Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 31 October 2018

CARA MENGATASI NOT RESPONDING WORKING ON IT PADA WINDOWS EXPLORER

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengatasi not responding pada windows explorer. Kejadian ini mungkin jarang anda alami karena saya sendiri baru pernah mengalaminya di kantor. Saya juga kurang tahu pasti hal ini bisa terjadi pada windows apa saja, yang jelas menurut saya kebanyakan yang mengalami hal ini bagi user Windows 10.


Kejadian Not Responding pada windows explorer dapat anda lihat contohnya pada gambar di atas, dimana saat terbuka proses loading data sangat lama bahkan tidak sampai muncul dan hanya terlihat tulisan working on it. Selain itu, jika anda mencoba untuk klik direktori lain atau bahkan mencoba untuk menekan tombol close maka windows explorer akan menjadi not responding dan tiba-tiba force close atau menutup sendiri. Sebenarnya terdapat alternative untuk mengatasi hal ini lebih simple yaitu dengan cara membuka file explorer melalui shortcut folder apa saja pada desktop. Hal ini memang aneh kita bisa mengakses seperti biasa melalui shortcut ini tetapi jika membuka windows explorer biasa akan kembali working on it.

Hal ini sebenarnya disebabkan oleh fitur Quick Access yang ada pada Windows Explorer yang saya sendiri juga tidak mengetahui penyebabnya. Arti dari fitur Quick Access ini yaitu seperti cara cepat yang ditawarkan oleh windows saat anda membuka file baik itu dari cd, hardisk atau flashdisk. Maksudnya, ketika anda mencolokkan flashdisk biasanya windows akan secara otomatis menampilkan jendela windows explorer dari direktori flashdisk tersebut jadi anda tidak perlu repot untuk membuka windows explorer terlebih dahulu kemudian mengklik direktori flashdisk.

Jadi, solusi untuk mengatasi masalah not responding dengan tanda working on it terus pada windows explorer yaitu dengan cara mematikan fitur Quick Access pada windows explore. Bagi anda yang tidak mengetahui cara untuk menonaktifkan fitur Quick Access pada windows explore bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Windows Explore atau tekan tombol Windows + E.
2. Klik pada Tab pilihan View.


3. Pilih pilihan Option atau Change Folder Option.
4. Pada Tab General, perhatikan pada bagian Open File Explorer to dang anti pilihan dari Quick access menjadi This PC.


5. Selanjutnya anda tinggal klik Apply dan akhiri dengan klik OK.

Efek dari tindakan ini tentunya menonaktifkan fungsi fitur Quick Access sehingga windows tidak akan secara otomatis lagi menampilkan jendela explore ketika anda mencolokkan flashdisk tetapi anda harus manual lagi seperti biasa dengan membuka windows explore terlebih dahulu kemudian klik direktori flashdisk untuk melihatnya.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengatasi not responding working on it pada windows explorer, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



18 comments:

  1. kan masuk explorer nya juga nge hang...gmn tuh

    ReplyDelete
  2. Buka dari shortcut folder dulu (bebas folder apa saja) yang ada di dekstop

    ReplyDelete
  3. Terimakasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Terimakasih, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  5. terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih,, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. Konten kaks.. 👍🏻👍🏻 tq yaa

    ReplyDelete
  8. Gan kalau langkah terakhir langsung tekan ok enggak pakai apply gpp kan

    ReplyDelete
  9. makasih min . tapi kalo mau baikin Quick acccessnya gimana yah ? ada yang tau ?

    ReplyDelete
  10. Berhasil, thankyou

    ReplyDelete