Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Monday 20 May 2019

KABEL DATA USB TIDAK TERBACA OLEH KOMPUTER PADA ANDROID

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara mengatasi kabel data USB yang tidak terbaca oleh komputer pada Android. Bagi anda yang baru pernah menggunakan Android atau sama seperti saya yang sudah lama menggunakan IOS sekarang beralih ke Android, pastinya akan pernah mengalami hal ini. Dimana saat anda ingin memindahkan file ke komputer tetapi kabel data USB tidak terdeteksi oleh komputer. Tidak ada yang salah pada h panda, hanya saja perlu ada beberapa settingan tambahan untuk mengubah setingan default pada hp Android anda.


Langsung saja ke solusi, sebenarnya hal ini terjadi karena setingan atau konfigurasi default USB saat terkoneksi komputer pada hp Android anda berada pada settingan kalau tidak salah pada ‘Tidak ada transfer data’. Oleh karena itu anda hanya perlu mengubah setingan tersebut ke ‘Transfer File’ atau biasa disebut ‘MTP’ media transfer protokol. Tetapi kebanyakan pada hp Android baru, biasanya settingan konfigurasi USB default ini tidak dapat anda temukan karena tersembunyi dan harus lagi melakukan settingan tambahan. Langsung saja anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama anda harus memunculkan Opsi Pengembang yang tidak ada pada setingan Android.
1. Buka menu Setelan, kemudian pilih pilihan Tentang telepon. Klik sebanyak 7 kali pada bagian Versi MIUI sampai muncul tulisan ‘Tidak perlu, Anda sudah menjadi developer’ seperti gambar di bawah ini.


Selanjutnya anda harus memunculkan konfigurasi MTP yang tidak ada pada setingan Android.
2. Kembali ke menu Setelan, scroll ke bawah kemudian pilih menu Setelan tambahan, selanjutnya pilih menu Opsi Pengembang kemudian scroll ke bawah pilih menu Konfigurasi Default USB dan terakhir pilih pilihan File Transfer.

          

Setingan konfigurasi USB HP anda akan berubah ke mode File Transfer dimana ketika kabel USB konek ke komputer akan secara otomatis dideteksi untuk transfer data file yang sebelumnya settingan default hanya dideteksi untuk mengisi daya baterai saja sedangkan file data tidak dibaca.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara mengatasi kabel data USB yang tidak terbaca oleh komputer pada Android, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment