Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Thursday 23 May 2019

CARA SCREENSHOT FULL PAGE HALAMAN WEB DI KOMPUTER

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara screenshot full page halaman web di komputer. Screenshot atau print screen biasanya diperlukan untuk mengcapture isi sesuatu pada layar sehingga kita tidak perlu repot-repot mengcopynya. Hanya saja print screen yang tersedia pada keyboard komputer hanya bisa menangkap satu full layar komputer saja. Artinya jika kita ingin mengcapture seluruh isi halaman contohnya anda ingin screenshot seluruh isi berita atau artikel pada halaman web dimana anda harus scroll ke bawah untuk melihat seluruh isi artikel.


Untuk melakukan screenshot seluruh isi artikel pada halaman web sampai bawah, solusi yang saya tawarkan anda harus menggunakan browser Google Chrome karena fitur screenshot ini disediakan oleh sebuah extention Google Chrome yang bernama Awesome Screenshot. Untuk menginstal extention ini pada Google Chrome, anda bisa search di Chrome Webstore atau search di Google atau langsung klik direct link di bawah ini link extention di Chrome Webstore agar lebih mudah.


Anda hanya perlu klik Instal atau Pasang kemudian extention akan terinstal secara otomatis. Untuk menggunakan extention ini melakukan screenshot full page halaman artikel pada web, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Jika anda sudah berada pada halaman web artikel yang ingin di screenshot, klik icon extention Google Chrome Awesome Screenshot pada pojok kanan atas kemudian pilih Capture entire page.


2. Setelah klik, extention akan secara otomatis bergerak melakukan screenshot kebawah dan setelah itu anda akan di direct ke halaman hasil screenshot dan anda juga bisa melakukan edit pada hasil screenshot tersebut baik crop, memberi tambahan teks dan lainnya.

3. Jika sudah selesai, anda bisa save hasil screenshot dengan menekan tombol Done pada pojok kanan atas seperti pada gambar di atas.


4. Tampilan selanjutnya anda bisa save file dengan klik tombol Download, atau bisa save dalam bentuk file .pdf atau bisa juga langsung print dan berikut ini hasil screenshot full page halaman artikel pada web.


Sekian yang dapat saya share mengenai cara screenshot seluruh isi artikel atau berita pada halaman web, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



1 comment: