Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 13 March 2018

CARA MEMBUAT HEADER YANG SAMA DISETIAP PAGE HALAMAN PADA MICROSOFT EXCEL

Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai cara membuat header yang sama disetiap page halaman pada microsoft excel. Microsoft Excel memang sangat terkenal digunakan untuk membuat file-file yang berhubungan dengan kolom. Kebanyakan orang awam masih belum mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan di microsoft excel salah satunya membuat header yang sama agar saat di print header tersebut muncul kembali atau berulang di setiap page atau halaman. Oleh karena itu, saya akan coba bahas yang saya ketahui mengenai hal ini.

Seperti halnya pada microsoft word yang bisa kita buat header pada bagian margin paling luar sehingga isi dari header tersebut ketika di print akan sama dan terulang di setiap halaman. Berbeda dengan microsoft excel yang tidak ada batas marginnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat sebuah header pada microsoft excel pada bagian atas.

1. Pilih menu Page Layout kemudian pilih menu Margins pilih Custom Margins kemudian akan muncul kotak dialog Page Setup seperti di bawah ini.


2. Selanjutnya pilih tab menu Sheet dan perhatikan pada bagian Rows to repeat at top dan klik lambang icon sel pada bagian sebelah kanan kolom.


3. Setelah klik icon tersebut maka akan kembali ke sheet excel dan selanjutnya anda hanya perlu untuk memblok bagian cells atau kolom baris yang akan anda gunakan sebagai header di setiap halaman.


4. Selesai blok cells kemudian tekan Enter dan akan kembali ke kotak dialog Page Setup, bisa diperhatikan pada kolom point 2 tadi yang kosong akan terisi oleh nomor cells yang tadi anda blok sebagai header.


5. Tahap akhir anda hanya perlu tekan tombol OK untuk menyimpan settingan tersebut.

Untuk memastikan hasilnya anda bisa mengeceknya pada Print Preview dan cek tampilan setiap page atau halaman. Sekian yang dapat saya share mengenai cara membuat header yang sama disetiap page halaman pada microsoft excel, semoga dapat membantu dan bermanfaat....



1 comment: