Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 22 May 2019

CARA MENGACAK LIST NAMA MENGGUNAKAN FUNGSI RANDOM PADA EXCEL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengacak list nama menggunakan fungsi random pada excel. Mengacak list nama biasanya digunakan seperti dalam membuat list jadwal piket kegiatan agar list nama yang dihasilkan muncul secara acak sehingga akan terlihat adil dalam pembagiannya. Hal ini juga saya lakukan kemarin dalam pembuatan jadwal petugas apel harian di kantor agar adil dalam pembagian perolehan harinya.


Fungsi random atau pengacakan biasanya hanya kita temukan pada sintak pemrograman atau query database, mungkin bagi anda yang seorang programmer mengetahui akan hal ini. Lalu bagaimana kita melakukan pengacakan nama yang mudah bagi orang awam dalam hal ini bukan seorang programmer ? Tenang saja, Microsoft Office Excel sudah menyediakan fungsi random didalamnya dalam bentuk rumus seperti biasanya. Hanya saja kita tidak bisa serta merta secara otomatis menggunakan rumus untuk mengacak list nama tetapi kita perlu mengakali sedikit dengan melakukan sorting. Langsung saja anda bisa ikuti langkah di bawah ini.

1. Buat list nama yang akan diacak dalam bentuk tabel yang berisi header keterangan dibagian atasnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.


2. Tambahkan satu buah kolom dibagian samping untuk menampung value atau nilai hasil random.

3. Selanjutnya pada cell yang ada pada kolom hasil random isikan rumus ini =RAND() pada masing-masing cell nama, anda bisa tarik kebawah atau copy paste kesemua cell rumus tersebut.



4. Setelah semua cell nama berisi nilai, selanjutnya blok header keterangan dari semua kolom kemudian klik menu Sort & Filter pada Home lalu pilih Filter.


5. Selanjutnya klik tanda panah kebawah yang muncul pada header keterangan kemudian lakukan sorting atau pengurutan boleh anda pilih ‘ Sort Smallest to Largest ’ atau sebaliknya dan list nama pun sudah teracak urutannya.


Algoritma dari cara diatas sebenarnya sangat sederhana, dimana fungsi random pada excel akan menghasilkan angka random dibawah 1 dan tentunya akan berbeda-beda nilainya pada setiap cell yang diberi rumus random, kemudian kita terakhir hanya melakukan pengurutan pada nilai random yang dihasilkan dari rumus tersebut sehingga posisi nama tersebut akan teracak sesuai dengan urutan nilai yang didapat.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengacak list nama menggunakan fungsi random pada excel, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment