di Depok anda dapat membuat query sql seperti ini :


Hasil yang didapat jika menjalankan query select di atas adalah seperti ini :


Cukup mudah bukan, nah untuk kondisi dapat divariasikan menggunakan level/tingkat kondisi. Misalkan anda ingin menampilkan data guru yang hanya beralamat di Depok dan hanya mengajar Biologi maka sintak query select sebelumnya dapat ditambahkan seperti di bawah ini :


Maka hasil yang didapat akan seperti di bawah ini.


Tingkat kondisi dapat dibuat sebanyak mungkin. Terdapat beberapa kondisi yang dapat digunakan pertama operator AND yang digunakan seperti di atas, yang kedua OR. Operator OR ini berfungsi untuk kondisi yang ingin menampilkan data dengan keadaan atau. Untuk lebih jelasnya saya buatkan contoh query select dengan operator OR :


Nah maka hasil yang didapat dari menjalankan query di atas seperti di bawah ini :


Kondisi OR diatas bermaksud menampilkan data guru yang hanya beralamat di Depok atau boleh juga guru yang mengajar Kimia. Selain kondisi OR juga terdapat kondisi LIKE yaitu kondisi dimana anda hanya ingin menampilkan data yang sangat banyak tetapi berdasarkan beberapa huruf awal atau tengah atau akhir. Operator LIKE ini diikuti dengan pemberian tanda persen (%). Jika ingin melakukan pencarian menggunakan huruf depan maka tanda persen diletakkan setelah huruf namun jika menggunakan beberapa huruf ditengah tanda persen harus mengapit kedua huruf itu dalam artian berada pada sisi kiri dan kanan sedangkan jika menggunakan huruf akhir tanda persen diletakkan di awal huruf. Untuk lebih jelasnya mari lihat contoh sintak query select dengan kondisi LIKE dibawah ini :


Maka hasil yang didapat dari menjalankan query di atas yaitu :


Maksud dari query select di atas yaitu menampilkan data guru yang namanya di awali dengan huruf Su. Kondisi selanjutnya yaitu operator TIDAK SAMA DENGAN atau tandanya (<>). Kondisi ini sama artinya seperti kecuali. Berikut ini contoh dari penggunaan sintak tersebut pada query select :


Maka data yang ditampilkan akan seperti berikut ini :


Kondisi yang terakhir biasa digunakan yaitu operator BETWEEN. Dimana seperti artinya ini berfungsi untuk menampilkan data dengan dua kondisi diantara. Biasanya kondisi ini digunakan untuk menampilkan range nilai atau tanggal. Berikut ini merupakan contoh penggunaannya :


Selanjutnya bagaimana jika kita ingin menampilkan data yang banyak tetapi urutannya kacau atau tidak tentu. Nah select bisa ditambahkan dengan sintak ORDER BY untuk melakukan pengurutan atau sorting. Berikut ini merupakan contoh pengurutan penampilan data guru berdasarkan nama menggunakan ORDER BY :


Maka hasil yang akan ditampilkan sebagai berikut :


Pengurutan menggunakan order by bisa menggunakan lebih dari satu value, misalkan seperti contoh di bawah ini saya ingin mengurutkan hasil select saya yang pertama berdasarkan kolom gu_name yang kedua berdasarkan kolom gu_matpel. Berikut ini merupakan sintak select beserta order by yang digunakan :


Dapat dilihat pengurutan pertama berdasarkan kolom gu_name dan kedua menggunakan kolom gu_matpel terlihat dari nama Subagyo yang diurutkan gu_matpelnya dari yang terkecil. Order by bisa diatur antara ASC untuk ascending dan DESC untuk descending. Nah sekian yang dapat saya share mengenai ilmu query select pada sql yang saya pahami dan sering saya gunakan, semoga dapat membantu...

Artikel lainnya :

SELECT DISTINCT



No comments:

Post a Comment