Selamat membaca dan semoga dapat bermanfaat bagi anda !

Tuesday 26 March 2019

BEBERAPA HURUF PADA KEYBOARD TIDAK BERFUNGSI PADA ALL IN ONE PC HP PAVILLION


Kali ini saya ingin sharing informasi mengenai masalah beberapa huruf pada keyboard tidak berfungsi atau mati pada komputer All In One PC merk HP Pavillion. Kembali saya mengalami hal ini pada komputer di kantor saya yang kondisinya padahal masih baru tetapi sudah sering beberapa kali mengalami sakit dan terakhir kalinya yaitu masalah di atas ini. Beberapa cara sudah sempat saya coba dari Google tetapi tidak ada satu pun yang berhasil dan mungkin akan saya coba jabarkan di bawah jika anda ingin mencobanya juga.


Setelah saya putus asa mencoba beberapa cara dari Google, akhirnya pihak kantor mencoba untuk menghubungi rekanan selaku pihak pengadaan barang. Setelah teknisi datang ke kantor dan melakukan pengecekan, ternyata kerusakan memang bersumber dari keyboard itu sendiri yang artinya tidak ada setingan pada windows yang berubah. Gejala yang terjadi yaitu beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi ketika ditekan. Akhirnya pihak teknis rekanan memutuskan untuk membawa keyboard tersebut dan selanjutnya mereka akan mengirim keyboard tersebut ke pihak HP Center mengklaim garansi untuk dilakukan pengecekan dan diperbaiki. Jadi kesimpulannya, jika keyboard anda juga mengalami hal yang sama yaitu beberapa tombol tidak berfungsi artinya terjadi kerusakan pada keyboard bagian dalam bukan pada setingan windows anda. Anda bisa membawanya ke tempat servis atau lebih baik langsung dibawa ke service HP sendiri, jika garansi masih berlaku akan lebih baik lagi.

Beberapa cara yang sempat saya coba mungkin tidak akan saya jelaskan secara detail karena sudah banyak sekali ada di Google diantaranya mengecek apakah kabel konektor terpasang dengan baik, keyboard kotor berdebu sehingga perlu dibersihkan cara ini tidak saya coba karena agak ribet dan kondisi komputer baru jadi tidak mungkin kotor, selain itu ada yang menyarankan cek tombol Num Lock, ada lagi cek driver keyboard dan lakukan update, lainnya lagi menyarankan restart laptop, ada yang menyarankan cek advance keyboard setting apakah sudah diset pada bahasa English US.

Dari sekian banyak cara di atas, ada baiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara menggunakan fitur On-Screen Keyboard bawaan windows anda bisa search program di windows dengan mengetik on screen keyboard selanjutnya coba ketik seluruh huruf jika semua huruf berfungsi dengan baik berarti yang bermasalah pada keyboard itu sendiri. Selain itu cara lain yaitu dengan menggunakan keyboard dari komputer lain untuk sekedar uji coba, anda bisa pinjam dan colokan keyboard komputer lain lakukan tes yang sama jika normal berarti yang rusak adalah keyboard itu sendiri bukan setingan windows yang berubah.

Sekian yang dapat saya share mengenai masalah beberapa huruf pada keyboard tidak berfungsi atau mati pada komputer All In One PC merk HP Pavillion, semoga dapat membantu dan bermanfaat…



No comments:

Post a Comment