Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Monday 5 March 2018

CARA CROP FRAME VIDEO PADA ADOBE AFTER EFFECT

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara memotong atau crop frame video dengan menggunakan software editing Adobe After Effect. Berbeda dengan postingan saya sebelumnya yang membahas mengenai cara memotong video dimana pada postingan tersebut bermaksud memotong durasi video sedangkan pada tutorial kali ini saya ingin menjelaskan cara memotong atau crop frame dari sebuah video agar ukuran framenya menjadi lebih kecil. Bagi anda yang masih awam menggunakan AAE tentunya belum mengetahui mengenai hal ini.


Sebenarnya untuk memperkecil display atau tampilan sebuah video pada Adobe After Effect bisa dilakukan dengan transform biasa menarik dan menyesuaikan ukuran video dengan patokan ukuran frame atau composition yang dibuat. Misalnya anda ingin menampilkan hanya bagian tengah dari sebuah video dalam frame yang baru, anda bisa menarik ukuran video dengan transform melebihi ukuran frame atau composition yang dibuat. Hanya saja jika anda menginginkan tampilan bagian tengah suatu video tetapi berada di dalam atau lebih kecil dari ukuran frame yang dibuat tentunya anda harus memotong frame awal video tersebut dahulu bukan. Atau mungkin pada video tersebut terdapat background yang ingin anda hilangkan, anda juga harus memotong bagian tersebut terlebih dahulu.

Untuk itu saya akan coba bahas dari awal cara crop frame sebuah video menggunakan aplikasi Adobe After Effect dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Seperti biasa setelah aplikasi AAE terbuka, buat composition terlebih dahulu dengan klik menu Composition kemudian pilih menu New Composition, untuk ukuran frame dan durasi video bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan atau misalnya 720p.


2. Masukkan video yang akan dicrop kedalam composisi dengan cara klik menu File pilih Import kemudian pilih File lagi, pilih video yang akan digunakan atau diedit.

3. Tarik video ke dalam composition layer agar muncul pada layar frame.


4. Klik kanan pada video pada composition layer dan pilih menu Mask kemudian pilih New Mask.

5. Selanjutnya garis tepi pada video akan berubah menjadi berwarna kuning, klik sembarang disekitaran garis kuning tersebut kemudian anda dapat menggeser garis-garis kuning untuk disesuaikan dengan bagian video yang akan dipotong.


6. Tekan Enter untuk mengakhiri proses tersebut kemudian anda bisa kembali ke layar composition untuk melihat hasilnya.

Sekian yang dapat saya share mengenai cara crop frame video pada Adobe After Effect, semoga dapat membantu dan bermanfaat...



2 comments:

  1. cara ngedit video yang sampingnya ada frame putih itu gimana ya bro? yang biasa di upload di instagram-instagram ituloh
    solder uap
    btw makasih ilmu yang ini sudah dishare

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bro http://ragaminfobaru.blogspot.com/2018/08/cara-membuat-instagram-story-repost-orang-lain-ditengah-tengah-dan-pinggiran-frame-blur.html

      Delete