Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Wednesday 11 September 2019

CARA MENGATASI LAPTOP TIDAK ISI PORT LAN GUNAKAN USB LAN ADAPTER


Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengatasi laptop yang tidak berisi port atau colokan kabel LAN. Saat ini teknologi semakin berkembang, begitu juga dengan para produsen alat elektronik salah satunya laptop. Sekarang laptop banyak dibuat semakin slim atau ramping dan ringan dengan tujuan agar laptop lebih mudah dibawa dan bisa digunakan dimana-mana. Oleh sebab itu, banyak bagian pada laptop yang dihilangkan demi memperoleh bentuk yang diinginkan. Contohnya yaitu port VGA atau yang lebih dikenal colokan untuk kabel proyektor yang diganti menjadi port HDMI sehingga anda perlu membeli kabel adapter tambahan yang mengubah HDMI menjadi VGA, begitu juga dengan port LAN.


Port kabel LAN juga bisa diakali dengan mengubah port USB yang nantinya diconvert sebagai kabel LAN dengan cara yang sama yaitu anda harus juga membeli kabel tambahan yang disebut USB LAN Adapter seperti gambar diatas. Alat ini juga bisa digunakan untuk menggantikan port LAN yang rusak. Adapter USB LAN ini memiliki satu port kabel LAN dan satu plug USB pada masing-masing sisinya. Anda hanya perlu memasukkan kabel LAN pada sisi port LAN Adapter ini kemudian setelah terpasang, colokan adapter ini pada port USB laptop anda.


Untuk bisa menggunakan USB LAN Adapter ini, sebelumnya anda harus menginstal terlebih dahulu driver bawaan adapter ini melalui CD yang ada pada kotak pembelian alat ini. Sama seperti driver printer, anda hanya perlu klik file Setup pada file-file di CD driver kemudian ikuti langkah install biasanya hanya perlu next-next saja atau jika ingin lebih jelas bisa cek cara instal disini. Setelah proses install driver selesai maka adapter USB LAN sudah bisa digunakan.

Mengenai harga dari USB LAN Adapter ini mungkin sekitar 30-60 ribu, saya lihat di ecommerce online sekitar 28 ribu. Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengatasi laptop yang tidak berisi port kabel LAN, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment