Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 18 December 2018

CARA MENGATASI LAYAR HITAM BLACKSCREEN WINDOWS 10 SAAT LOG IN KE DESKTOP

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengatasi layar hitam blackscreen windows saat log in ke desktop. Kejadian ini mungkin jarang terjadi pada beberapa komputer, saya sendiri juga baru pertama kali mengalaminya pada komputer bos saya di kantor. Keseluruhan saya sudah mencoba 2 cara dan yang bisa mengatasinya yaitu cara kedua, tetapi saya akan ceritakan mulai dari cara pertama. 


Cara pertama yang saya coba yaitu dengan menjalankan ulang explorer. Saya juga mendapatkan cara ini dari Googling, pada tutorial tersebut saya lihat ada beberapa kasus yang berhasil dan langsung mau menuju tampilan Desktop. Bagi yang belum tau caranya, akan saya coba jelasakan di bawah.

1. Buka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.
2. Pindah ke Tab Details, kemudian lakukan sorting pada bagian kolom Name dengan cara klik pada header kolom Name tersebut sampai nama-nama berurutan secara ascending.
3. Cari program yang berjalan dengan nama explorer.exe yang berlogo gambar folder kemudian klik End Task pada bagian bawah.


4. Selanjutnya masih pada Task Manager, klik menu File kemudian pilih Run new task.
5. Setelah muncul jendela baru ketik explorer.exe kemudian klik OK.

Pada tutorial pertama di atas yang saya lihat beberapa ada yang berhasil dan langsung muncul tampilan desktopnya kembali tetapi pada komputer saya sendiri cara di atas tidak bekerja.

Cara kedua saya dapat dari Youtube dan setelah saya coba berhasil tetapi saya kurang paham betul mengenai tindakan tersebut dan efeknya. Langsung saja saya akan coba jelasakan cara kedua di bawah ini, FYI komputer saya All In One PC HP Pavillion dengan OS Windows 10.

1. Pada saat posisi blackscreen tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan untuk merestart komputer.
2. Setelah restart, saat pertama booting terus tekan tombol F10 untuk masuk BIOS, mungkin pada komputer lain tombolnya akan berbeda bisa anda googling dengan keyword tombol BIOS sesuai merk komputer anda.
3. Cari menu Storage dengan menggunakan tombol kiri kanan untuk berpindah menu, kemudian pilih menu Storage Options kemudian klik tombol enter.
4. Setelah muncul jenis pilihan storage setting atau ganti pilihan storage dari ACHI menjadi RAID. Tekan F10 untuk save settingan.
5. Terakhir keluar bisa tekan tombol Escape atau menu paling kiri ada pilihan menu keluar dan save. Selanjutnya proses booting akan secara otomatis mengulang dan komputer akan berjalan kembali seperti biasa dan tampilan desktop akan muncul seperti biasa.

Pada bagian ACHI dan RAID ini lah yang saya kurang pahami fungsi dan efeknya jika diganti tetapi sampai saat ini komputer baik-baik saja tidak ada masalah. Bagi anda yang mengerti mengenai arti ACHI dan RAID pada storage dan hubungannya ke proses booting bisa bantu jelaskan di kolom komentar. Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengatasi layar hitam blackscreen windows saat log in ke desktop, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment